Persyaratan SBMPTN 2017

Posted on

Persyaratan SBMPTN Pejuang Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi atau lebih dikenal dengan (SBMPTN) dibuka setiap tahunnya baik tahun 2016, 2017, bahkan kemungkinan nanti tahun 2018. Dan untuk saat inilah detik-detik bagi seluruh pelajar SMA/SMK/MA/Sederjat akan lulus dari SMA mempersiapakan diri untuk mengikuti SBMPTN 2017.

Sebagai gambaran umum untuk dapat mendaftar Program SBMPTN periode tahun 2017 ini sebenarnya bisa kalian lakukan secara online melalui website resmi SBMPTN yakni di sbmptn.ac.id. Meskipun begitu IndonesiaStudent akan memberikanbeberapa syarat dibawah ini supaya kalian yang ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi negeri lebih mantap saat mendaftar.

Persyaratan SBMPTN


Ada beberapa syarat penting yang harus kalian terlebih dahulu lakukan untuk mengikuti SBMPTN, persyaratan SBMPTN tersebut adalah sebagai berikut:

Dinyatakan Lulus Ujian Nasional

Syarat pertama atau yang utama lulus terlebih dahulu dari Ujian Nasional Tingkat SMA/MA/SMK sederajat. Bagaimana bisa ingin melanjutkan ke perguruan tinggi tetatp kalian belum lulus? Jadi bagi siapa saja saat ini yang sebentar lagi menghadapi ujian nasional tingkat SMA sederajat persiapkan diri kalian dengan matang agar cita-cita kalian ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi bisa tercapai.

Pesyaratan SBMPTN Kedua Adalah Lulusan 2015, dan 2016

Kemudian syarat yang harus kalian penuhi selanjutnya adalah calon peserta lulusan 2015 dan 2016 sudah harus memiliki  ijazah. Nah, bagimana jika baru lulus? Jika baru lulus tahun ini, maka calon Peserta SBMPTN harusmempunyai Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, yang isinya minimal memuat informasi jati diri dan foto terbaru kalian serta cap yang sah.

Persyaratan SBMPTN Lainnya adalah Sehat

Kalian harus sehat, ini pula menjadi syarat yang harus kalian penuhi agar tidak mengganggi proses di matapelajaran program studi yang kalian pilih. Jadi jaga kesehatan kalian agar semua berjalan lancar karena jiwa yang sehat memiliki akal yang sehat sehingga prestasipun dapat maksimal kalian proleh.

Persyaratan Lainnya Mendaftar SBMPTN

Selanjutnya adalah mendaftar SBMPTN, ini pun harus kalian lakukan jika tidak, bagaimana kalian akan mengikuti tes jika kalian saja tidak mendaftar. Lakukan pendaftaran tersebut di website resminya yakni http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Kemudian ikuti aturan mainnya sampai selesai.

Tentukan pilihan perguruan tinggi kalian dan jurusan yang akan kalian pilih, karena itu penting. Jangan sampai kalian meyesal karena pilihan kalian sehingga kalian menyianyiakan SBMPTN tahun ini. Banyak sekali yang berharap bisa lulus sbmptn tapi karena kurang beruntung mereka masih tertunda masuk perguruan tinggi yang mereka pilih. Jika bingung silahkan konsultasikan ke seseorang yang lebih paham.

Persyaratan selanjutnya persiapkan pasfoto terbaru kalian karena itu akan dibutuhkan saat pengisian borang formulir pendaftaran online, jadi sediakan dalam bentuk soft file yaa!.

Baca Juga: 6 Daftar Terlengkap Universitas Negri yang ada di Lampung

Isi formulir pendaftaran sesuaikan dengan ijaza, jika ijza belum keluar, kalian bisa meminta info jati diri kalian pada pihak sekolah kalian. Kenapa harus ribet seperti itu? Sebenernya tidak ribet, karena ini menyangkut keberlanjutan info jati diri kalian. Formulir tersebut akan masuk ke data perguruan tinggi yang kalian pilih jadi info tersebut harus sesuai agar tidak terjadi kesalahan yang berlanjut.

Selanjutnya ikuti alur SBMPTN yang tersedia di web resminya yaaa, pantengin terus info-infonya, serta terus mempersiapkan diri untuk menghadapi tesnya jangan lupa berdoa dan berusaha dengan maksimal. Siapkan mental, siapkan nyali, dan siapkan kartu peserta SBMPTN untuk menunjukan bahwa kalian sudah mendaftar dan siap bertarung menghadapi SBMPTN.

Demikianlah tadi beberapa persyaratan SBMPTN yang harus dipenuhi, meskipun masih terkesan abtrak atau belum jelas tapi persyaratan tersebut bisa dilakukan bagi para pelajar SMA/MA/SMK/Sederajaya yang ada di Indonesia setiap tahunnya, baik tahun 2017, 2018, 2019, atau bahkan tahun-tahun yang akan datang. Trimakasih.

Artikel Lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *