Pengertian Kreativitas Siswa, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada
Pengertian Krativitas Siswa dan Contohnya
Pengertian Kreativitas Siswa

Kreativitas siswa adalah salah satu element terpenting dalam dunia penddidikan. Alasannya karena adanya kreativitas siswa sesungguhnya bisa diciptakan dan juga bisa dijadikan modal dalam pengembangan metode-metode belajar yang beranekaragam.

Contohnya saja seperti adanya kreativitas siswa dalam mencintai peninggalan peradaban masa lalu dapat dilaksanakan dalam bentuk penggambaran atau ilustrasi sehingga bagian per bagiannya bisa dengan mudah sekaligus memahamkan.

Kreativitas Siswa

Kreativitas siswa adalah suatu proses sosial mengenai keterlibatan siswa (peserta didik) dengan mendorong anak didik untuk memiliki rasa ingin tahu yang lebih dan mengindari kerumitan serta dalam menerima proses belajar mengajar.

Pengertian Kreativitas Siswa Menurut Para Ahli

Adapun definisi kreativitas siswa menurut para ahli, antara lain;

  1. Richar Florida (2002), Kreativitas siswa dapat dilakukan dengan cara membuat kelas kreatif yang diartikan sebagai pelaku ekonomi yang mengembangkan dan mengontribusikan inovasi, dan kreativitas dalam pekerjaannya

Jenis Kelas kreatif

Kelas dalam arti kreatif sendiri dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu;

  1. Kelas kreatif professional
  2. Kelas kreatif informal

Pada umunya orang yang bekerja di kelas kreatif untuk menciptkan kreativitas siswa agar mampu untuk menghasilkan karya yang lebih optimal, hal ini didukung oleh rasa ingin tahu yang dalam dan rasa cinta terhadap kesenian.

Contoh Sekolah yang Mengedepankan Krativitas Siswa

Untuk contoh adanya kerativitas siswa misalnya saja;

  1. Sekolah Alam

Dalam upaya mendorong kreativitas siswa pada saat ini banyak sekali lembaga-lembaga pendidikan atau lembaga sekolah yang menciptkan nuansa yang kratif. Seperti contohnya sekolah yang mengedepankan kreativitas siswa adalah sekolah alam. Sekolah alam menjadi real atau contoh yang nyata dalam pembentukan kreativitas siswa. Di sekolah ini siswa atau peserta didik selalu diberi kebebesan dan guru berusaha memfasilitasi dari apa yang diinginkan oleh siswa.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian kreativitas siswa menurut para ahli, jenis, dan contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat menjadi sumber literasi dan wawasan mengenai pengetahuan dan mendorong siswa untuk kratif di dalam kelas.

Rate this post