3 Pengertian Kesenjangan Sosial Menurut Para Ahli dan 3 Contohnya

Diposting pada

Pengertian Kesenjangan Sosial Beserta Contohnya

Kesenjangan sosial pada dasarnya menjadi salah satu masalah yang mulai mencuat di era modern perkotaan yang sejatinya akan berpotensi memicu pengaruh negatif lingkungan dan tindak kriminal. Sehingga dalam mengatasi bentuk kesenjangan sosial tersebut sebenarnya dalam realitas ini pemerintah di berbagai daerah telah mengambil pengendalian sosial secara preventif untuk menertibkan tempat-tempat negatif dan non kondusif yang berpotensi memicu tindak kriminal dan citra buruk daerah.

Yang pastinya, sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam artikel ini kan menguraikan tentang pengertian kesenjangan sosial menurut para ahli beserta contohnya di masyarakat.

Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial adalah suatu bentuk keadaan yang tidak terjadinya keseimbangan di dalam kehidupan bermasyarakat yang mana hal tersebut dipandang secara sosial sehingga menyebabkan perbedaan signifikan dalam setiap elemen kehidupan, baik secara sosial, ekonomi, ataupun budayanya.

Oleh karena itulah, sangatlah pantas jikalau kesenjangan sosial sangatlah sering kita lihat dalam kehidupan bermasyarakat, hal ini bisa di dasari pada faktor ekonomi dan bantuan yang diberikan pemerintah berupa infratruktur yang dilakukan.

Pengertian Kesenjangan Sosial Menurut Para Ahli

Adapun definisi kesenjangan sosial menurut para ahli, antara lain;

  1. Soerjono Soekanto

Kesenjangan sosial adalah bagian daripada uraian yang memberikan keterangan terkait dengan adanya ketidaksesuaian antara unsur-unsur mengenai kebudayaan dalam kehidupan masyarakat sehingga pada akhirnya memberikan dampak negatif bagi kelompok sosialnya.

  1. Abad Badruzaman (2009)

Kesenjangan sosial adalah penjelasan terkait adanya proses sosial atas ketidakseimbanganyang ada di dalam kehidupan bermasyarakat sehingga pada akhirnya mampu untuk menjadikan perbedaan yang sangat mecolok. Khususnya dalam kelas sosial tentang adanya ketidaksesuaian antara orang kaya mempunyai kedudukan lebih tinggi dan lebih berkuasa dari pada orang miskin.

  1. Emile Durkheim

Definisi kesenjangan sosial adalah bagian daripada adanya pembedaan yang terjadi antara fungsi dalam struktur sosial yang tak terhindarkan dalam masyarakat, alasannya karena penggambaran ini umumnya dipandang sebagai teori dalam fungsionalisme.

Contoh Kesenjangan Sosial

Berikut beberapa contoh yang dapat dikatakan sebagai bagian daripada kesenjangan sosial di masyarakat. Yakni;

  1. Ekonomi

Bentuk kesenjangan sosial dalam ekonomi bisa dilihat ketika dalam kehidupan yang kita alami, si miskin dan si kaya.

Hidup dengan kondisi yang berbeda, si miskin identik hidup dengan jalan kesusahan, mereka berobatpun dalam pelayanan yang berbeda dibandingkan dengan si kaya, yang setiap prilaku dan tindakannya mencerminkan pelayanan yang maksimal.

  1. Kebijakan

Contoh lainnya dalam bentuk kesenjangan sosial misalnya adanya ketimpangan antara hidup orang yang ada di desa yang serba minim fasilitas yang diberikan oleh pemerintah, hal ini berbeda dibandingkan dengan perkotaan yang hidup dalam fasilitas yang maksimal.

  1. Pemerintah daerah

Contohnya saja kebijakan pemerintah daerah, khususnya Pemerintah Kota Surabaya adalah salah satu pelopor tindakan tertib dan positif dalam bermasyarakat dan bernegara melalui penutupan Dolly.

Sebab berdasarkan data Dinas Sosial Surabaya tercatat sekitar 1.400 WTS, 311 mucikari, puluhan tukang parkir, pedagang, pengelolah penginapan, cleaning service, tukang becak, dan pekerja lainnya yang menggantungkan pekerjaan di kawasan Dolly kehilangan mata pencaharian mereka dan merasa kesulitan akibat penutupan Dolly.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian kesenjangan sosial menurut para ahli dan contohnya di masyarakat. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat memberikan pemahaman tentang makna, arti, definisi tentang “Kesenjangan Sosial”.

Rate this post