10+ Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli dan Bentuknya Lengkap

Diposting pada

10+ Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli dan Bentuknya Lengkap

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

indonesiastudents.comModernisasi pada hekatkatnya berasal dari kata “Modo” yang memiliki arti cara dan kata “I” yang artinya periode waktu masa kini. Secara umumnya moederenisiasi dapat diberi pemabahan sebagai seluruh perubahan sosial di dalam masyarakat tradisional kepada kehidupan yang modern (kekinian).

Modernisasi banyak diulasan dan juga dipelajari dalam berbagai asepek ilmu pengetahuan, bahkan dalam Ilmu Sosial, sebagaimana Sosiologi secara khusus membahas apa itu modernisasi?. Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam tulisan ini, indonesiastudents.com mengungkapkan berbagai pengertian modernisasi menurut para ahli dan bentuknya.

Baca: 6 Pengertian Globalisasi, Dampak, Dan Pengaruhnya Lengkap

Pengertian Modernisasi


Modernisasi adalah suatu bentuk proses dalam kehidupan manusia mengenai perubahan sosialnya, dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern atau perubahan peralatan dari sederhana menjadi yang lebih kompleks.

Sedangkan pengertian modernisasi menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli


Koentjaraningrat

Menyatakan modernisasi sebagai usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan konstelasi dunia sekarang.

Ogburn dan Nimkoff

Pengertian modernisasi adalah menggerakan, mendorong, serta mengarahkan masyarakat agar mampu untuk memproyeksikan dirinya kepada masa depan yang realistis, bukan sebatas bias (angan-angan).

Soerjono Soekanto

Modernisasi menurutnya adalah bentuk perubahan sosial yang direncanakan dan terarah.

Wijoyo Nitisastro

Arti modernisasi ialah suatu bentuk transformasi secara total dalam kehidupan manusia dari kehidupan yang tradisional (klasik) menuju pada arah ekonomi dan politis.

Abdul Syam

Modernisasi ialah proses perubahan berbagai asepek kehidupan dalam masyarakat yang lebih maju dan berkembang, sehingga transformasi ini mampu dianggap sebagai suatu hal yang menguntungkan.

Astrid S. Susanto

Menurutnya, modernisasi adalah sistemisasi pembangunan yang mampu memberikan dan mendorong kesempatan ke arah yang lebih baik.

Wibert E. Moore

Modernisasi adalah bentuk perubahan secara total mengenai kehidupan manusia, baik secara teknologi atau organisasi sosialnya yang lebih efektif dan baik.

Schoorl

Menurutnya, modernisasi suatu mekanisasi perubahan dalam masyarakat, yang dahulunnya melakukan dengan tradisional ke cara yang lebih maju.

Alex Thio

Modernisasi adalah perbuahan mendasar dalam kehidupan masyarakat pertanian, yang dahulunya dengan cara yang dinilai tradisional kini dengan cara yang modern (canggih).

Harold Rosenberg

Menurutnya, modernisasi ialah tradisi yang baru muncul dengan baik, dimana tradisi tersebut dapat diterima dalam kehidupan masyarakat.

Dari 10 pengertian modernisasi menurut para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa modernisasi adalah perubahan scara fisik, pemikiaran, atau alat dalam kehidupan manusia yang dinilai memiliki kelebihan tersendiri diabandingkan dengan cara sebelumnya.

Sedangkan untuk bentuk modernisasi secara teori terbagai menjadi dua, teori modernisasi yang dimaksud ialah directed change. Diantaranya;

Bentuk Modernisasi


  1. Aspek struktur organisasi sosial, ialah suatu proses perubahan dalam Norma kemasyarakatan terwujud dalam interaksi masyarakat.

  2. Aspek sosial demografi adalah suatu proses perubahan usnur Sosial, ekonomi dan  Psikologi dalam kehidupan masyarakat.

Ciri-Ciri Modernisasi


  1. Bidang budaya, ditandai dengan makin terdesaknya budaya tradisional oleh budaya asing

  2. Bidang politik, adalah ciri moderenisasi yang ditandai dengan semakin banyak negara yang lepas dari jajahannya
  3. Bidang ekonomi, ciri ini ditandai dengan semakin kompleks kebutuhan hidup manusia
  4. Bidang sosial, diantadi dengan semakin banyak kelompok baru

Syarat Modernisasi

  • Cara berpikir ilmiah yang telah tertanam
  • Sistem administrasi negara yang baik
  • Sistem pengumpulan data baik dan terpusat
  • Iklim yang kondusif terutama media
  • Tingkat organisasi dan disiplin yang tinggi
  • Desentralisasi wewenang

Dengan semakin berkebangnya istilah moderniasi maka pada saat ini muncul berbegai pandangan tentang manusia modern, apa itu manusia modern dalam kasus modernisasi.

Manusia Modern


Manusia modern adalah sikap seseorang yang mampu untuk menerima hal baru, memiliki keberanian untuk berpendapat, menghargai waktu dan berorientasi ke masa depan, memiliki perencanaan, memiliki rasa percaya diri, perhitungan, menghargai harkat martabat orang lain, percaya pada iptek, dan imbalan harus sesuai dengan prestasi.

Sedangkan untuk sikap mental yang harus dilestarikan pada masayarakat modern ialah mebudayam masyarakat dapat menjadi pendorong maupun penghambat modernisasi. Demikianlah pembahasan mengenai pengertian modernisasi menurut para ahli, bentuk, ciri, syarat, dan manusia modern. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari arti “Moderniasi”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 14 Pengertian Negara Menurut Para Ahli Lengkap
  2. Unsur-Unsur Administrasi Publik Beserta Penjelasannya
  3. 14 Pengertian Administrasi Publik Menurut Para Ahli
  4. 6 Pengertian Manajemen Publik Terlengkap