5 Pengertian Minyak Bumi Menurut Para Ahli [Lengkap]

Diposting pada

Pengertian Minyak Bumi

Minyak bumi (Bahasa Inggris adalah petroleum, dari Bahasa Latin Petrus yaitu  karang dan oleum yang berarti minyak). Dalam perkembangannya dari zaman dulu sampai sekarang, minyak bimu selalu dibutuhkan oleh manusia, baik untuk keperluan rumah tangga, produksi, dan lain sebagainya. Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam ulasan kali ini akan menguraikan tentang pengertian minyak bumi menurut para ahli, berikut penjelasannya;

Pengertian Minyak Bumi

Pengertian minyak bumi adalah sumber daya alam yang diproses di tempat pengilangan minyak dan dipisah-pisahkan hasilnya berdasarkan titik didihnya sehingga menghasilkan berbagai macam bahan bakar, fraksi minyak bumi dihasilkan dari fraksi ringan seperti bensin dan minyak tanah sampai aspal dan berbagai reagen kimia yang dibutuhkan untuk membuat plastik dan obat-obatan.

Definisi ini sejalan dengan siklus batuan di bumi yang terjadi dengan pengendapan berpuluh tahun adanya. Pengendapan ini diproses secara alamiah, melalui sistem ilmu pengetahuan tertentu pada akhirnya pembentuka ini bisa dikaji dan dipertanggung jawabkan. Selengkapnya, baca; Pengertian Bumi, Struktur, dan Lapisannya

Pengertian Minyak Bumi Menurut Para Ahli

Sedangkan menurut para ahli, pengertian minyak bumi dan proses terbentuknya antara lain sebagai berikut;

Macqiur (1758)

Menurut ahli dari Negara Prancis ini mengatakan jika energi minyak bumi adalah sumber daya alam yang berasal dari berbagai jenis tumbuh- tumbuhan yang mengendal  dalam kurun waktu jutaan tahun. Maka tak khayal jika kondisi ini menyebabkan bahwa minyak bumi adalah bagian sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Barthelot (1866)

Menurutnya, definisi minyak bumi adalah sumber daya alam yang mengandung logam alkali di dalam keadaan bebas dengan memiliki temperatur tinggi sehingga hal itu akan bersentuhan pada CO2 dan membentuk asitilena keduanya. Hingga akhirnya hubungan antara logam alkali dan asitilena dalam proses ini tidak dapat dipisahkan.

Mandeleyev (1877)

Menurutnya, proses pembentukan pada minyak bumi ialah akibat adanya sutu pengaruh kerja pada uap dengan berbagai karbida logam yang ada di dalam bumi. Karbida ini terjadi dalam jutaan tahun lamanya, maka banyak pihak kurang bisa mematikan waktunya.

Wikipedia (2017)

Dalam paparan Situs Pendidikan ini, minyak bumi adalah sumber daya alam yang bisa didapatkan dari sumur minyak melalui suatu proses studi geologi, analisis sedimen, karakter dan struktur sumber, dan berbagai macam studi lainnya

IMF (April 2011)

Lembaga Dunia yang berasal dari PBB ini mengatakan bahwa minyak bumi digunakan untuk memproduksi berbagai macam barang dan material yang dibutuhkan manusia. Penggunaan minyak bumi menghasilkan gas CO yang memicu berbagai polusi seperti penggunaan batu bara sehingga penggunaan minyak bumi harus diatur dan dikendalikan agar tidak terjadi pencemaran lingkungan. Oleh karena itulah IMF menegaskan jikalau Bahan bakar dari fosil sejatinya menjadi sumber energi paling penting.

Dari penjelasan mengenai pengertian minyak bumi di atas, dapat dikatakan bahwa minyak bumi adalah bagian Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui lantaran terbentuk dalam kurun waktu yang lama. Akan tetapi yang pasti fakat menunjukan bahwa peningkatan permintaan yang sangat tinggi menyebabkan harga minyak mencapai rekor tinggi dalam sejarah pada tahun 2000-an.

Meskipun tren yang meningkat ini diganggu sementara oleh krisis finansial global 2008-2009, permintaan minyak dunia meningkat secara signifikan di berbagai negara setelah tahun 2009 (dan karenanya harganya naik sejalan dengan itu).

Artikel Terkait;

  1. 6 Akibat Rotasi Bumi Bagi Kehidupan dan Contohnya
  2. 6 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan dan Contohnya
  3. Teori Pembentukan Bumi Menurut Para Ahli

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian minyak bumi menurut para ahli dan penjelasannya secara lengkap. Semoga dengan adanya oembahasan mengenai “Minyak Bumi” ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mencari refrensi tetang minyak bumi. Trimakasih,