2 Pengertian Kritik Sastra Menurut Para Ahli dan 3 Fungsinya

Diposting pada

2 Pengertian Kritik Sastra dan Fungsinya Menurut Para Ahli

Kritik sastra  sebenarnya terdiri dari dua kata yaitu kritik dan sastra, dan jika digabung maka akan menjadi kirtik sastra. Kritik sastra begitu dekat dengan kehidupan kita, hampir disetiap karya terdapat sebuah makna atas tindakan kepada orang lain atau tindakan ajuran agar kita melakukan apa yang sudah disarnakan dalam satra, sebagai makhluk sosial maka kritik sastra selalu berkaitan dan tidak bisa dipisahkan.

Adapun contoh kritik sastra yang bisa kita nikmati untuk kehidupan pada saat ini yang semakin modern, misalnya saja adalah karya-karya Ema Inun Najib atau Cak Nun tentang essay nya yang sedikit banyak menuliskan penjabaran esensi daripada sebuah kehidupan.

Menyikapi tentang karya-karya oleh para ilmuwan maka penulis akan memberikan pengetahuan tentang seputar pengertian kritik sastra, yang mencangkup pengertian kritik sastra menurut para ahli dan fungsi kritik sastra. Berikut penjabaran tersebut;

Pengertian Kritik Sastra

Kritik sastra dapat diberi pengertian sebagai salah satu cabang ilmu sastra untuk menghakimi suatu karya sastra yang dibuat oleh orang lain atau diri sendiri. Kritik sastra mencakup penilaian guna memberi keputusan bermutu atau tidaknya suatu karya sastra serta manfaat dari adanya kritik sastra adalah menambah wawasan untuk penulis agar kedepannya jauh lebik baik lagi.

Pengertian lain tentang kritik sastra, Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kritik adalah kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, serta tujuan dari adanya tujuan kritik sastra ini dapat memberikan nilai secara objektif terhadap karya sastra

Pengertian Kritik Sastra Menurut Para Ahli

Sedangkan pengertian para ahli, tentang kritik sastra adalah sebagai berikut;

  1. H.B. Jassin

Menurutnya kritik kesastraan adalah pertimbangan baik dan buruknya suatu hasil kesusastraan. Pertimbangan itu disertai dengan alasan mengenai isi dan bentuk karya sastra yang sudah ditulis oleh penulis maka dari itu penting adanya dari kritik sastra ini.

  1. Widyamartaya dan Sudiati

Pengertian bahwa kritik sastra adalah pengamatan yang teliti, perbandingan yang tepat akan sebuah sastra yang dikemukakan oleh para ahlinya, dan pertimbangan yang adil terhadap baik buruk terhadap kualitas, nilai, kebenaran karya sastra.

Setelah kita mendefenisikan kritik sastra atau memberi pengertian kritik sastra yang dikemukakan oleh dua para  ahlinya tersebut, selanjutnya tulisan ini akan mengulas tentang fungsi kritik sastra agar nantinya dalam memberikan penilaian karya sastra dapat dilakukan dengan baik.

Fungsi Kritik Sastra

Fungsi kritik sastra, yakni:

  1. Membina dan Mengembangkan Sastra
    Kritikus berusaha menunjukkan struktur sebuah karya sastra, memberi penilaian, menunjukkan kekuatan dan kelemahannya serta memberikan alternatif untuk pengembangan karya sastra tersebut.
  2. Pembinaan Apresiasi Sastra
    Para kritikus atau yang mengkritik tentang sastra berusaha membantu para peminat karya sastra memahami sebuah karya  sastra. Oleh karena itu hasil analisis kritik sastra tersebut, secara tidak langsung dapat membantu masyarakat dalam memahami dan mengapresiasi suatu karya sastra.
  3. Menunjang dan Mengembangkan Ilmu Sastra
    Hasil kritik sastra merupakan sumbangan untuk para ahli sastra dalam pengembangan  teori sastra.
Kesimpulan

Pengertian kritik sastra secara umum yang telah dikemukakan para ahli, adalah  perbandingan yang tepat dilakukan guna untuk menilai hasil dari sastra tersebut yang nantinya akan memberikan perbandingan dan juga salah satu dari adanya karya sastra tersebut adala dapat mengembangkan ilmu sastra.

Demikianlah ulasan mengenai kritik satra yang mencangkup tentang 2 pengertian kritik sastra dan fungsinya menurut para ahli. Semoga pembahasan kali ini dapat memberikan pemahaman bagi siapapun yang sedang mendalami sebuah sastra.

5/5 - (1 vote)