10 Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli, Fungsi, dan Jenisnya

Diposting pada
Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli
Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli

Lembaga sosial diakui ataupun tidak, pada dasarnya menjadi salah satu meteri yang wajib diketahui oleh semua peserta didik ataupun para ahli, terutama bagi mereka yang mengambil disiplin ilmu sosial, seperti sosiologi, hukum, ekonomi, geografi, atau yang lainnya.

Oleh karena itulah pada pembahasan kali ini, akan menjelasakan tentang “lembaga sosial”. Baik pengertian lembaga sosial, fungsi lembaga sosial, dan contoh lembaga sosial.

Lembaga Sosial

Lembaga sosial adalah bagian daripada adanya prosedur atau tata cara yang telah diciptakan oleh seseorang atau bentuk kelompok sosial untuk mengatur hubungan sosial antar manusia yang tergabung dalam suatu bentuk masyarakat agar tercipta kesatuan dan persatuan.

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi lembaga sosial menurut para ahli, antara lain;

  1. Paul Horton dan Chester L. Hunt

Lembaga sosial adalah sistem mengenai norma secara sosial dan membahas tentang hubungan yang menyatukan sebuah nilai-nilai dan juga prosedur, sebagai upaya memenuhi kebutuhan dasar setiap masyarakat.

  1. Peter L. Berger

Lembaga sosial adalah prosedur yang dipergunakan untuk mengontrol berbagai perbuatan manusia, melalui ditekan atau dipaksa sehingga dapat dilakukan sebagai solusi atas sebuah jalan yang dianggap sesuai dengan harapan masyarakat.

  1. Mayor Polak

Definisi lembaga sosial, menurutnya adalah sutu persoalan yang kompleks, karena didalamnya mengandung sistem peraturan dan adat, sehingga dapat mempertahankan nilai yang berkembang dan dianggap penting.

  1. Hamilton

Arti lembaga sosial adalah tata cara yang digunakan dalam kehidupan berkelompok, melalui berbagai sanksi atau hukuman apabila dilanggar.

  1. Robert MacIver dan C.H. Page

Lembaga sosial adalah prosedur atau tata cara yang diciptakan oleh sekelompok masyarakat untuk mengatur hubungan antar manusia, agar sesuai dengan keinginan dan harapan yang dicita-citakan.

  1. Leopold Von Wiese dan Becker

Menurutnya, lembaga sosial adalah suatu jaringan melalui hubungan antarmanusia dan juga antarkelompok, sehingga dapat berfungsi sebagai upaya memelihara segala kepentingan antar individu dan kelompoknya di dalamnya.

  1. Koentjaraningrat

Definisi lembaga sosial adalah suatu sistem yang didalamnya membahas tentang tata kelakuan dan juga hubungan segala bentuk aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan di dalamnya.

  1. Soerjono Seokamto

Menurut ahli sosiologi dari Indonesia ini, lembaga sosial adalah suatu himpunan mengenai norma dari segala bentuk tingkatan yang berkisar kebutuhan masyarakat.

  1. Fitcher

Menurutnya, lembaga sosial ialah sistem yang membahas tentang hubungan sosial, sehingga di dalamnya mengandung sebuah nilai tertentu tentang masyarakat.

  1. Selo Soemardajan

Lembaga sosial ialah semua hal yang berkaitan tentang norma dari berbagai tingkatan yang berkisar pada keperluan masyarakat.

Ciri Lembaga Sosial

Karakteristik lembaga sosial di masyarakat. Antara lain;

  1. Memiliki simbol sendiri, dalam lembaga sosial biasanya memiliki simbol menjadi peran yang sangat vital.
  2. Memiliki tata tertib dan tradisi.
  3. Usianya lebih lama.
  4. Memiliki alat kelengkapan.
  5. Memiliki ideologim atau kepercayaan yang dipegang teguh oleh sekelompok masyakat
  6. Memiliki tingkat kekebalan/daya tahan.

Fungsi Lembaga Sosial

Untuk fungsi dari adanya tipe lembaga sosial di masyarakat. Antara lain;

  1. Fungsi manifes

Fungsi manifes atau nyata dalam tipe lembaga sosial adalah suatu fungsi yang sudah didasari oleh masyarakat, sehingga fungsi ini menjadi bentuk harapan banyak orang.

Contoh adanya fungsi manifes dalam lembaga sosial, misalnya saja lembaga keluarga yang memiliki peran sebagai tempat terjadinya bentuk sosialisasi dan juga internalisasi terhadap nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat.

  1. Fungsi laten

Fungsi laten dalam lembaga sosial adalah suatu yang tidak didasari oleh masyarakat, sehingga fungsi ini bukan menjadi tujuan utama banyak orang.

Adapun untuk contoh kasus adanya fungsi laten misalnya saja, di dalam lembaga keluarga, perkawinan dijadikan sarana untuk menutup rasa malu dari anggapan yang menyatakan bahwa orang yang tidak menikah berarti tidak laku.

Jenis Lembaga Sosial

Adapun bagian yang menjadi jenis lembaga sosial di masyarakat. Antara lain;

  1. Pranata Keluarga, adalah peran keluarga dalam mengatur dan mengkondisikan seluruh anggota keluarganya. Lembaga sosial dalam keluarga bisa dikatakan sebagai lembaga paling dasar atau paling rendah yang diterima oleh seseorang sebelum menginjak pada lembaga lainnya.
  2. Pranata Pendidikan, lembaga pendidikan baik formal ataupun non formal adalah suatu jenis lembaga sosial yang memiliki peran sebagai pusat pengetahuan atau transformasi pengeratahuan.
  3. Pranata Politik, lembaga politik dalam lembaga sosial khusus menangani masalah dalam politik, misalnya seperti partai politik, dan lain sebaginya.
  4. Pranata Ekonomi, adalah jenis lembaga sosial yang berfungsi sebagai pusat perekonomian ataupun mengataur kehidupan masyakat dalam segi ekonomi.

Proses Pertumbuhan Lembaga Sosial

Timbulnya lembaga sosial dapat diklasifikasikan ke dalam dua cara berikut;

  1. Secara Tidak Terencana, artinya, lembaga sosial itu lahir secara bertahap (berangsurangsur) dalam praktek kehidupan masyarakat.
  2. Secara Terencana, artinya, lembaga sosial muncul melalui suatu perencanaan yang matang oleh seorang atau sekelompok orang yang memiliki kekuasaan dan wewenang.

Contoh Lembaga Sosial

Untuk contoh lembaga sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. KUA

KUA adalah bagian daripada adanya lembaga sosial dalam hukum dan juga keluarga. Dimana secara resmi KUA di bentuk untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang ingin melangsungkan suatu pernikahan secara sah di mata hukum.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, dapatlah dikatakan jika lembaga sosial adalah segala sesuatu yang dipergunakan oleh masyarakat untuk menciptkan kndisi yang nyaman dan tentram (kondusif). Sehingga dapat mempermudah tujuan dan harapan masyarakat itu sendiri.

Sedangkan untuk fungsi lembaga sosial dalam suatu masyarakat, terbagi menjadi dua, yakni fungsi manifes dan fungsi laten.

Demikianlah pembahasan mengenai “Lembaga Sosial” yang di dalamnya menganut tentang pengertaian lembaga sosial menurut para ahli, ciri, fungsi, jenis, dan contohnya. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari arti tentang “Lembaga Sosial”.

Rate this post