8 Pengertian Perubahan Sosial dan Contoh Perubahan Sosial

Posted on

Pengertian Perubahan Sosial Perubahan sosial adalah salah satu materi wajib bagi seseorang yang mendalami ilmu sosial, khususnya disiplin ilmu sosiologi. Hakekatnya perubahan sosial ini tidak bisa dipisahkan dengan perubahan budaya.

Perubahan sosial yang terjadi dan berkembang di dalam masyarakat bisa merupakan kemajuan atau mungkin justru suatu kemunduran. Unsur- unsur masyarakat yang biasanya mengalami perubahan adalah mengenai nilai sosial, non sosial, pola perilaku organisasi, juga kemasyarakatan, stratifikasi sosial kebiasaan tanggung jawab kepemimpinan, dan sebagainya. Adapun lebih jelasanya untuk memahami perubahan sosial, para peminat disiplin ilmu sosiologi harus mengetahui terlebih dahulu defenisi atau pengertian perbuahan sosial.

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

  • Gillin & Gillin mengartikan bahwa perubahan sosial adalah suatu fariasi dari cara-cara hidup yang telah diterima oleh masyarakat dan disebabkan perubhannya oleh masyarakat. Baik karena perubahankondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun karena adanya difusi atau penemuan-penemuan sanitasi.
  • Samuel Koenig (mengatakan, bahwa perubahan sosial adalah sesuatu hal yang menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola kahidupan manusia.
  • Kingsley Davis mengartikan perubahan sosial adalah bentuk perubahan yang terjadi dalam struktur masyarakat dan fungsi masyarakat.
  • Roucek & Warren mengemukakan, bahwa perubahan sosial ialah perubahan dalam proses sosial di dalam struktur masyarakat.
  • Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi berpendapat, bahwa perubahan-perubahan sosial adalah segala perubahan-perubahan dalam lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk kelompok-kelompok yang ada dalam masyarakat.
  • Soedjono Dirdjosiswojo merumuskan definisi perubahan sosial sebagai perubahan fundamental  atau langgeng yang terjadi dalam struktur sosial masyarakt, sistem sosial masyarakat, dan organisasi sosial dalam masyarakat.
  • Robert M.I Lawang mengartikan bahwa perubahan sosial adalah suatu proses dalam sistem sosial.
  • Pelly dan Menanti mengatakan bahwa Perubahan sosial adalah proses yang wajar dan akan berlangsung terus-menerus.

Dari berbagai pengertian perbuhan sosial menurut para ahli di atas, dapat dimpulkan bawasanya perubahan sosial adalah bentuk perubahan yang berbeda dari masa sebelumnya. Terjadinya perbedaan ini dianggap sebagai suatu kewajaran hakekat masyakat bergerak dinamis bukan statis. oleh karena itulah untuk memahami perubahan sosial lebih lengkapnya pembaca indonesiastudent dapat memahmi contoh perubahan sosial berikut ini.

Contoh Perubahan Sosial

Contoh perubahan sosial yang dapat diutarakan untuk memahami pengertian perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada masyarakat pertanian tradisional ke arah masyarakat industri modern, perubahan ini ditandai sistem nilai  masyarakat industri. Dimana sistem nilai masyarakat Industri lebih banyak berorientasi kepada nilai-nilai rasional dan komersial ketimbang masyarakat pertanian tradisional.

Demikialah tulisan tentang pengertian perbuhan sosial dan contoh perubahan sosial. Semoga bermanfaat, baik untuk penulis dan pembaca umumnya.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *