11 Cara Didanai PKM Dikti dan Menjadi Juara Pimnas, No 5 Penting

Posted on

indonesiastudents.com Bagi sebagain besar mahasiswa yang ada di Indonesia, baik dari Sabang sampai Meroke dari Universitas Negri atau Swasta barangkali tidak asing lagi dengan istilah PKM Dikti. Sebab itilah PKM Dikti menjadi perlombaan yang banyak ditunggu mahasiswa dari tahun ketahun. Apalagi PKM Dikti ini ada memon yang sangat menggembirakan, salah satnya ketika didanai PKM Dikti dan dilakukan dengan sungguh-sungguh mahasiswa akan menjadi Finalis dalam PIMNAS (Pekan Ilmiah Nasonal).

PIMNAS merupakan agenda lomba (5 Lomba Eksis dikalangan Mahasiswa) yang menurut banyak mahasiswa di Indonesia sebagai lomba yang bergengsi. Dalam suatu agenda seminar “Selangkah Menuju PIMNAS” yang di isi oleh Ari Setiawan membagikan materi yang cukup berarti. Materi-materi itu secara mendalam dibagi menjadi 11 langkah, untuk bisa lolos PKM Dikti dan menjadi peserta sekaligus menjadi juara PIMNAS. Akan tetapi sebelum mengetahui cara didanai dan lolos PIMAS alangkah baiknya kita kenali terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan PKM Dikti.

PKM Dikti

Pekan Kratifitas Mahasiswa disingkat menjadi PKM adalah salah satu upaya Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti di bawah Kementrian Riset dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti) dalam upaya mengembangkan minat mahasiswa untuk terjun langsung mengasah kemampuan dalam berfikir yang kreatif, inovatif, dan solutif.

Tujuan PKM Dikti

Tujuan PMK Dikti diselenggarakan oleh pemerintah adalah untuk mengantisipasi antara kesenjangan teori dan praktek yang diperoleh mahasiswa diwaktu duduk dibangku perkuliahan dengan kehidupan dimasa mendatang. PKM dikti ini begitu menantang, karena bukan hanya belajar bagimana menyelesaikan persoalan akan tetapi bagimana agar bisa mahasiswa mengola dana yang diberikan oleh pemerintah secara baik dan benar.

Ari Setiawan

Adapun Cara Didanai PKM Dikti dan menjadi juara pimnas menurut pemateri yang pernah penulis sendiri ikuti adalah sebagai berikut:

Cara Didanai PKM Dikti dan Menjadi Juara Pimnas

Cara Didanai PKM Dikti dan Menjadi Juara Pimnas pada materi yang disampaikan jumlahnya ada 11 langkah. Sebelas langkah tersebut dibagikan steap by steap. Untuk lebih lanjut adalah sebagai berikut:

Selalu Awali dengan Mimpi dan Doa

Banyak diantara kita, termasuk juga saya menyepelakan tentang kekuatan mimpi. Padahal sudah banyak nasehat yang kita dengar, bahwa sebagai pemuda harus mimpi setinggi mungkin serta mampu mewujudkan mimpi tersebut. Dalam hal ini Ari Setiawan menyampaikan bahwa menjadi peserta dan juara dalam lomba bergengsi PIMNAS itu adalah salah satu mimpinya yang kini sudah terwujud.

Tak lupa mahasiswa yang pernah menjadi 50 Tokoh Inspiratif Lampung versi media cetak Lampung Post Tahun 2014 ini juga berpesan, bahwa selain bermimpi dan juga berusaha jangan penah abaikan do’a karena do’a merupakan kekuatan dari Tuhan.

So, jika kalian bercita-cita menjadi juara PIMNAS teruslah untuk mengawali dengan mimpi, usaha dengan sepenuh hati dan serahkan usaha itu melalui do’a dengan Tuhan.

Kenali apa itu PKM

Barangkali bagi mahasiswa yang sudah memahami apa itu PKM dan bagimana skematikanya agar bisa menjadi peserta dalam PIMNAS tidaklah sulit untuk memahami langkah kedua ini. Tapi bagi yang awam artinya belum pernah membuat PKM samasekali tentulah sangat kebingungan. Ini wajar kawan!, tak usahlah risau dan kebingungan dulu.

Singkatnya begini, semua peserta PKM yang di danai oleh kementrian akan diseleksi kembali pada saat monitoring, dan setelah dinyatakan lolos dalam monitoring inilah kalian bisa menjadi peserta PIMNAS. Maka suatu kewajaran jikalau Kak Awan berulangkali menyampaikan untuk bisa lolos PIMNAS dan menjadi juara kenali dulu apa itu PKM.
Mengenali disini mulai dari mengenali sejarah, mekanisme penilainnya, peraturan yang diperbolehkan agar bisa mendaftar PKM sampai pada hal-hal yang dianggap penting lainnya.

Mencari Ide Kreatif

Langkah ketiga menurut Kak Awan adalah mencari ide yang kratif, ide kretaif itu muncul takala kita banyak membaca, sehingga memancing untuk berfikir, berimajenasi dan bertanya pada diri sendiri tentang masalah apa yang telah terjadi. Harapannya ide itu akan membuahkan suatu solusi bagi permasalahan di negri ini.

Baca: 5 Pengalaman Bisa Kamu Jadikan Tulisan

Misalnya saja untuk pengalaman, Kak Awan membagikan bagimana dia bisa Juara dalam PIMNAS. Beliau menggagas tentang PKM-M atau yang lebih dikenal dengan pengabdian masyarakat. Tepatnya untuk PKM Kak Awan adalah upaya melakukan pengajaran di pulau-pulau yang ada di Provinsi Lampung. Hal itu berangkat dari masalah bahwasanya banyak anak-anak yang berada di pulau masih dilihat tertinggal pendidikannya. Inilah ide kreatif tersebut.

