Pengertian Metabolisme, Jenis, dan Contonya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Metabolisme, Jenis, dan Contonya Lengkap

pengertian metabolisme menurut para ahli

indonesiastudents.comMetabolisme pada dasarnya adalah kata yang berasal dari Bahasa Yunani “metabole” yang bermakna dasar berubah. Pengertian ini tentusaja mendefinisikan bahwa metabolisme secara umum adalah keseluruhan proses berbagai reaksi kimia yang terjadi pada sel tubuh mahluk hidup, baik reaksi kimia tersebut berupa pemecahan maupun penyusunan senyawa kimia-kimia tertentu.

Dalam catatan sejarah, kata Metabolisme pertama kali dikenalkan oleh seseorang yang berasal dari Eropa, yakni Santorio Santorio pada awal tahun 1614. Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam tulisan ini, indonesiastudents.com akan menguraikan tentang pengertian metabolism, jenis, dan contohnya.

Baca: 4 Pengertian Lingkungan Sehat Menurut Para Ahli dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Metabolisme


Metabolisme adalah semua bentuk reaksi kimiawi yang terjadi dalam organism mahluk hidup, termasuk di dalamnya pada tingkat sel. Sedangkan menurut para ahli, salah satunya Widi Winarni (2007) dalam buku karyanya, metobolisme secara sederhana adalah suatu pertukaran antara zat/organisme mahluk hidup dengan lingkungannya berasal.

Sedangkan secara jenisnya, atau klarifiaksi metobolisme dikelompokan menjadi tiga bentuk, yakni sebagai berikut;

Jenis Metobolisme


Anabolisme

Anablisme adaah penyusunan senyawa komplek dari senyawa sederhana dengan bantuan energi dari luar. Contoh untuk anabolisme adalah peristiwa adanya fotosintesis dan kemosintesis.

Katabolisme

Katabolisme adalah pemecahan senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana dengan membebaskan energi. Contoh katabolisme yang sering kita perlihatkan dalam ilmu pengetahuan ialah proses respirasi dan fermentasi.

Dari berbagai pengertian metabolisme diatas, dapat disimpulkan bahwa metobolisme adalah serangkaian pertukaran antara zal kimiawi dengan lingkungan dimana ia bersal. Pengertian ini tentusaja secara langsung mengatakan bahwa metabolisme memiliki berbagai fungsi, salah satu fungsi yang harus diketahui yakni berguna sebagai perombak dan pembentuk biomolekul.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Metabolisme, Jenis, dan Contonya Lengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari referensi tentang “Metabolisme”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 4 Pengertian Agent Of Change Menurut Para Ahli Lengkap
  2. 8 Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap
  3. 4+ Pengertian Jejaring Sosial Menurut Para Ahli Lengkap
  4. Pengenalan Bank Sampah dan Pelayanan Bank Sampah di Berbagai Daerah