10 Pengertian Sikap Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Sikap– Manusia bisa dikatakan sebagai makhluk yang relatif sangat unik dibadingkan dengan mahluk lain, karena manusia sendiri memiliki perbedaan dengan manusia lainnya. Termasuk dalam perbedaan sikap atau attitude yang sampai saat ini, sikap tersebut menjadi konsep paling penting dalam membedakan manusia satu dengan yang lainnya.

Sebenarnya telah banyak ditemukan kajian yang mengenai pengertian sikap, proses terbentuknya sikap, maupun perubahan sikap. Banyak pula penelitian telah dilakukan para ahli dalam mengemukakan pengertian sikap bahkan para ahli tersebut akhirnya mendefenisikan berbeda-beda.

Baca: 6 Pengertian Keluarga dan Fungsi-Fungsinya

Oleh karena itulah karena ada perbedaan dalam pengertian sikap, pada artikel ini indonesiastudents.com akan mencoba mengulas lebih dalam mengenai pengertian sikap menurut para ahli. Alasan menuliskan pengertian sikap menurut para ahli karena kami melihat bahwa pengertian ahli satu dengan ahli lainnya cukup beragam sehingga penting bagi kami untuk mengulas satu persatu pengertian sikap tersebut.

Pengertian Sikap Menurut Para Ahi


Berikut ini akan ditulisakan pengertian sikap menurut banyak ahli yang bersal dari berbagai disipilin ilmu yang berbeda, baik ilmu psikolagi ataupun sosiologi.

Sarnoff
Memberikan pengertian bahwa sikap adalah kesediaan seseorang untuk dapat bereaksi secara positif atau beraksi secara negatif terhadap berbagai objek tertentu.

Krech dan R.S Crutchfield
Memberikan pengertian sikap sebagai suatu bentuk organisasi yang bersifat menetap dari berbagai bentuk proses motivasional , emosional, perseptual, dan kognitif. Sehingga dapat dikatkan bahwa sikap ini menjadi aspek individu.

La Pierre
Memberikan pengertian bahwa sikap adalah pola perilaku , tendensi atau kesiapan antisipatif, predisposisi seseorang untuk dapat menyesuaikan diri dalam berbagai situasi sosial.

Soetarno
Memberikan pengertian bahwa sikap adalah berbagai bentuk pandangan ataupun perasaan yang memiliki kecenderungan dalam bertindak terhadap suatu obyek tertentu.

Menunit G.W Alport
Memberikan pengertian bahwa sikap adalah kesiapan seseorang untuk bertindak terhadap keadaan tertentu.

Tri Rusmi Widayatun
Memberikan pengertian  sikap adalah suatu keadaan mental dan syaraf dari kesiapan individu, yang dilakukan melalui pengalaman sehingga dapat memberikan pengaruh dinamik atau terarah terhadap obyek dan situasi yang berkaitan dengan keadaanya.

Howard dan Kendler
Memberikan pengertian bahwa sikap merupakan suatu kecenderungan untuk mendekat atau menghindar, posotitif atau negative terhadap berbagai keadaan sosial, apakah itu institusi, pribadi, situasi, ide, konsep dan lain sebagainya.

Notoadmojo
Memberikan pengertian bahwa sikap adalah reaksi atau respon individu yang bersifat rahasia (tertutup) pada suatu objek tertentu.

Trustone
Sebagai hali psikologi beliau memberikan pengertian bahwa sikap adalah tindakan positif atau negative terhadap objek psikologis.

Jalaluddin Rakhmat
Memberikan pengertian sikap sebagai kecenderungan individu untuk bertindak, berpersepsi, berpikir, dan merasa disaat menghadapi objek, ide, situasi, atau nilai.

Dari 10 pengertian sikap menurut para ahli diatas dapat simpulkan bahwa sikap adalah suatu keadaan inividu yang menggerakkannya untuk dapat bertindak atau berbuat posif dan negatif, dalam kegiatan sosial sebagai upaya menanggapi suatu situasi di lingkungan sekitarnya.

Demikialah untuk ulasan atas pengertian sikap menurut para ahli yang disertakan pula dengan kesimpulannya. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi segenap pembaca semuanya. Trimakasih. Baca Juga Artikel Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *