4 Pengertian Metode Pembelajaran Kooperatif dan Macamnya Lengkap

Diposting pada

indonesiastudents.com– Berbagai bentuk metode pembelajaran yang bisa dilakukan oleh seorang tenaga pendidik dalam dunia pendidikan, selain metode pembelajaran demonstrasi yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya,  ada juga metode pembelajaran kooperatif atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah cooperative learning. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini indonesiastudents.com akan mencoba memberika penjelasan prihal pengertian metode pembelajaran kooperatif.

Pengertian Metode Pembelajaran Kooperatif


Metode pembelajaran kooperatif dapat diartikan sebagai metode pembelajaran yang dilakukan oleh tenaga pendidik dengan membentuk kelompok-kelompok kecil kepada peserta didik, sehingga selain mempermudah dalam menyampaikan materi peserta didik (murid) juga dengan mudah belajar untuk memahami sesame peserta didik lain, karena diperlukan kerjasama dan keterpaduan pemikiran bersama.

Baca: 6 Pengertian Metode Pembelajaran Demonstrasi Menurut Para Ahli

Adapun agar pengertian tersebut terasa lebih lengkap, indonesiastudents.com juga akan memberikan pengertian metode pembelajaran kooperatif menurut para ahli yang berasal dari disiplin ilmu yang pendidikan.

Pengertian Metode Pembelajaran Kooperatif Menurut Para Ahli


Berikut ini akan diberikan penjelasan menganai pengertian metode pembelajaran kooperatif menurut para ahli:

Johnson  dan Johnson (1994)
Memberikan pengertian bahwa metode pembelajaran kooperatif adalah bentuk pembelajaran yang dilakukan dengan mengelompokkan  siswa  agar dapat  bekerja  sama satu sama lain, dengan kemampuan secara maksimal yang siswa tersebut miliki.

Agus Suprijono (2011)
Memberikan pengertian bahwa metode pembelajaran kooperatif  adalah metode pembelajaran yang menerapkan konsep yang lebih luas meliputi semua jenis kerja kelompok termasuk bentuk yang dipimpin oleh seorang tenaga pendidik atau instriktur pendidikan.

Isjoni (2010)
Memberikan pengertian bahwa metode pembelajaran kooperatif  sesuatu metode pembelajaran yang dilakukan secara bersama-sama dengan saling membantu satu sama lainnya dalam menyampaikan materi yang dikemukakan oleh tenaga pedidik.

Iif Khoiri Ahmadi Sofan Amri (2010)
Memberikan pengertian bahwa metode pembelajaran kooperatif  aalah model pembelajaran   yang dilakukan oleh tenaga pendidik dengan cara siswa  belajar  dalam  kelompok kecil  yang  memiliki  tingkat kemampuan yang berbeda.

Dari 4 pengertian metode pembelajaran kooperatif  menurut para ahli diatas dapat dikatatakan bahwa metode pembelajaran ini, pada intinya membentuk peserta didik dalam sutu kelompok yang membahas materi yang sama atu berbeda dari tenaga pendidik (guru).

Setelah kita menjelaskan tentang pengertian metode pembelajaran kooperatif selanjutnya kita akan memberikan ulsan mengenai macam-macam metode pembelajaran kooperatif  berikut ini:

Macam-Macam Metode Pembelajaran Kooperatif

Macam metode pembelajaran kooperatif  yang telah dikenal sangat luas oleh para ahli pendidikan diantarnya sebagai berikut;

  1. STAD (Student Teams-Achievement Divisions)
  2. TGT (Team Game Tournament)
  3. TAI (Team Assisted Individualization)
  4. CIRC (Cooperative Inegrated Reading and Composition)
  5. Jigsaw

Demikianlah untuk ulasan atas pengertian metode pembelajaran kooperatif beserta macam-macamnya semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pemikiran para pembaca semunya, trimakasih. Baca juga artikel lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *