Pengertian Logika Induktif Beserta Contohnya Terlengkap

Diposting pada

Pengertian Logika Induktif Logika induktif sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan yang kita alami sehari-hari, dimana logika induktif ini memberikan landasan untuk melakukan penalaran atas masalah yang paling menjadi perhatian, pada saat-saat ingin mengeluarkan pemikiran.

Baca: 5 Pengertian Logika Menurut Ahli

Oleh karena itu, pada artikel ini indonesiastudents.com akan membahas tentang pengertian logika induktif dan contoh yang ada pada logika induktif.

Pengertian Logika Induktif


Logika induktif dapat dikatakan sebagai landasan umum dari penyimpulan yang telah dilakukan oleh seseorang, penyimpulan tersebut didapat dari pengalaman yang lalu ke apa yang akan terjadi di masa mendatang. Yang menjadi titik perhatian dalam logika induktif adalah hal-hal yang analog.

Contoh Logika Induktif

Sebagai upaya mempejelas pengertian logika induktif berikut ini akan diberikan beberapa contoh logika induktif.

Yudi nahasiswa asal, Palembang, orangnya baik
Hendy mahasiswa, asal Palembang, orangnya baik
Latif, mahasiswa, asal Palembang, orangnya baik
Boby, mahasiswa, asa Palembang juga, berarti dia orang baik

Berdasarkan contoh logika induktif tersebut dapat dikatakan bahwa analogi dengan tiga orang dapt diambil kesimpulan bahwa Boby juga orang baik.

Demikianlah untuk pengertian logika induktif yang disertai dengan contoh logika induktif, semoga bermanfaat bagi siapapun yang sedang memertukan materi seputar “Logika”. Baca juga artikel lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *