[Lengkap] Pengertian Perpustakaan Sekolah, Manfaat, Fungsi, dan Program Kerja

Diposting pada

Pengertian Perpustakaan Sekolah, Manfaat, Fungsi, dan Program Kerja

Pengertian Perpustakaan Sekolah, Manfaat, Fungsi, dan Program Kerja

indonesiastudents.com– Perpustakaan sekolah adalah satu satu unsur terpenting yang harus ada di dalam lembaga pendidikan, baik SD, SMP, SMA, sampai dengan tingkat Perguruan Tinggi selalu ada perpustakaan sekolah.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, setelah kita memberikan penjelasan pengertian perpustakaan menurut para ahli dan fungsinya, pada tulisan ini indonesiastudents.com akan menguraikan tentang pengertian perpustakaan sekolah, manfaat, fungsi, dan contoh program kerja yang dapat dilakukan dalam perpustakaan sekolah.

Pengertian Perpustakaan Sekolah


Perpustakaan sekolah adalah ruang atau bagunan yang dijadikan penunjang dalam lembaga pendidikan yang  terdapat di sekolah demi menunjang proses belajar dan mengajar. Perpustakaan sekolah ini pada umumnya harus menyediakan berbagai macam  atau bentuk koleksi   materi dalam dunia pendidikan.

Sedangkan pengertian perpustakaan sekolah menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

Pengertian Perpustakaan Sekolah Menurut Para Ahli


Sulistyo Basuki (1991)

Menurutnya, definisi perpustakaan sekolah adalah suatu bentuk perpustkaan yang terdapat pada sekolah dengan atau dikelola  sepenuhnya oleh sekolah, agar membantu pihak institusi sekolahan mencapai tujuan yang diinginkan.

Darmono  (2007)

Pengertian perpustakaan sekolah adalah sarana atau prasarana dalam lembaga pendidikan yang dipergunakan untuk menunjang kegiatan  belajar, sehingga dapat mencapai tujuan pihak-pihak sekolahan yang bersangkutan.

Mbulu (1992)

Perpustakaan sekolah adalah sistem pengajaran yang dibutuhan oleh para peserta didik dan tenaga pendidik dalam memperoleh berbagai kebutuhan mengenai materi ilmu pengatahuan yang diajarkan.

Dari 3 pengertian perpustakaan sekolah menurut para ahli, dapatlah dikatakan jikalau perpustakaan sekolah memiliki berbagai manfaat atau fungsinya. Diantaranya sebagai berikut;

Manfaat Perpustakaan Sekolah


  1. Perpustakaan sekolah dapat dipergunakan untuk menunjang para peserta didik dalam memperoleh materi belajar.

  2. Perpustakaan sekolah dapat mendorong para peserta didik di dalam menumbuhkan semangat membaca dan belajar.
  3. Perpustakaan sekolah dapat berperan sebagai upaya mewujudkan misi sekolah.
  4. Perpustakaan sekolah dapat mendorong para peserta didik untuk memperoleh materi pelajaran, baik materi tingkat regional, nasional, dan internasional.

Fungsi Perpustakaan Sekolah


  1. Perpustakaan sekolah memiliki fungsi sebagai pusat informasi dan pengetahuan

  2. Fungsi pendidikan dan pengajaran
  3. Fungsi Kebudyaan
  4. Fungsi Rekreasi atau Hiburan

Setelah kita menjelaskan tentang pengertian perpustakaan sekolah, manfaat perpustakaan sekolah, dan fungsi perpustakaan sekolah. Selanjutnya sebagai penegas sekalis penjelas akan diuraikan tentang contoh program kerja dalam perpustakaan sekolah.

Program Kerja Perpustakaan Sekolah


Program kerja yang dapat dilakukan dalam sekolahan, misalnya saja adalah tentang program kerja “ABC” (kegiatan belajar membaca untuk anak-anak di sekolah). Dengan adanya program ini diharapkan dapat mengurangi anak-anak untuk dapat lebih mudah membaca.

Selain itu, dengan adanya program ini akan meningkatkan manfaaat dari fasilitas perpustakaan sebab program kerja “ABC” sangat diperlukan untuk mengoptimalkan perpustakaan yang telah disediakan di desa sekolah.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian perpustakaan sekolah, manfaat, fungsi, dan program kerja. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Perpustakaan Sekolah”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 7+Karakteristik Anak SD (Sekolah Dasar) Menurut Para Ahli Lengkap
  2. 7 Kebutuhan Peserta Didik di Sekolah Lengkap
  3. Bimbingan Konseling di SD (Sekolah Dasar) Lengkap
  4. Strategi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Lengkap