6 Pengertian Keluarga dan Fungsi-fungsi Keluarga Menurut Ahli

Posted on

Pengertian Keluarga-Keluarga sebagai lembaga sosial yang paling kecil memiliki peran sentral dalam menjaga keberlangsungan kehidupan manusia. Di dalam keluarga tersirat adanya anak dan orang tua, yang hidup saling membutuhkan dan melengkapi satu sama lain. Oleh karena itulah penting bagi kita untuk mengetahui pengertian keluarga.

Alasan pentingnya untuk mengetahui pengertian keluarga tak lain, agar semua manusia bisa memahami dengan jelas tanpa bias hakekat adanya sebuah kelurga. Adapun pengertian keluarga adalah sebagai berikut:

Pengertian Kelurga


Keluarga dapat diartikan sebagai lembaga terkecil masyarakat yang terdiri orangtua, anak, dan siapapun orang yang berkumpul pada di bawah satu atap dalam kondisi yang saling membutuhkan hingga menimbulkan ketergantungan satu sama lain.

Baca: 8 Fungsi Keluarga Menurut BKKBN

Dari pengertian tersebut hakekatnya sudah sangat jelas, jikalau keluarga sebagai institusi atau lembaga terkecil yang ada dalam masyarakat. Selain itu kelurga adalah semua orang yang tinggal bersama dalam satu atap, baik itu mertua, anak adopsi, atau lainnya bisa dikatakan keluarga. Meskipun demikian penting bagi kita untuk menelusuri lebih dalam pengertian keluarga menurut para ahli, alasannya dengan mengetahui pengertian keluarga menurut para ahli seolah akan lebih memperjelas pengertian keluarga.

Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli

Berikut ini akan dijabarkan pengertian keluarga menurut para ahli, yang berasal dari berbagai disiplin ilmu.

Duvall dan Logan
Memberikan pengertian bahwa pengertian keluarga adalah sekumpulan orang yang bejenis kelamin berbeda melakukan ikatan perkawinan, kemudian melahiran, atau adopsi yang akhirnya dapat menciptakan keberalangsungan hidupnya.

Bailon dan Maglaya
Memberikan pengertian bahwa keluarga ialah dua orang atau lebih yang hidup dalam satu rumah tangga dari sebelumnya tidak ada ikatan darah menjadi adanya ikatan darah.

Sigmund Freud
Memberikan pengertian bahwa keluarga adalah upaya terbentuknya hubungan karena adanya perkawinan yang sah, antara pria dan wanita.

Departemen Kesehatan RI
Memberikan pengertian bahwa keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat dibawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Memberikan pengertian bahwa keluarga adalah terbentunya ibu, bapak, dan anak-anaknya, dalam kekerabatan yang sah menurut hukum dan legal secara agama

Abu Zahra
Memberikan pengertian bahwa keluarga adalah institusi yang terdiri dari suami, istri, anak-anak dan keturunan mereka.

Dari 6 defenisi keluarga atau pengertian keluarga diatas dapat disimpulkan bahwasanya keluarga terbentuk dari hubungan bersama antara kepala keluarga dan keturunannya. Sehingga dari yang awalnya bukan sedarah menjadi lebih erat daripada sedarah.

Selanjutnya karena keluarga sudah mengetahui pengertian keluarga, tulisan ini akan melanjutkan tentang adanya fungsi fungsi keluarga. Menurut Rag dan Baber dalam bukunya Koestoer Partowisastro (1983:90) , fungsi-fungsi keluarga dalam masyarakat yang belum banyak mengalami perkembangan adalah:

  • Fungsi Biologis
  • Fungsi Sosialisasi atau Pendidikan
  • Fungsi Ekonomi atau Unit Produksi
  • Fungsi Agama
  • Fungsi Sosial
  • Fungsi Rekreasi
  • Memberikan rasa aman

Demikianlahah untuk tulisan mengenai pengertian kelurga menurut para ahli dan defenisi IndonesiaStduent.Com semoga bermanfaat, bagi siapapun yang sedang mencari refrensi tentang keluarga. Baca Juga Artikel Lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *