8 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli dan Teorinya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli dan Teorinya Lengkap

pengertian sosialisasi politik

indonesiastudents.com– Sosialisasi  sering terjadi dalam hidup kita, termasuk di dalam sosialisasi politik. Misalnya saja seseorang calon Anggota DPRD, DPR, Gubernur, atau Presiden melakukan kegiatan untuk memperkenalkan visi dan missinya sehingga hal tersebut membuat masyarakat mengenal atau memahami maksud dari calon tersebut ketika terpilih.

Baca: 4 Fungsi Partai Politik di Indonesia Beserta Penjelasannya

Proses penanaman dari calon anggota legistiatif atau eksekutif inilah pada tahap berikutnya disebut sosialisasi atau lebih dikenal dengan kampanye politik yang biasanya difasilitasi oleh partai politik. Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut dalam tulisan ini, indonesiastudents.com akan memaparkan tentang pengertian sosialisasi;

Pengertian Sosialisasi Politik


Sosialisasi politik adalah mekanisempengenalan terhadap pengetahuan tentang politik yang bisa dilakukan oleh tokoh politik, tenaga pendidik, pengamat, atau yang lainnya dengan tujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat.

Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli


Kenneth P. Langton

Pengertian sosialisasi politik adalah cara yang dilaukan oleh tokoh politik untuk memperkenalkan dirinya kepada masyarakat.

Gabriel  A. Almond

Sosialisasi politik ialah mekanisme yang dilakukan untuk menunjukan sikap politik dan pola tingkah laku sehingga hal tersebut dapat dijadikan pedoman atau patokan politik terhadap keyakinan politik yang dilakukan oleh tokoh-tokoh politik.

Richard E. Dawson

Sosialisasi  politik adalah suatu bentuk pewarisan pengetahuan ,yang berisi tentang nilai dan  pandangan politik dari orang tua, dosen, dan guru yang tujuannya sebagai sarana sosialisasi  peserta didiknya setelah ia beranjak dewasa.

Dennis Kavanagh

Sosialisasi politik adalah proses yang menggambarkan tentang sikap seseorang untuk menumbuhkan pengetahuan dan pandangannya tentang politik-politik yang ada.

Ramlan Surbakti

Arti sosialisasi politik adalah proses yang dilakukan untuk melakukan pembentukan sikap dan orientasi politik kepada setiap masyarakatnya.

Alfian

Sosialisasi Politik adalah usaha yang dilakukan secara sadar untuk mengubah dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sistem politik.

Adhitya

Definisi sosialisasi politik adalah suatu bentuk proses yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh sikap dan orientasinya kepada masyarakat, dalam pengerian ini ia menjelaskan bawhwa roses sosialisasi berjalan absolut dan berangsur-angsur dari masa kanak-kanak hingga dewasa.

Septiadi Abdilah

Pengertian sosialisasi politik pengetahuan dan penanaman mengenai sistem politik, yang dilakukan untuk memperkenalkan gejala politik yang ada.

Dari 8 penegretian sosialisasi politik menurut para ahli diatas dapat dikatakan jika sosialisasi politik dapat dilakukan oleh siapapun dengan jangka awaktu yang berangsur-angsur. Proses ini jika dilakukan oleh tokoh politik biasa dikenal dengan kampanye politik.

Sedangkan berdasarkan teori sosialisasi Looking-glass self yang dikemukankan oleh Charles H. Cooley sebagai berikut;

Teori Sosialisasi Politik


  1. Setiap diri seseorang merupakan produk sosial.

  2. Setiap deiri seseorang memantulkan (seperti cermin) apa yang dirasakan sebagai tanggapan masyarakat terhadapnya.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian sosialisasi politik menurut para ahli dan teorinya lengkap. Semoga dapat beramanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari referensi seputar “Sosialisasi Politik”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;