Menuangkan Ide dalam Kosep Tulisan

Setelah ide diperoleh tak lupa ide tersebut haruslah dituliskan meskpun hanya sekedar coretan. Tanpa dituliskan dengan coretan ide sekreatif apapun akan hilang, apalagi untuk bisa lolos PKM dan didanai harus mengajukan dulu proposal yang berisi tulisan.

So, apabila kamu menginginkan lolos PKM haruslah belajar menulis, belajar menungkan ide dengan menulis proposal yang baik. Sekedar saran, banyaklah membaca jurnal atau PKM dari kakak tingkat. Sebab hapir semua mahasiswa mengikuti ajang kompetisi ini.

Mencari Rekan yang Joss.

Tahap selanjutnya agar bisa lolos PIMNAS adalah mencari teman yang joss, dimana teman ini nantinya mau berkomitmen menjalankan project PKM. Jangan mengajak temen yang hanya  mencari enaknya saja, mau prestasinya tapi tak mau berkontribusi. Temen seperti itu, tinggalkan!.

Membuat Proposal dan Pahami

Langkah membuat proposal bisa dilakukan setelah mencari temen yang sepaham dengan ide yang akan kita jalankan. Buatlah diskusi dulu dengan temen-temen yang akan menjadi tim kamu, siapa tahu dengan diskusi itu akan memunculan perbaikan-perbaikan prihal proposal.

Lakukan hal ini dengan sebaik mungkin, bilama perlu membuat proposalnya jangan terburu-buru, misalnya saja terlalu dekat dengan deadline sehingga membuat tulisan tidak bisa maksimal. Bilamana diperlukan mintalah koreksi kakak tingkat atau dosen yang akan menjadi pembimbingan. Setalah proposal dikerjakan dengan baik, baca berulang-ulang sampai kita benar-benar paham.

Lolos PKM Dikti dan Didanai (Kerjakan dengan Baik)

Propsal dikerjakan dengan maksimal, tulisan terus menerus diperbaiki agar ide tersalurkan sesuai harapan. Maka suatu kepastian jikalau PKM yang kamu ajukan akan didanai oleh pihak Kementrian. Setelah didanai itulah kerjakan project dengan baik.

Tak terlupakan untuk kerjakan dengan temen setim, sesuai dengan rencana, supaya nanti bisa berjalan dengan maksimal.

Yakinkan Pemonev

Bilama sudah didanai dan juga dikerjakan dengan amat sangat baik, maka langkah untuk bisa menjadi juara pada PIMNAS adalah meyakinkan diri pada pemonev, biasanya pemonev akan datang setelah project dilakukan selama sebuan atau dua bulan. Catat juga, bahwasanya pihak pemonev ini dari kementrian. Real tanpa ada nepostime samasekali.

Meyakinkan pemonev menurut Kak Awan bisa dilakukan dengan membawa produk, poster bahkan video, hingga ahirnya karena ada bukti nyata, apa yang kamu presentasikan terlihat lebih meyakinkan di mata pemonev.

Kenali Karakteristik PIMNAS

Mengenali karakteristik PIMNAS juga sangat diperlukan jikalau kamu ingin menjadi juara. Karakteristik disini adalah mengetaui lebih dalam tentang apasaja yang dilakukan sehingga bisa menjadi juara PIMNAS.

Sebenarnya banyak informasi yang bisa kalian dapat dalam karakteristik PIMNAS, mulai dari browsing di blog sampai menonton video di youtube. Ini akan memudahkan kamu untuk bisa memahami seputar PIMNAS.
Siapkan Mental dan Presentasi Terbaik

Kak Ari setiawan menjelaskan jikalau menyiapkan mental dan presentasi terbaik adalah salah satu kunci agar kita bisa juara PIMNAS. Cara ini memanglah benar adanya, sebab jikalau monev kita barada di level perguruan tinggi jikalau PIMNAS lawan lombanya adalah mahasiswa yang ada di seluruh Indonesia.

Mahasiswa-mahasiswa itu adalah mahasiswa pilihan maka tak khayal jikalau ingin menang menyiapkan mental dan cara presentasi terbaik. Hal ini misalanya saja dengan terus berlatih, meminta koreksi dari temen-temen, membuat power point dengan baik dan lain sebagainya.

Yakinkan Diri Pasti Menang

Langkah terahir cara agar bisa juara PIMNAS adalah meyakinkan diri bahwa kita bisa menang. Kak Awan mengatakan yakin saat PIMNAS menjadi juara adalah do’a terbaik asalakan semua skema dan aturan sudah dipersipakan maka kemenangan tinggal menunggu saja.

Dan tak lupa, Kak Awan juga berpesan apabila masih belum bisa menjadi juara dalam lomba paling berngesi bagi mahasiswa di Indonesia ini, jadikan pengalaman karena kalah dan menang urusan nomer sekian yang peting usaha kita sudah maksimal.

Ari Setiawan Bersama TIM PKM Dikti

Itulah seputar pembahasan tenang PKM Dikti . Terahir quote dari Kak Awan yang pernah saya catat adalah demikian “Jika indikator kesuksesan ku sebagai Mahasiswa hanya mengejar Kelulusan maka bagiku keliru besar”. So semangat kawan jadikan motivasi diri untuk bisa lebih berprestasi.

Baca Juga:

11 Cara Didanai PKM Dikti dan Menjadi Juara Pimnas, No 5 Penting
5 (100%) 1 vote

One thought on “11 Cara Didanai PKM Dikti dan Menjadi Juara Pimnas, No 5 Penting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *