Pengertian Pencemaran Udara Menurut Para Ahli dan Komponennya [Lengkap]

Diposting pada

Pengertian Pencemaran Udara Menurut Para Ahli dan Komponennya


indonesiastudents.comPencemaran udara sangatlah sering kita dengarkan dalam suatu kajian atau mata pelajaran tertentu, pencemaran ini sendiri sejatinya dapatlah diberikan definisi sebagai adanya bahan- bahan atau zat-zat asing di dalam udara yang menyebabkan perubahan susunan (komposisi) udara dari keadaan normalnya.

Baca Juga: 7 Pengertian Pencemaran Lingkungan Menurut Para Ahli

Tentusaja kehadiran suatu bahan asingyang bersal dari dalam udara dalam  jumlah tertetu, baik besar ataupun dalam jumlah kecil akan meanggau kehidupan manusia.

Pengertian Pencamaran Udara Menurut Para Ahli


Wisnu Arya (1995)

Dalam definisinya, pencamaram udara ialah campuran dari berbagai macam gas yang tidaklah tetap sehingga gas-gas tersebut menggu kehidupan atau strerial udara. Dalam hal ini udara juga adalah atmosfir yang berada di sekeliling  bumi yang  fungsinya sangat penting bagi kehidupan. Dalam udara terdapat oksigen untuk  bernafas, karbondioksida untuk proses fotosintesis oleh khlorofil daun dan ozon untuk menahan sinar ultra violet.

Komposisi udara bersih dan kering yang dikemukakan oleh Wisnu Arya, kira-kira tersusun daru berbagai jenis gas-gas, yakni Nitrogen: 78,09% volume, Oksigen: 21,94%, Argon: 0,93%, Karbondioksida: 0,032%. Apabila susunan udara di atas mengalami perubahan baik besar ataupun kecil dari susunan keadaan normal yang telah ada, maka dapatlah dipastikan akan menggangu jejaring kehidupan di dalam bumi (Wisnu Arya, 1995:28).

Komponen Pencemar Udara


Udara di daerah perkotaan yang mempunyai banyak kegiatan industri dan teknologi serta lalu lintas yang padat, udaranya relatif sudah tidak bersih lagi. Udaranya kotor terkena macam-macam pencemar. Komponen yang paling berpengaruh dalam zat pencemar yaitu karbon monoksida, nitrogen oksida, belerang oksida, hidro karbon dan partikel. Komponen pencemar udara tersebut bisa mencemari udara sendiri-sendiri atau dapat mencemari udara secara bersamasama.

Jumlah komponen pencemar udara tergantung pada sumbernya, gambaran tersebut dapat dilihat data pencemaran udara di Amerika Serikat pada tahun 1968. Penyebab pencemaran udara, secara umum penyebab pencemaran udara ada 2 macam :

Faktor Internal atau Faktor Alamiah Pencemaran Udara

  • Debu yang bertebangan akibat tiupan angin.
  • Abu yang di keluarakan dari letusan gunung berapi berikut gas-gas vulkanik.
  • Proses pembusukkan sampah organik dan lain-lain.

Faktor Eksternal Pencemaran Udara

  • Hasil pembakaran bahan bakar fosil.
  • Debu atau serbuk dari kegiatan industri.
  • Pemakaian zat-zat kimia yang di semprotkan ke udara

Demikianlah tulisan mengenai Pengertian Pencemaran Udara Menurut Para Ahli dan Komponennya. Tulisan ini bersumber dari Buku Wisnu Arya (1995:28). Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Pencemaran Udara”. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;

  1. 14 Pengertian Negara Menurut Para Ahli Lengkap
  2. 39+ Pengertian Kota Menurut Para Ahli, Ciri dan Potensinya Lengkap
  3. 3 Unsur-Unsur Desa dan Penjelasannya Lengkap
  4. 5 Fungsi Desa Beserta Penjelasannya Lengkap