4 Pengertian Metode Pembelajaran Kooperatif Menurut Para Ahli dan Macamnya

Diposting pada

Metode Pembelajaran Kooperatif Menurut Para Ahli

Setidaknya terdapat berbagai bentuk metode pembelajaran yang bisa dilakukan oleh seorang tenaga pendidik dalam proses menjalankan sistem pendidikan sekaligus pengajaran, selain metode pembelajaran demonstrasi yang sudah familiar dipergunakan ataupun metode pembelajaran yang lainnya.

Namun yang pastinya, arti metode pembelajaran kooperatif atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah cooperative learning. Sebagai pembahasan lebih lanjut berikut ini adalah serangkaian pemaparannya.

Metode Pembelajaran Kooperatif

Metode pembelajaran kooperatif bisa dikatakan sebagai metodologi dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh tenaga pendidik dengan membentuk kelompok-kelompok kecil kepada peserta didik, sehingga selain mempermudah dalam menyampaikan materi peserta didik (murid) juga dengan mudah belajar untuk memahami sesame peserta didik lain, karena diperlukan kerjasama dan keterpaduan pemikiran bersama.

Pengertian Metode Pembelajaran Kooperatif Menurut Para Ahli

Berikut ini akan diberikan penjelasan definisi metode pembelajaran kooperatif menurut para ahli, antara lain;

  1. Johnson dan Johnson (1994)

Memberikan pengertian bahwa metode pembelajaran kooperatif adalah bentuk pembelajaran yang dilakukan dengan mengelompokkan  siswa  agar dapat  bekerja  sama satu sama lain, dengan kemampuan secara maksimal yang siswa tersebut miliki.

  1. Agus Suprijono (2011)

Memberikan pengertian bahwa metode pembelajaran kooperatif  adalah metode pembelajaran yang menerapkan konsep yang lebih luas meliputi semua jenis kerja kelompok termasuk bentuk yang dipimpin oleh seorang tenaga pendidik atau instriktur pendidikan.

  1. Isjoni (2010)

Memberikan pengertian bahwa metode pembelajaran kooperatif  sesuatu metode pembelajaran yang dilakukan secara bersama-sama dengan saling membantu satu sama lainnya dalam menyampaikan materi yang dikemukakan oleh tenaga pedidik.

  1. Iif Khoiri Ahmadi Sofan Amri (2010)

Memberikan pengertian bahwa metode pembelajaran kooperatif  aalah model pembelajaran   yang dilakukan oleh tenaga pendidik dengan cara siswa  belajar  dalam  kelompok kecil  yang  memiliki  tingkat kemampuan yang berbeda.

Macam Metode Pembelajaran Kooperatif

Bentuk metode pembelajaran kooperatif yang telah dikenal sangat luas oleh para ahli pendidikan diantarnya;

  1. STAD (Student Teams-Achievement Divisions)
  2. TGT (Team Game Tournament)
  3. TAI (Team Assisted Individualization)
  4. CIRC (Cooperative Inegrated Reading and Composition)
  5. Jigsaw
Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat dikatatakan bahwa metode pembelajaran ini, pada intinya berusaha untuk membentuk peserta didik dalam suatu pengelompokan yang kemudian membahas materi yang sama atu berbeda dari tenaga pendidik (guru).

Demikianlah untuk ulasan atas pengertian metode pembelajaran kooperatif menurut para ahli beserta macam-macamnya semoga saja adanya artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pemikiran para pembaca semuanya.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.