5 Pengertian logika, Tujuan, dan Sejarahya Menurut Ahli

Diposting pada

Pengertian logika– Banyak orang yang sebenarnya penting untuk memahami istilah logika atau pengertian logika, sebab logika ini dipergunakan setiap manusia dalam menuangkan pemikirannya melalui omongan dan pembicaraan terhadap orang lain. Memilah dan memilih mana yang baik dan buruk, sebelum benar-benar diungkap menyebabkan pentingnya ilmu logika.

Olah karena itulah seharusnya setiap manusia mamahi dengan benar pengetahuan terhadap ilmu logika. Karena kesalahan dalam pembicaraan akan berakibat fatal dikemudian hari. Adapun untuk mengetahui itu Ilmu Logika, artikel kali ini akan dimulai dari kata logika adalah.

Logika Adalah


Ilmu pengetahuan yang pelajari kecakapan seseorang dalam berpikir secara lurus, tepat, dan teratur. Istilah logika pertama kali dikemukakan oleh Aristoteles seorang filosof melalui judul buku yang fundamental sampai saat ini, yaitu The Organon.

Asal Muasal Istilah Logika

Istilah logika pada dasarnya berasal dari Bahasa Yunani “Logos” yang artinya ilmu, akal budi dan ucapan. Sedangkan jika ditinjau makna luasnya logika adalah ilmu pengetahuan yang menuntun manusia untuk berpikir benar sehingga menghindari pemikiran yang salah.

Tujuan Mempelajari Ilmu Logika


Tujuan mempelajari ilmu logika bagi setiap orang adalah menggunakan pemikiran manusia sehingga mampu untuk berfikir secara luas, efisien, tepat dan teratur demi mendapatkan kebenaran dan menghindari.

Pengertian Logika


Banyak pihak yang mendefenisikan pengertian logika, pihak-pihak yang mengartikan logika adalah mereka yang sebenarnya tertarik dengan disiplin ilmu filsafat. Berikut ini defenisi ilmu logika menurut para ahli di bidangnya.

Pengertian Logika Menurut Para Ahli

W. Poespoprodjo, Ek. T. Gilarso

Mengartikan Logika sebagai ilmu yang mempelajari kecakapan dalam menalar, berpikir, sehingga semunya bisa berjalan secara tepat.

Soekadijo

Mengartikan logika sebagai metode pengetahuan yang diciptakan untuk meneliti ketepatan nenalar seseorang.

Kusumah

Mengartikan logika sebagai cabang ilmu yang mengkaji penurunan-penurunan kesimpulan yang benar dan salah.

The Liang Gie

Mengartikan logika sebagai pengetahuan yang di dalamnya terdapat pembahasan lingkungan filsafat yang tak lepas dari asas-asas dan aturan-aturan penalaran yang tepat.

Mundiri

Memberikan pengertian logika sebagai ilmu yang mempelajari tentang metode dan hukum untuk dapat membedakan penalaran yang dianggap benar dari penalaran yang dianggap salah.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan jika defenisi logika adalah ilmu pengetahuan yang mampu dipergunakan manusia untuk dapat berpikir secara lurus, efisien, tepat dan teratur demi mendapatkan kebenaran dan menghindari segala kesalahan, termasuk kesalahan dalam pembicaraan atau omongan terhadap orang lain.

Demikianlah untuk pengertian logika, tujuan ilmu logika, asa muasal ilmu logika, semoga bisa menambah wawasan kepada para pembaca semunya. Trimakasih, baca juga artikel lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *