9 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli dan Aspeknya

Diposting pada

Pengertian Sejarah Menurut Ahli Luar Negri

Sejarah pada dasarnya menjadi salah satu asek terpenting dalam kehidupan manusia, dimana semua manusia memiliki sejarahnya masing-masing dengan pengalaman yang beragam. Bahkan untuk tingkatan paling dasar pun manusia pasti memiliki sejarah.

Oleh karena itulah, dalam upaya memberikan penjelasan lengkap dalam artikel ini akan memaparkan tentang apa itu sejarah? dan bagaimana pengertian sejarah?.

Sejarah

Sejarah dalam berbagai bahasa memiliki istilah yang berbeda-beda, sebagimana dalam Bahasa Arab Sejarah sendiri sejatinya berasal dari kata syajaratun (Pohon ). Dalam Bahasa Yunani Istor “Orang Pandai “. Dalam Bahasa Jerman geschiclite yang artinya adalah sesuatu yang telah terjadi. Sehingga prihal inilah adanya sejarah dimaknai sebagai perubahan gejala alam bersifat kronologis.

Pengertian Sejarah

Sejarah adalah bagian daripad adanya peristiwa yang sudah terjadi pada masa lalu, sehingga akan berpengaruh terhadap sesuatu yang terjadi pada masa kini dan peristiwa saat ini akan menjadi acuan bagi peristiwa yang akan datang.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Adapun definisi sejarah menurut para ahli, antara lain;

  1. Aristoteles

Sebagai tokoh yang terkemuka, Aristoteles menjelaskan bahwa pengertian sejarah adalah satu sistem yang meneliti kejadian-kejadian yang sejak awal dalam bentuk kronologi. Sejarah dikatakan sejarah Aristoteles menegaskan haruslah memiliki catatan yang konkret dan tidak berubah-ubah sesuai dengan perkembangan zaman.

  1. V. Bryce

Pengertian Sejarah menurut ahli ini adalah suatu bentuk catatan-catatan yang dibuat dari segala sesuatu yang telah dikatakan, dipikirkan, dan juga telah diperbuat oleh manusia.

  1. Herodotus

Dalam pandangannya pengertian sejarah adalah kajian untuk menceritakan peradaban seorang tokoh dari perkembangan zaman yang telah berlalu atau terjadi.

  1. Benedetto Croce

Dalam bahasannya pengertian sejarah adalah rekaman kreasi jiwa yang lahir dari hati setiap manusia dalam mengabadikan aspek-aspek di dalam kehidupan manusia.

  1. Ibnu Khaldun

Pengertian Sejarah menurut Ibnu Khaldun, sebagai tokoh Islam yang namanya terkenang sampai saat ini adalah catatan sistematis yang menceritakan tumat manusia dari peradaban dunia yang sesuai dengan watak yang ada dalam pemikirannya.

  1. KBBI

Sejarah adalah makna yang didapatkan dari adanya silsilah, asal-usul (keturunan), atau kejadian yang terjadi pada
masa lampau.

  1. I Gede Widja (1989)

Sejarah adalah bagian daripada objek studi yang telah dialami manusia diwaktu lampau dan telah meninggalkan jejak diwaktu sekarang, di mana tekanan perhatian diletakkan, terutama dalam pada aspek peristiwa sendiri.

  1. Sartono Kartodirdjo (1982)

Sejarah adalah gambaran tentang masa lalu manusia dan sekitarnya sebagai bagian daripada adanya makhluk sosial yang disusun secara ilmiah dan lengkap dengan meliputi bagian urutan fakta masa dengan adanya serangkaian tafsiran dan penjelasan yang memberikan pengertian pemahaman tentang apa yang telah berlalu.

  1. Gazalba (1981)

Sejarah adalah bagian daripada gambaran tentang masa lalu yang berkaitan dengan  manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial yang disusun secara ilmiah dan lengkap, meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan, yang memberi pengertian tentang apa yang telah berlalu.

Bentuk Aspek dari Ilmu Sejarah.

Dari bahasan pengertian, banyak timbul pertanyaan bagimana untuk aspek-aspek dari sejarah. Berikut aspek sejarah;

  1. Sejarah sebagai peristiwa, artinya sejarah sebagai usaha untuk, mengungkap masyarakat pada
  2. Sejarah sebagai Ilmu, asepek ini menjelaskan bahwa sejarah adalah pembelajaran tentang proses dalam kehidupan manusia yang selalu disampaikan secara sistematis dengan Kajian Ilmiah.
  3. Sejarah sebagai Seni, artinya sejarah sebagai bayangan yang mampu menjelaskan tentang kehidupan di zaman sekarang.
  4. Sejarah sebagai Kisah, artinya sejarah dijelaskan sebagai kisah yang didasari pada kajian metode analisis dengan pendekatan-pendekatan tertentu.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian sejarah menurut para ahli luar negari dan dalam negeri beserta dengan dan aspek yang ada dalam ilmu sejarah. Semoga dengan adanya pengertian ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan pembaca dalam memahami “Sejarah”.

5/5 - (1 vote)