Pengertian Kreatif, Jenis, Ciri, dan Contohnya

Posted on

Kreatif Adalah

Pernahkah Anda mendengar nama Ludwig van Beethoven?, ia adalah salah satu komposer paling kreatif yang pernah hidup. Bahkan setelah menderita gangguan pendengaran, ia masih dapat menciptakan kreasinya yang paling terkenal, Ninth Symphony.

Selain Beethoven, ada pula Steve Jobs. Kreativitasnya bahkan masih berkembang bahkan sebelum kematiannya pada tahun 2011. Hasratnya terhadap komputer dan konektivitas menyebabkan penciptaan komputer Mac dan iPhone.

Mereka adalah dua orang yang sama sekali berbeda dengan dua cara kreativitas yang sangat berbeda pula. Pemikiran maupun tindakan yang keratif memungkinkan kita untuk mengembangkan pikiran, melakukan hal-hal baru dan menarik, dan melibatkan diri kita dengan cara yang membawa kita selangkah lebih dekat untuk mencapai potensi kita secara penuh. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang kreatif, artikel ini akan mengulas tentang pengertian, jenis, ciri, dan contoh kreatif.

Kreatif

Kreatif merupakan kemampuan untuk mengembangkan ide atau cara-cara baru untuk memecahkan permasalahan dan menjadikannya sebagai peluang. Misalnya,saja adanya seorang seniman yang kreatif, ia bukan hanya sebagai pelukis atau musisi atau penulis, tapi ia adalah seseorang yang melihat dunia sedikit berbeda dari yang lain.

Begitu pula dengan seorang pemimpin. Pemimpin yang memiliki pemikiran kreatif tidak harus mempengaruhi orang melalui kepribadiannya tetapi melalui bakat dan bakat bawaannya. Seseorang membutuhkan lebih banyak pemikiran maupun tindakan kreatif, khususnya untuk posisi yang berpengaruh, agar dapat mewarnai dunia dengan keindahan dan kehidupan.

Pengertian Kreatif

Kreatif adalah kemampuan yang dimiliki seseorang (atau sekelompok orang) yang memberikan kemungkinan bagi mereka untuk menemukan pendekatan-pendekatan atau terobosan baru dalam menghadapi situasi atau masalah tertentu yang biasanya tercermin dalam pemecahan masalah dengan cara yang baru dan juga unik yang berbeda dan lebih baik dari sebelumnya.

Kata “Kreatif” berasal dari Bahasa Inggris yaitu To Create, yang merupakan singkatan dari :

  • Combine (menggabungkan), artinya menggabungkan suatu hal dengan hal lain;
  • Reverse (membalik), artinya membalikan beberapa bagian atau proses;
  • Eliminate (menghilangkan), artinya menghilangkan beberapa bagian;
  • Alternatif (kemungkinan), artinya menggunakan cara, dengan yang lain.;
  • Twist (memutar), artinya memutarkan sesuatu dengan ikatan;
  • Elaborate (memerinci), artinya memerinci atau menambah sesuatu

Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli

Adapun definisi kreatif menurut menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

James R. Evans (1994)

Kreatif dapat diartikan sebagai skill atau ketrampilan untuk menemukan hubungan baru, melihat subjek dari sudut pandang yang berbeda, dan mengkombinasikan beberapa konsep yang sudah mindstream di masyarakat dirubah menjadi suatu konsep yang berbeda.

Widyatun (1999)

Kreatif dapat diartikan sebagai skill atau ketrampilan dalam menyelesaikan sebuah kasus yang memberi kesempatan kepada setiap personal untuk berkreasi memunculkan ide-ide baru/adaptif yang mempunyai fungsi dan kegunaan secara menyeluruh untuk berkembang.

Shadiq (2010)

Kreatif dapat diartikan sebagai gagasan pada konsep dan rencana untuk kemajuan, gagasan tersebut dibutuhkan dalam pemikiran dan juga hasil karya seseorang dalam memecahkan masalah-masalah sosial yang sedang berkembang.

Supriadi

Kreatif ialah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada. Kreativitas ialah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mengimplikasikan terjadinya eskalasi dalam kemampuan berpikir, ditandai oleh suksesi, diskontinuitas, diferensiasi, dan integrasi antara tahap perkembangan.

Conny R. Semiawan

Kreatif ialah kemampuan dalam membuat suatu gagasan baru dalam upaya memecahkan masalah.

Havvel

Kreatif ialah suatu kemampuan untuk menciptakan suatu sistem atau komposisi yang baru.

