Pengertian Tinjauan Pustaka Beserta Manfaat Tinjauan Pustaka Menurut Ahli

Posted on

Tinjauan Pustaka

Pengertian Tinjauan Pustaka– Tinjauan Pustaka atau ada yang menyebutnya dengan kerangka konseptual merupakan bagian terpenting dari sebuah pengertian karya tulis ilmiah. Hampir disetiap karya tulis, baik skripsi, tesis, desertasi, jurnal, makalah, atau yang lainnya selalu ada istilah tinjauan pustaka. Meskipun begitu bagi orang awam barangkali belum terlalu memahami, apa yang dimaksud dengan tinjauan pustaka. Hingga pada akhirnya alasan tersebut menjadi penyebab artikel IndonesiaStudent mengulas tentang pengertian tinjuan pustaka.

Pengertian Tinjauan Pustaka


Tinjauan pustaka dapat diartikan sebagai penegaskan atas batas-batas logis penelitian dan menjadi petunjuk bagi peneliti untuk memperhitungkan apa yang relevan dan apa yang tidak relevan untuk kemudian dikaji dalam penelitiannya, atau sampai batas mana penelitian akan dilakukan dan asumsi yang mendasari penelitan tersebut dilakukan.

Artikel Terkait;

  1. 14 Pengertian Metodologi Penelitian Beserta Penjelasannya
  2. Pengertian Penelitian, Kegunaan, Syarat, Cara Berfikir, dan Sikapnya
  3. Susunan Rencana Penelitian Beserta Contohnya

Kemudian untuk memperjelas pengertian tersebut, beberapa ahli yang konsen dalam dunia penelitian juga ikut mendefenisikan tinjauan pustaka atau memberi pengertian tinjauan pustaka. Berikut pengertian tinjauan pustaka menurut para ahli.

Pengertian Tinjauan Pustaka Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa definisi para ahli, mengenai tinjauan pustaka;

Castetter dan Heisler

Memberikan pengertian tinjauan pustaka sebuah saran yang mencangkup pada bagian-bagian penelitian, seperti pendahualuan, pembahasan, dan kesimpulan. Harus ada pada tinjauan pustaka. Tinjauan pusata ini sangat penting bagi segala bentuk penelitian ilmiah.

Leedy

Mengartikan, bahwa definisi tinjauan pustaka adalah uraian yang harus berisi tentang ungkapan-ungakap peneliti sebelumnya yang serupa dengan penelitian yang akan dilakukan. Dalam penjelasan ini lebih di dasari pada langkah-langkah penelitian pengembangan.

Gandas

Memberikan pengertian bahwa tinjauan pustaka adalah bab yang membahas tentang tinjauan mengenai teori-teori terhadap judul tulisan atau makalah yang ingin peneliti lakukan. Dalam hal ini serupa bahwa tinjuan pusata ialah fungsi hipotesis dalam penelitian.

Eki Meliansyah

Memberikan pengertian, bahwa arti tinjauan pustaka adalah sebuah kegiatan yang meliputi mencari, membaca dan menelaah laporan-laporan penelitian dan bahan pustaka yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan pada sebelumnya di atas rencana penelitian.

Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian tinjauan pustaka adalah bab yang berisi tentang penelusuran kepustakaan yang relevan terhadap penelitian yang ingin dilakukan. Baik penelusuran kepustakaan tersebut di dapatkan dari jurnal, buku, atau yang lainnya.

Setelah kita mendefiniskan tinjauan pustaka atau memberi pengertian tinjauan pustaka, selanjutnya tulisan ini akan mengulas tentang manfaat tinjauan pustaka. Adapun manfaat dibuatnya tinjauan pustaka oleh para penelitian antara lain adalah sebagai berikut;

Manfaat Tinjauan Pustaka

  • Menguraikan variabel yang harus diperhitungkan oleh peneliti agar tujuan studi atau penelitian dapat dicapai.
  • Memberikan batasan kepada penelitian yang dilakukan dengan menunjukkan variabel yang relevan dan yang tidak relevan.
  • Merupakan acuan bagi peneliti dalam mengartikan data (analisis data) yang dikumpulkan dalam penelitian.
  • Memberikan dasar pemikiran atau alasan pada peneliti untuk menyimpulkan hasil penelitian sesuai dengan tujuan (objektif) dari penelitian tersebut.

Demikianlah uraian penjelasan mengenai pengertian tinjauan pustaka atau defenisi tinjauan pustaka beserta dengan manfaat tinajaun pustaka. Semoga tulisan ini mampu memberikan gambaran pemahaman kepada siapapun yang ingin atau yang akan melakukan kegiatan penelitian, baik skrispi, tesis, karya tulis ilmiah.

 

Pengertian Tinjauan Pustaka Beserta Manfaat Tinjauan Pustaka Menurut Ahli
2.6 (52%) 5 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *