4 Perbedaan Artikel dan Opini Lengkap

Posted on

Perbedaan Artikel dan Opini_ Banyak diantara kita yang sejatinya belum memahami tentang perbedaan artikel dan opini. Meskipun secara tidak sadar perbedaan tersebut sudah tergambaran ketika kita membaca artikel atau opini di media massa. Sebagai upaya ketidak alphaan tersebut indonesiastudents.com akan mencoba mengulas perbedaan antara artikel dan opini.

Baca: 5 Cara Menulis Opini Bagi Pemula

Perbedaan Artikel dan Opini

Dari berebagi literatur yang telah dibaca perbedaan antara artikel dan opini secara garis besarnya adalah sebagai berikut:

  • Artikel dalam kepenulisannya lebih mengutamakan analisis dan teori pada suatu masalah tertentu sehingga memerlukan banyak literatur yang mendukung gagasan yang ditulisan sedangkan untuk opini bentuk tulisannya lebih mengutamakan pendapat pribadi meski disertakan dengan literatur dan teori tetapi tidak sebanyak tulisan artikel.
  • Artikel dituliskan oleh seseorang dengan berdasarkan metode harus memiliki sifat sistematis, empiris, bisa dibuktikan kebenarannya, tetapi jika opini ditulis oleh seseorang secara sistematis, dan empiris, namun masih bisa menemukan perbedaan pendapat tentang kebenaran yang dimunculkan.
  • Opini lebih bersifat persuasif, artinya tulisan opini berisi mengajak pembaca untuk dapat mengikuti apa yang dikemukakan dalam gagasanya, tetapi jika tulisan artikel lebih mengajak pembaca untuk memahami tentang apa yang ditemukan dan tidak memiliki kalimat persuasif sebagimana artikel.
  • Artikel ditulis dengan kalimat yang ilmiah karena ada pedoman dan panduan khusus, tetapi jika opini tergantung penuilisnya dalam menggunakan kalimat dan bahasa. Kadang penulisan opini menggunakan kata yang tidak ilmiah semata-mata dilakukan untuk menggugah tulisan di hati pembaca.

Demikianlah untuk pembahasan mengenai ulasan perbedaan antara artikel dan opini. Semoga tulisan ini dapat membantu bagi teman-temen yang sedang kebingungan dalam membedakan artikel dan opini. Trimakasih. Baca Artikel Lainnya:

 

4 Perbedaan Artikel dan Opini Lengkap
5 (100%) 1 vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *