10 Pengertian Sosialisasi Terlengkap

Posted on

Pengertian Sosialisasi Istilah sosialisasi barangkali sudah tidak asing lagi bagi kita, karena sosialisasi ini dilakukan secara terus menerus antara manusia satu dengan lainnya. Sosialisasi begitu penting bagi manusia, alasannya karena sosialisasi akan membuat manusia sadar bahwa ia tergolong sebagai mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri.

Meskipun begitu tak jarang banyak diantara kita yang kurang memahami pengertian sosialisasi, oleh karena itu pada artikel ini kita akan mengulas tentang defenisi sosialisasi atau pengertian sosialisasi menurut para ahli.

Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

Pengertian sosialisasi menurut para ahli disini ada banyak sekali, tetapi umumnya mereka yang mengartikan istila sosialisasi adalah para hali yang berasal dari disiplin ilmu sosiologi.

Bruce J. Cohen
Mengartikan Sosialisasi sebagai suatu proses manusia dalam mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakatnya untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitas, baik sebagai individu maupun masyarakat.

David Gaslin
Memberi pengertian sosialisasi sebagai sebuah proses belajar yang dialami seseorag untuk memperoleh pegetahuan tentang nilai-nilai dan norma-norma, agar ia dapat berpartisipasi sebagai anggota kelompok masyarakat.

Paul B. Horton
Mengartikan bahwa sosialisasi adalah suatu proses dengan mana seseorang menghayati norma kelompoknya.

Peter Berger
Mengartikan Sosialisasi sebagai proses belajar seorang anak untuk menjadi anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat.

Soerjono Soekanto
Salah satu ahli sosiologi dari Indonesia ini mengartikan bahwa sosialisasi merupakan proses mengkomunikasikan kebudayaan kepada warga masyarakat yang baru.

Wright
Pengertian sosialisasi menurut wright ini adalah suatu proses manusia dalam mempelajari nilai dan kebudayaan di masyarakatnya, sehingga dengan sosialisasi seseorang dapat memahami orang lain.

Giddens
Pengertian sosialisasi menurut Giddens adalah proses yang terjadi pada manusia sejak ia dilahirkan hingga menjadi dewasa, bahkan dengan sosialisasi menjadikan seseorang terampil serta berpengetahuan luas.

Robert M.Z. Lawang
Pengertian sosialisasi menurut Robert M.Z. Lawang adalah proses manusia dalam mempelajari norma sosial. Tujuannya mempelajaro norma sosial agar seseorang dapat melibatkan dirinya dalam kehidupan bermasyarakat.

Irvin L. Child
Pengertian sosialisasi Irvin L. Child adalah seluruh proses manusia untuk mengembangkan potensi di dalam tingkah laku seseorang agar prilakunya dianggap sesuai dalam norma kelompok

Koentjaraningrat
Salah satu ahli soiologi dari Indonesia ini memberi pengertian sosialisasi sebagai proses
yang dialami oleh seseorang sejak dari bayi hingga dewasa dan dapat menyesuaikan dirinya dalam kehiduapan masyarakat.

Dari berbagai defenisi yang telah disebutkan dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian sosialisasi menurut para ahli adalah sebuah proses belajar yang dialami seseorang untuk memperoleh pengetahuan tentang nilai dan norma-norma, agar seseorang tersebut mampu  berpartisipasi sebagai anggota kelompok masyarakat. Penjelasan lebih lanjut dalam proses sosialisasi akan mencangkup belajar (learning), penyesuaian diri dengan lingkungannya, dan pengalaman moral.
Demikialah yang dapat dibagikan tentang pengertian sosialisasi menurut para ahli, adapun sumber yang didapatkan dalam tulisan ini dari berbagai buku dan media internet. Semoga bermanfaat, bagi para pencari pengertian sosialisasi.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *