Klasifikasi Tanaman Nipah, Kanduangan, dan Pemanfaatannya

Diposting pada
Tanaman Nipah dan Kanduangannya
Tanaman Nipah

Nipah yang memiliki nama latin nypa fruticans wurmb sejatinya bisa untuk diberi pengertian sebagai sejenis palem yang tumbuh di lingkungan hutan bakau atau daerah pasang-surut dekat tepi laut. Tanaman ini sendiri dapat melindungi daratan atau pantai dari abrasi air laut.

Disisi lainnya, berdasakan pada klasifikasi ilmiah dan ciri morfologi tumbuhan nipah banyak dimanfaatkan dalam kebutuhakn sehari-hari. Oleh karena itulah pada ulasan kali ini akan berusaha untuk menjelaskannya.

Tanaman Nipah

Nipah diakui ataupun tidak, sejatinya dapat disadap niranya, yaitu cairan manis yang diperoleh dari tandan bunga yang belum tua. Nira dapat disadap sebelum bunga nipah mekar yaitu berumur sekitar lima bulan (Hadi, 2012). Setiap rumpun pohon nipah mampu menghasilkan sekitar hingga 4 malai pada waktu bersamaan.

Tanaman nipah diketahui mampu menghasilkan nira dari tandannya selama 50 tahun. Produktivitas nira nipah tersebut mencapai 0,5 hingga 2,5 L/nipah/hari dengan produksi rata-rata yaitu 126000 hingga 165000 L/ha.

Klasifikasi Tanaman Nipah

Klasifikasi yang ada dalam pohon nipah. Antara lain;

Kingdom Plantae
Devisi Magnoliophyta
Ordo Arecales
Kelas Liliopsida
Familia Arecaceae
Genus Nypa
Spesies N. fruticans

Kanduangan Kimia Nipah

Komposisi kimia nira nipah memiliki kandungan kadar sukrosa 11,1 %, glukosa 5,9%, fruktosa 1,6%, asam-asam organik 0,4%, dan anorganik 0,5%. Dengan kandungan itu, maka nira nipah berpotensi untuk dikembangkan menjadi bahan baku produksi bioetanol. Nira nipah berpotensi untuk menghasilkan 15.600 liter etanol per hektar atau 2 kali lipat hasil yang diperoleh dari tebu, dan  6 kali lipat hasil dari jagung (Tamunaidu dkk, 2012).

Tanaman pohon nipah sangat potensial sebagai bahan baku pembuatan bahan bakar nabati (BBN), namun belum banyak diteliti. Perbandingan komposisi kimia nira nipah dan tebu dapat dilihat pada Tabel berikut ini.

kandungan nipah

Berdasarkan komposisi kimia nira nipah, maka nira nipah dapat menjadi bahan baku pembuatan bioetanol. Selama ini pemanfaatan nira nipah belum optimal. Seeperti halnya dengan berbagai atau sebagian masyarakat di pesisir pantai memanfaatkan nira nipah untuk pembuatan gula.

Contoh Pemanfaatan Nipah

Pemanfaatan nipah yang bisa dicontohkan sebagai berikut;

  1. Dijadikan sebagai Gula

Desa Nusadadi, Kecamatan Sumpiuh yang brada di Kabupaten Banyumas yang menjaikannya sebagai gula. Akan tetapi selama ini gula yang diperoleh mempunyai rasa sedikit asin sehingga banyak masyarakat kurang suka. Sehingga bisa dikatakan bahwa pemanfaatkan nipah menjadi gula tidak maksimal.

Demikianlah pembahasan mengenai klasifikasi ilmiah tanaman nipah dan kanduangannya. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Nipah”.

5/5 - (1 vote)