Clarkl Monstakis

Kreatif ialah pengalaman dalam mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu antara hubungan diri sendiri, alam dan orang lain.

 Jenis Kreatif

Hal-hal kreatif dapat diwujudkan dalam beragam macam, diantara adalah sebagai berikut;

Ide

Pemikiran yang kreatif dapat menghasilkan ide yang unik dan tak terpikirkan sebelumnya. Ide adalah suatu pemikiran yang menciptakan solusi atas masalah yang ada di masyarakat.

Produk (Barang/ Jasa)

Produk yang dihasilkan juga salah satu wujud dari kreatif. Tanpa ada proses yang tentunya produk yang dihasilkan tentunya tidak dapat memenuhi harapan konsumen.

Gagasan

Kreatif juga dapat diwujudkan dalam bentuk gagasan-gagasan dalam mengatasi masalah yang ada. Gagasan bisa dikemukakan secara langsung maupun melalui tulisan pendek, buku, dan lain-lain.

Ciri Kreatif

Dalam buku yang berjudul “Creativity: The Work and Lives of 91 Eminent People”, yang diterbitkan tahun tahun 1996, psikolog positif Mihaly Csikszentmihalyi mengemukakan 10 ciri orang yang kreatif, diantaranya yaitu sebagai berikut;

Orang kreatif energik,  tetapi berfokus

Orang kreatif memiliki banyak energi, baik fisik maupun mental. Mereka dapat menghabiskan waktu berjam-jam mengerjakan satu hal yang menarik perhatian mereka, namun tampaknya tetap antusias sepanjang waktu. Ini tidak berarti bahwa orang kreatif adalah hiperaktif atau manik. Mereka juga menghabiskan banyak waktu untuk beristirahat, berpikir dengan tenang dan merenungkan hal-hal yang menarik minat mereka.

Orang kreatif cerdas, tapi juga naïf

Orang-orang kreatif cenderung pintar, tetapi penelitian menunjukkan bahwa memiliki IQ yang sangat tinggi tidak selalu berkorelasi dengan tingkat pencapaian kreatif yang lebih tinggi.

Dalam studi longitudinal terkenal Lewis Terman tentang anak-anak berbakat, misalnya, anak-anak ber-IQ tinggi terbukti melakukan yang lebih baik dalam kehidupan secara keseluruhan, tetapi mereka yang memiliki IQ sangat tinggi tidak sepenuhnya jenius kreatif. Sangat sedikit dari mereka yang terlibat dalam penelitian ini menunjukkan pencapaian artistik tingkat tinggi di kemudian hari.

Orang-orang kreatif suka bermain, namun disiplin

Csikszentmihalyi mencatat bahwa sikap main-main adalah salah satu ciri khas kreativitas, tetapi kegembiraan ini juga dicerminkan oleh sifat paradoks utama-ketekunan. Ketika mengerjakan suatu proyek, orang-orang kreatif cenderung menunjukkan tekad dan tabiat. Mereka akan bekerja berjam-jam pada sesuatu, sering begadang hingga mereka puas dengan pekerjaan mereka.

Orang kreatif adalah pemimpi yang realistis

Orang-orang kreatif suka melamun dan membayangkan berbagai kemungkinan dan keajaiban dunia. Mereka dapat membenamkan diri dalam imajinasi dan fantasi, namun tetap membumi dalam kenyataan.

Mereka sering digambarkan sebagai pemimpi, tetapi itu tidak berarti bahwa mereka hidup dengan kepala di atas awan. Jenis kreatif, mulai dari ilmuwan hingga artis, hingga musisi, dapat memunculkan solusi imajinatif untuk masalah dunia nyata.

Orang kreatif ekstrover dan introver

Sementara kita sering jatuh ke dalam perangkap mengkategorikan orang sebagai semata-mata ekstrovert atau introvert, Csikszentmihalyi menunjukkan bahwa kreativitas membutuhkan penggabungan kedua tipe kepribadian ini.

Orang kreatif cenderung menunjukkan karakteristik dari kedua jenis pada saat yang sama. Mereka suka berteman dan pendiam, suka bergaul dan pendiam. Berinteraksi dengan orang lain dapat menghasilkan ide dan inspirasi, dan mundur ke tempat yang tenang memungkinkan individu kreatif untuk sepenuhnya mengeksplorasi sumber-sumber kreativitas ini.

Orang kreatif merasa bangga, namun sederhana

Orang-orang yang sangat kreatif cenderung bangga dengan prestasi dan pencapaian mereka, namun mereka juga sadar akan tempat mereka. Mereka memiliki rasa hormat yang luar biasa terhadap orang lain yang bekerja di bidangnya dan pengaruh yang dimiliki inovasi sebelumnya terhadap pekerjaan mereka.

