6 Pengertian Pemberdayaan Menurut Para Ahli dan Aspeknya

Diposting pada
pengertian pemberdayaan menurut para ahli
Pengertian Pemberdayaan Menurut Para Ahli

Pemberdayaan atau biasa juga dikenal dengan empowerment awal mulanya dipergunakan di Indonesia untuk LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). Dimana peran dan fungsi dalam pemberdayaan secara umum ialah melakukan atau memperkuat kondisi masyarakat, baik secara sosial, politik, dan ekonominya.

Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut dalam tulisan ini, akan menguraikan tentang definisi atau pengertian pemberdayaan menurut para ahli.

Pemberdayaan

Pemberdayaan masyarakat diakui ataupun tidak, sejatinya harus dilakukan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan bagi masyarakat yaitu dengan menyediakan sumber daya, pengetahuan, dan ketrampilan kepada individu atau kelompok untuk meningkatkan kemampuan  dan menentukan masa depan ehingga turut serta berpartisipasi dalam mengubah kehidupan masyarakat.

Pengertian Pemberdayaan

Pemberdayaan adalah upaya yang dilakukan individu dan kelompok untuk mendorong kepercayaan diri masyarakat, sehingga dalam hal inilah maka kehidupan masyarakat di wilayah yang bersangkutan bisa bersaing dalam menumbukan atau meningkatkan perekonomiannya.

Pengertian Pemberdayaan Menurut Para Ahli

Adapun definisi pemberdayaan menurut para ahli, antara lain;

  1. Daulay (2006)

Menurutnya, pemberdayaan adalah serangkaian wujud upaya yang dilakukan untuk mendorong masyarakat agar memiliki posisi tawar sehingga mampu menjadi pelaku dalam proses pembangunan yang partisipatif dan aktif.

  1. Slamet (2003)

Definisi pemberdayaan adalah upaya yang dilakukan untuk membuat masyarakat agar mampu membangun dirinya sendiri sehingga masyarakat dapat memperbaiki kehidupannya. Arti ini secara tidak langsung pemberdayaan diartikan sebagai kesempatan dalam melihat dan memanfaatkan peluang sehingga mampu mengambil suatu keputusan yang tepat yang sesuai dengan inisiatifnya.

  1. Sumodiningrat (1999)

Arti empowerment atau pemberdayaan adalah serangkaian dukungan untuk meningkatkan kemampuan serta memperluasluaskan segala akses kehidupan sehingga mampu mendorong kemandirian yang berkelanjutan terhadap masyarakat.

  1. Elizabeth (2007)

Pemberdayaan (empowerment) pada wanita merupakan upaya yang dilakukan untuk menunjukan penguatan terhadap segala yang berada dalam ketidakberdayaan sehingga pemberdayaan diharapkan mampu menolong dirinya sendiri dalam mengembangkan semangat kepercayaan yang telah ada.

  1. Bhadra (2001)

Penggunaan paling umum dari istilah pemberdayaan mengacu pada peningkatan daya kelompok berkekuatan rendah, sehingga lebih mendekati kekuatan kelompok berkekuatan tinggi.

  1. Arundhati Chattopadhyaya (2005)

Pemberdayaan adalah hal yang multi-dimensi dan mengacu pada perluasan kebebasan dalam membuat pilihan dan melakukan tindakan di semua bidang (sosial, ekonomi, dan politik) untuk membentuk kehidupan seseorang. Hal itu juga menyiratkan kendali atas sumber daya dan keputusan.

Macam Aspek Pemberdayaan

Selain itu menurut Sumodiningrat (1997), dalam suatu pemberdayaan sedikitnya ada tiga aspek yang diantaranya;

  1. Pemberdayaan dilakukan untuk menciptakan kondisi yang mampu untuk mengembangan segala potensi masyarakat
  2. Pembedayaan dilakukan untuk memperkuat potensi tentang modal sosial sehingga mampu untuk meningkatkan mutu kehidupannya
  3. Pemberdayaan dilakukan untuk mencegah serta melindungi berbagai bentuk intimidasi yanga mengentaskan ketertindasan dalam berbagai sendi

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian pemberdayaan menurut para ahli, semoga dengan adanya pembehasan ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencarai referensi tentang “Pemberdayaan”.

Rate this post