4 Pengertian Lingkungan Sehat Menurut Para Ahli dan Contohnya

Diposting pada
Pengertian Lingkungan Sehat Menurut Para Ahli
Pengertian Lingkungan Sehat Menurut Para Ahli

Lingkungan yang sehat bisa dikatakan menjadi harapan setiap manusia. Setiap manusia yang hidup di planet bumi ini sangat berkaitan dan berhubungan langsung lingkungan yang ada di sekitarnya. Lingkungan dan manusia akan saling mempengaruhi.

Namun yng pastinya dengan adanya lingkungan sehat dapat mempengaruhi manusia seperti dari aspek pola hidup. Begitu pula sebaliknya manusia dapat mempengaruhi lingkugan sekitarnya. Kesehatan lingkungan akan sangat mempengaruhi dan dipengaruhi aktivitas manusia.

Lingkungan Sehat

Lingkungan sehat adalah keadaan yang ada di dalam luar jiwa seseorang yang memberikan kenyaman dan ketenangan sehingga seseorang tersebut dapat menjalankan kehidupan atau rutinitas semestinya, tanpa terganggu dengan terjangkitnya beragam penyakit.

Pengertian Lingkungan Sehat Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi lingkungan sehat menurut para ahli adalah;

  1. Rahayu (2016)

Pengertian lingkungan sehat adalah suatu yang meliputi kesehatan mental, fisik, dan sosial yang bebas dari segala unsure penyakit ataupun kecacatan.

  1. WHO

Menurut salah satu Badan PBB ini memberikan arti lingkungan sehat adalah keseimbangan dalam ekologi sehingga dapat menjamin segala keadaan dan kehidupan manusia.

  1. HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia)

Definisi lngkungan sehat adalah lingkungan yang mampu memberikan suatu bentuk keseimbangan dalam ekologi sehingga hal tersebut mampu mendukung tercapainya kualitas kehidupan manusia

  1. Wikipedia

Menurutnya, lingkungan sehat adalah kombinasi antara suatu kondisi fisik dan non fisik yang memberikan dorongan peningkatan kehidupan manusia.

Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan

Adapun dalam UU No 23 tahun 1992 Tentang Kesehatan (Pasal 22 ayat 3), menyebutkan jika ruang lingkup kesehatan lingkungan meliputi;

  1. Penyehatan Air dan Udara
  2. Pengamanan Limbah Padat atau Sampah
  3. Pengamanan Limbah Cair
  4. Pengamanan Limbah Gas
  5. Pengamanan Radiasi
  6. Pengamanan Kebisingan
  7. Pengamanan
  8. Vektor Penyakit
  9. Penyehatan dan Pengamanan lainnya seperti pasca bencana

Contoh Lingkungan Sehat

Untuk penjelasan terkait dengan contoh penggambaran yang termasuk dalam lingkungan sehat di masyarakat. Antara lain;

  1. Penerapan AMDAL dalam Pembangunan Perusahaan

Adanya penerapan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) biasanya menjadi komponen penting dalam pembangunan perusahaan yang disusun oleh pemerintah dalam menjaga kosistensi pembangunan berkelanjutan. Sehingga dari adanya penerapan ini tentusaja nantinya lingkungan yang ada akibat pembangunan perusahaan tetaplah stabil.

Kesimpulan

Dari pengertian lingkungan sehat menurut para ahli dan contohnya diatas dapat dikatakan jika lingkungan  sehat adalah suatu bentuk upaya mengenai perlindungan, pengelolaan, dann modifikasi menuju kedalam bentuk ke seimbangan ekologi.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian lingkungan sehat menurut para ahli dan ruang lingkupnya lengkap. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambahwawasan sekaligus literasi bahi setiap pembaca yang sedang memahami “Lingkungan Sehat”.

Rate this post