6 Pengertian Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Contohnya Menurut Ahli Lengkap

Diposting pada

Metode Pembelajaran Demonstrasi– Banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa mempermudah pengajaran di lingkugan pendidikan, salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran yang efektif. Adapun metode pembelajaran yang efektif menurut Sudjana (2005) menyebutkan ada 4, diantaranya adalah metode pembelajaran demonstrasi. Apa sih yang dimaksud dengan metode pembelajaran demonstrasi. Artikel indonesiastudents.com pada kali ini akan mengulas tentang hal tersebut.

Pengertian Metode Pembelajaran Demonstrasi


Metode pembelajaran demonstrasi dapat diartikan sebagai model pembelajaran yang dilakukan pendidik atau intriktur pendidikan yang memperlihatkan pada seluruh peserta didik melalui proses,  situasi,  benda,  atau  cara  kerja.

Baca: 6 Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli

Adapun untuk melengkapi pengertian diatas, beberapa ahli di dunia pendidikan juga banyak yang mengartikan metode pembelajaran demontrasi.

Pengertian Metode Pembelajaran Demonstrasi Menurut Para Ahli


Berikut ini akan disebutkan pengertian metode pembelajaran demonstrasi, diantranya sebagai berikut:

Zuhairini (1993)
Memberikan pengertian bahwa metode pembelajaran demonstrasi adalah metode pengajaran yang dilakukan oleh seorang guru atau orang lain yang meminta murid untuk dapat memperlihatkan pada seluruh kelas tentang suatu proses melakukan sesuatu.

Tabrani Rusyan (1993)
Memberikan pengertian bahwa  metode pembelajaran demonstrasi metode pembelajaran yang mempertunjukan tentang proses terjadinya peristiwa hingga sampai pada penampilan tingkah laku yang dicontohkan.

Mulyani Sumantri dan Johar Permana (2001)
Memberikan pengertian bahwa metode pembelajaran demonstrasi adalah suatu cara pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukan kepada murid tentang proses, situasi , atau benda tertentu yang sedang dipelajari.

Syaiful Bahri Djamarah (2010)
Mmberikan pengertian bahwa metode pembelajaran demonstrasi adalah metode yang digunakan oleh tenaga pendidik untuk dapat memperlihatkan  cara kerja benda yang berkenaan dengan bahan pelajaran secara langsung kepada peserta didik.

Aminuddin Rasyad (2002)
Memberikan pengertian bahwa metode pembelajaran demonstrasi adalah model pembelajaran dengan meragakan, mempertunjukkan atau memperlihatkan sesuatu di hadapan peserta didik secara langsung, baik di luar kelas ataupun di dalam kelas.

Muhibbin Syah (1995)
Memberikan pengertian bahwa metode pembelajaran demonstrasi adalah metode mengajaran dengan memperagakan suatu bentuk kejadian secara runtun kepada peserta didik, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dari 6 pengertian metode pembelajaran demonstrasi menurut para ahli diatas dapat dikatakan bahwa pada intinya metode pembelajaran demonstrasi adalah mempertunjukan secara langsung kepada peserta didik tentang suatu kejadian atau tata cara melakukan sesuatu hal, dari awal jingga akhir.


Adapun untuk bentuk contoh metode pembelajaran demonstrasi yang bisa kita ambil misalnya sebagai berikut:

Contoh Metode Pembelajaran Demonstrasi

Adanya seorang guru menujukan yang memperlihatkan tentang suatu proses misalnya merebus air hingga panasanya 1000 C, secara langsung peserta didik tersebut dapat melihat, mendengar, mengamati, dan merasakanproses panasanya air secara langsung. Oleh karena itu metode pendidikan demontrasi seorang murid akan lebih mudah untuk bisa mendapatkan intisari atau inti daripada pengetahuan yang ingin disampaikan.

Contoh Metode Pembelajaran Demonstrasi

Untuk contoh metode pembelajaran demonstrasi yang kedua misalnya saja, bagi yang beragam Islam. Nabi Muhammad mengajarkan kepada umatnya untuk tatacara berwudhu, secar langsung tentu saja para sahabat yang menyaksikan tatacara berwudhu secara langsung yang diperagakan oleh Nabi Muhammad dari awal hingga akhir, ini juga bisa dikatakan sebagai contoh metode pembelajaran demonstrasi dalam aspek ilmu agama.

Demikianlah untuk ulasan atas pengertian metode pembelajaran demonstrasi yang bisa dijabarkan beserta contohnya semoga dapat membantu bagi siapapun yang sedang mencari dan mengulas lebih dalam dari materi metode pembelajaran demonstrasi. Trimakasih.

Baca Artikel Lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *