PIN SBMPTN Hilang, Inilah Langkah Mudah Mengurusnya

Posted on

Langkah Mengurus PIN SBMPTN yang Hilang

indonesiastudents.com– Bagi para pelajar yang baru lulus atau akan lulus SMA/MA/Sederajat barangkali merasa asing dengan istilah KAP dan PIN pada tes SBMPTN. Oleh karenanya pada ulasan kali ini, indonesiastudents.com akan mejabarkan terlebih dahulu apa itu KAP dan PIN pada SBMPTN.

KAP dan PIN pada SBMPTN


Alur pendaftaran SBMPTN di mulai dengan pendaftran awal, pendaftaran awal dilakukan bagi peserta non bidikmisi untuk mendapatkan PIN dan KAP.  KAP adalah Kode Akses Pendaftaran bisa di bilang username untuk login sedangkan PIN adalah kata sandinya. PIN dan KAP yang didapat pada pendaftaran awal belum dapat di gunakan untuk login ke pendaftaran SBMPTN online sebab kalian belum membayar KAP dan PIN tersebut.

Untuk melakuka pembayaran KAP dan PIN tersebut cetak atau scren shoot slip pembayaran yang didapat ketika selesai melakukan pendaftaran awal. Pembayaran pendaftran SBMPTN ini bisa kalian lakukan di bank BNI dan Mandiri atau tidak perlu ke bank kalian juga dapat membayarnya melalui ATM.

Hati-hati dalam melakukan pembayaran jika terjadi kesalahan tidak dapat di rubah atau kalian harus mendaftra ulang kembali jika begitu kalian harus membayar dua kali sedangkan pembayaran SBMPTN itu tidak murah. Periksa kembali nama dan tanggal lahir kalian jika sudah tepat baru bisa kalian lanjut dan lakukan pembayaran.

Setelah dilakukan pembayaran maka pada struk pembayaran atau slip transaksi juga terdapat KAP dan PIN dan kalian sudah bisa login dengan KAP dan PIN yang kalian dapatkan tadi. Bagi peserta bidikmisi kalian sudah mendapatkan KAP dan PIN dari pihak sekolah dan tidak perlu membayar KAP dan PIN tersebut, kalian bisa langsung mendaftar SBMPTN dan mendapatkan kartu tanda peserta.

Permasalahn yang sering muncul pada awal pendaftaran SBMPTN adalah hilangnya PIN dan KAP. Hilang PIN dan KAP dari ingatan atau lupa dan juga hilangnya berkas-berkas slip ataupun struk transaksi pada akhirnya menimbulkan banyak pertanyaa

Aduh bagaimana jika hal itu terjadi pada kalian? Apa yang harus dilakukan jika KAP dan PIN hilang?


Adapun cara mengurus KAP dan PIN yang hilang adalah sebagai berikut;

Langkah Mengurus KAP dan PIN SBMPTN yang hilang


Pertama; segera hubungi piha traler bank jika kalian melakukan transasksi melalui Bank, kalian hanya perlu mengingat tanggal transaksi dan menunjukan kartu identitas.

Kedua; Setelah itu treller akan memverivikasi dan akan di cetakan ulang jika memang kalian telah melakukan pembayaran.  Adapun bagi kalian peserta bidikmisi jika KAP dan PIN hilang atau lupa kalian bisa menghubungi pihak sekolah kalian.

Baca: Tutorial Log In SBMPTN

Nah demikianlah cara mengurus PIN dan KAP SBMPTN yang hilang, proses pengurusan ini terbilang mudah dalam menangani kehilangan KAP dan PIN. Semoga tulsian sederhana ini dapat membantu dan juga bagi kalian yang mendaftar SBMPTN dapat lulus dengan sekali mendaftar SBMPTN di tahun 2017 ini. Trimakasih, baca juga artikel lainnya;