9 Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

pengertian media pembejalaran menurut para ahli

indonesiastudents.com- Dalam dunia pendidikan, kreativitas merupakan salah satu modal yang harus dimiliki oleh para pengajar (guru). Hal ini sangatlah penting mengingat peran dan fungsi seorang guru ialah mentranformasikan ilmua pengetahunnya kepada anak didik dengan baik. Salah satu cara memberikan pendidikan yang baik sehingga para pelajar dapat memahami maksud atau tujuan yang ingin disampaikan kadang seseorang tenaga pendidikan (guru) membutuhkan media pembejaran.

Baca: 10 Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap

Media pembelajaran pada dasarnya terdiri dari dua kata, pertama: media yang berasal dari bahasa latin medium, secara harfiah media atau medium ini berarti perantara atau pengantar. Sedangkan pengertian para ahli tentang media pembejaran adalah sebagai berikut;

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli


Banyak ahli atau tokoh yang mengartikan media pembelajaran, diantaranya;

Gane (dalam Sadiman 2005)

Pengertian media pembelajaran adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar.

Briggs (1970)

Media pembelajaran adalah segala bentuk alat fisik yang dapat menyajikan pesan untuk belajar baik melalui buku, film, kaset, dan media pendidikan lainnya.

Asosiasi Pendidikan Nasional (National Education Association/ NEA)

Pengertian yang berbeda tentang media pembejaran. Media merupakan bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak secara audiovisual serta melalui peranlata. Media menurutnya, hendakanya dapat dimanipulasi, dapat dilihat, didengar dan dibaca. Apapun batasan yang diberikan, yaitu bahwa media adalah segala bentuk yang dapat dipergunakan untuk menyalurkan sebuah pesan dari si pengirim ke penerima, sehingga hal tersebut dapat merangsang  pikiran, perhatian, perasaan, dan minat sehingga mendorong suksesnya proses pembelajaran

Haryaselmana (2008)

Definisi media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dipergunakan oleh tenaga pendidik untuk menarik perhatian siswa pada proses terciptanya kegiatan belajar dan mengajar yang baik.

Wilopo (2011)

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan oleh tenaga pendidikan (guru) untuk menyalurkan pesan dari kepada peserta didik, sehingga pesan yang berupa ilmu pengetahuan tersebut dapat merangsang pikiran, perhatian, dan perasaan dalam proses belajar.

Miarso (2004)

Definisi media pembelajaran adalah segala bentuk kegiatan yang digunakan tenaga pendidik agar  mendorong kemauan peserta didik dalam proses belajar.

Arif S. Sadirman (1984)

Media pembelajaran adalah segala bentuk alat fisik yang dapat menyajikan pesan dipergunakan olehguru diluar ilmu pengetahuan yang disampaiakn, akan tetapi tujuannya sama yakni agar peserta didik dapat memahami apa yang telah disampaikan.

Molenida, (1993)

Media pembelajaran adalah segala proses penerapan secara ilmiah tentang proses belajar-mengajar yang ada di lingkungan pendidikan.

Ali (1992)

Media pembelajaran adalah komponen penunjuang para siswa yang dilakukan tenaga pendidik agar dapat memahami maksud pengethuan yang disampaikan.

Dari 9 pengertian media pembalajaran menurut para ahli tersebut dapat dikatakan bahwa secara khusus media pembelajaran bermanfaat dalam menjangkau setiap remaja yang mungkin buta huruf, sulit memhami materi pembejaran, tidak bersekolah lagi, atau tidak bekerja. Adapun secara luasnya media pembelajaran juga menawarkan suatu bentuk kesempatan yang baik agar dilakukan tenaga pendidik untuk dapat memberikan dan mengembangkan keahlian para peserta didik.

Salah satu contoh dalam proses media pembelajaran yang biasanya digunakan adalah pengadaan buku bergambar dan leaflet yang menjadi alat promosi sederhana yang mudah digunakan oleh para guru kepada setiap peserta didiknya.

Media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran ini sangatlah penting, karena secara langsung dapat berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran. Pada mulanya, media pembelajaran hanya difungsikan sebagai alat bantu tenaga pendidik untuk mengajar akan tetapi sekitar pertengahan abad ke –20 usaha pemanfaatan media pembelajaran secara visual dilengkapi dengan digunakannya alat audio, sehingga lahirlah alat bantu audio-visual.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian media pembelajaran menurut para ahli, semoga dengan adanya pembahasan ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari literasi mengenai “media Pembelajaran”. Hingga pada akhirnya media pembelajaran yang digunakan dapay memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran. Trimakasih, jangan lpa baca juga artikel lainnya;

  1. Pengertian Masa Kanak-Kanak dan Perkembangannya (awal+menengah+akhir)
  2. 4 Manfaat Mempelajari Perkembangan Peserta Didik Lengkap
  3. Pengertian Perkembangan Peserta Didik Menurut Para Ahli Lengkap