Pengertian Pramuka Penggalang dan Kode Kehormatannya Lengkap

Posted on

Definisi/Arti/Pengertian Pramuka Penggalang dan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang

indonesiastudents.com– Pramuka penggalang ialah bagian daripada gerakan pramuka yang ditentukan berdasakan jenjang pendidikan dan usia. Pramuka penggalang hampir tersedia diseluruh institusi pendidikan di Indonesia. Pramuka penggalang ini memiliki batasan-batasan mengapa mereka tergolong sebagai pramuka penggalang. Berikut batasan-batasan penyebutan untuk pramuka penggalang.

Batasan-Batasan Pramuka Penggalang

  1. Pramuka penggalang penyebutan untuk seseorang anak yang berada di jenjang pendidikan SD/MI sampai di jenjang pendidikan SMP.
  2. Batas usia penyebutan pramuka penggalang antara lain berada di diatas 11 tahun sampai 15 tahun.

Adapun sebagai ulasan lebih lanjut, indonesiastudents.com akan memberikan ulasan mengenai pengertian pramuka penggalang dan kode kehormatannya. Defenisi atau arti pramuka penggalang tersebut antara lain sebagai berikut;

Baca: Pengertian Pramuka, Sejarah, Tujuan, Tugas, dan Fungsinya Lengkap

Pengertian Pramuka Penggalang


Pramuka Penggalang adalah tingkatan kelompok kedua dalam urutan gerakan pramuka di Indonesia. Pramuka penggelang dikhusunkan untuk pelajar yang berusia 11 sampai 15 tahun, maka semua gerakan pramuka yang berusia 11 tahun lebih disebut penggalang.

Kata penggalang sendiri diambil dari suatu peristiwa besar bangsa Indonesia. Peristiwa tersebut ialah “Sumpah Pemuda”. Penggalang diambil dari sari kata“Penggalangan pemuda” pada saat kongres pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Kode Kehormatan Pramuka Penggalang


Kode Kehormatan yang dimiliki oleh pramuka penggalang sejatinya sama dengan pramuka siaga, yaitu memakai Tri Satya dan Dasa Darma.

Perbedaannya disini jikalau Pramuka Penggalang memakai Tri Satya sedangkan Pramuka Siaga memakai istilah Dwi Satya.

Demikianlah ulasan mengenai  pengertian pramuka penggalang dan kode kehormatannya lengkap semoga ulasan ini dapat memberikan pemahamn bagi siapapun yang sedeng mencari referensi mengenai pramuka penggalang. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

Rate this post