2+ Pengertian Kongres dan Contohnya Menurut Ahli

Diposting pada

Pengertian Kongres Menurut Ahli dan Contoh Kongres

pengertian kongres

indonesiastudents.com– Istilah kongres sering dipergunakan untuk organisasi, atapun untuk kegiatan lainnya. Meskipun begitu tak jarang banyak diantara kita kurang memahmi atau mengerti definisi dan pengertian kongsres.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini indonesiastudents.com akan menjabarkan tentang pengertian kongres dan contoh kongres.

Pengertian Kongres


Kongres adalah suatu bentuk acara yang dilakukan oleh beberapa ataupun sekelompok orang secara formal untuk untuk membicarakan, mendiskusikan, dan mengambil keputusan mengenai apa yang ada di dalam persekutaunnya.

Baca: Pengertian Diskusi dan Jenisnya Lengkap

Sedangkan menurut para ahli, salah satunya Yonlitama (2014) definisi kongres adalah pertemuan yang dilakukan sekelompok orang secara formal untuk memilih serta mendiskusikan masalah dengan cermat dan teliti.

Dari pengertian kongsres tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kongres ini dilakukan secara formal untuk memilih dan mensikusikan masalah beserta soslusinya. Tentunya, hal yang lumrah terjadi pada kongres misalnya saja pemilihan ketua, atau tim prematur dan lain sebaginya.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, untuk contoh kongres. Misalnya saja sebagai berikut;

Contoh Kongres


  • Kongres PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul’Ulama)

  • Kongres PB PMII (Pengurus Besar Mahasiswa Islam Indonesia)
  • Kongres PB HMI (Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia)
  • Kongres DPP KNPI (Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia)

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian kongres menurut para ahli dan contoh kongres yang terjadia di Indonesia, semoga bermanfaat dan dapat memberikan pemahaman bagi siapapun yang sedang mencari jawaban mengenai “Apa itu Kongres?”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 4 Perbedaan Artikel dan Opini Lengkap
  2. 5 Cara Menulis Opini yang Baik dan Mudah
  3. Bapak Pandu Indonesia Beserta Biografinya Lengkap
  4. 6 Pengertian Keluarga dan Fungsi-fungsi Keluarga Menurut Ahli