Mereka dapat melihat bahwa pekerjaan mereka seringkali luar biasa dibandingkan dengan karya orang lain, tetapi itu bukan sesuatu yang mereka fokuskan. Csikszentmihalyi mengamati bahwa mereka sering sangat fokus pada ide atau proyek berikutnya sehingga mereka tidak terpaku pada prestasi masa lalu mereka.

Orang-orang kreatif tidak dibebani oleh peran gender yang kaku

Csikszentmihalyi percaya bahwa individu-individu kreatif menolak, setidaknya sampai taraf tertentu, stereotip gender yang seringkali kaku dan peran-peran yang kerap kali mencoba ditegakkan oleh masyarakat.

Orang kreatif adalah konservatif, namun memberontak

Memeberontak yang dimaksud dalam hal ini adalah orang kreatif adalah pemikir yang “out-of-the-box” menurut definisi, dan kita sering menganggap mereka sebagai non-konformis dan bahkan sedikit pemberontak. Tetapi Csikszentmihalyi percaya bahwa mustahil untuk benar-benar kreatif tanpa terlebih dahulu menginternalisasi norma dan tradisi budaya.

Kreativitas, menurutnya, harus bersifat tradisional dan ikonoklastik. Mampu menghargai dan bahkan merangkul masa lalu, sambil tetap mencari cara baru dan lebih baik dalam melakukan sesuatu. Orang kreatif dapat bersikap konservatif dalam banyak hal, namun mereka tahu bahwa inovasi terkadang berarti mengambil risiko. Selengkapnya, bacaPengertian Inovasi dan Kreatifitas Beserta Perbedaan dan Contohnya

Orang kreatif bergairah, tetapi memiliki tujuan dalam pekerjaan mereka

Orang-orang kreatif tidak hanya menikmati pekerjaan mereka. Mereka sangat mencintai dan bersemangat terhadap apa yang mereka lakukan. Tetapi menjadi bersemangat tentang sesuatu tidak selalu menghasilkan pekerjaan yang hebat.

Bayangkan seorang penulis begitu mencintai tulisannya sehingga dia tidak mau mengedit satu kalimat pun. Bayangkan seorang musisi yang enggan mendengarkan penampilannya sendiri dan mendengar area yang perlu ditingkatkan.

Orang-orang kreatif menyukai pekerjaan mereka, tetapi mereka juga objektif tentang hal itu dan mau bersikap kritis (dan menerima kritik). Mereka dapat memisahkan diri dari pekerjaan mereka dan melihat hal-hal yang membutuhkan perbaikan.

Orang kreatif sensitif dan terbuka terhadap pengalaman, tetapi bahagia dan menyenangkan

Csikszentmihalyi juga menunjukkan bahwa orang-orang kreatif cenderung lebih terbuka dan sensitif, karakteristik yang dapat membawa ganjaran dan rasa sakit. Tindakan menciptakan sesuatu, memunculkan ide-ide baru dan mengambil risiko, sering kali membuka orang terhadap kritik dan bahkan cemoohan.

Tetapi terbuka terhadap pengalaman kreatif juga merupakan sumber kegembiraan yang besar. Hal itu dapat membawa kebahagiaan luar biasa, dan banyak orang kreatif percaya bahwa perasaan seperti itu layak ditukar dengan rasa sakit yang mungkin ada.

Contoh Kreatif

Berikut ini beberapa contohyang dimaksudkan dalam tindakan yang kreatif, antara lain:

  1. Seorang ayah yang ingin memberikan mainan untuk anaknya, tapi jika mainan itu hasil pembelian di took maka tidak akan memberikan nilai edukasi bagi si anak. Oleh karena itu si ayah mengajak anaknya untuk membuat mainan dari berbagai barang-barang bekas yang ada di rumah. Nilai kreatif yang dapat dilihat dari contoh tersebut adalah pemanfaatan barang bekas untuk dijadikan susuatu yang baru dan bermanfaat.
  2. Kreatif dalam hal kewirausahaan, misalnya sebuah barang yang sudah tidak terpakai dapat dijadikan sebagai barang yang bernilai nilai jual seperti membuat bingkai foto dari stick es krim, membuat mainan yang berasal dari bahan-bahan kayu, membuat lampu hias dari botol bekas dan lain sebagainya

Itulah tadi materi yang menjelaskan secara lengkapnya mengenai pengertian kreatif menurut para ahli, jenis, ciri, dan contohnya di masyarakat secara umum. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Rate this post