5 Pengertian Upacara Adat Menurut Para Ahli dan 6 Contohnya

Diposting pada

 

Pengertian Upacara Adat Menurut Para Ahli dan Contohnya

Upacara adat sangatlah sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya, baik dari Pulau Sabang sampai Meroke. Dimana, hampir setiap daerah melakukan upacara adat sebagai bagian dari adat istiadat, yang harus dihormati dan dihargai sejarahnya.

Namun yang pasti, adanya upacara adat biasanya dilakukan berdasarkan waktu-waktu tertentu, tidaklah dilakukan setiap waktu. Meskipun begitu sampai saat ini ditengah arus globalisasi yang tinggi upacara adat masih menarik perhatian untuk dibahas lebih mendalam.

Upacara Adat

Upacara adat adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat secara bersifat rutin, dimana dalam prosesnya tahapan melakukan upacara adat  tersebut memiliki tingkat kepercayaan dan arti yang bagi masyarakat daerah.

Pengertian Upacara Adat Menurut Para Ahli

Adapun definisi upacara adat menurut para ahli, diantaranya;

  1. Koentjaraningat (1992)

Menurut ahli sosiologi dan antropologi di Indonesia ini, mengatakan jika pengertian upacara adat adalah suatu bentuk acara yang dilakukan dengan bersistem dengan dihadiiri secara penuh masyarakat, sehingga dinilai dapat membuat masyarakat merasa adanya kebangkitan dalam diri mereka.

  1. Abdurrauf Tarimana, (1993)

Pengertian upacara adat adalah asas-asas yang mengakibatkan adanya hubungan timbal-balik yang tampak nyata dalam masyarakat, meskipun ia menambahkan bahwa dalam upacara dat ada istilah “tolak bala” antra manusia Dewa, Tuhan, atapun mahluk halus lainnya.

  1. Subur Budhisantoso, (1948)

Menurutnya, ada berbagai fungsi yang terdapat dalam upacara adat diantarnya adanya penciptaan pengendalian sosial, norma sosial, penanaman adanya nilai sosial, dan dipergunakan sebagai media sosial.

  1. Clifford Geerts dalam Sitti Masnah Hambalai (2004)

Definisi upacara adat adalah sistem sosial yang dilakukan secara individu dan kelompok yang bisa saja berupa simbul yng dilakukan untuk pengintegrasian adanya penerapan etos dan juga pandangan hidup yang ada.

  1. Suwandi Notosudirjo, (1990)

Menurutnya, arti upacara adat adalah terjadinya bagian upacara yang dilakukan secara bersistem yang akhinya mampu untuk bisa mendorong kehidupan sosial bermasyarakat yang ada dilingkungan sosialnya.

Contoh Upacara Adat

Adapun untuk contoh adanya upacara adat, antara lain;

  1. Sereng Taun

Artinya yaitu Sukuran hasil panen yang dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur dari petani yang dipimpin oleh ketua adat. Berbagai macam tanaman pangan yang bermanfaat bagi manusia, ketika akan mengambilnya kita harus meminta izin kepada yang punya. Kegiatan ini dilakukan setelah semua warga mendapatkan hasil panennya.

Ritual yang dilakukan yaitu penyembelihan kerbau yang dagingnya dimasak dan dijadikan untuk selametan.

  1. Sedekah Rowahan tanggal 12 Bulan Syaban

Upacara atau ritual ini dilakukan sebagai wujud bakti kepada Nabi Adam karena menjadi induk semua manusia.

  1. Sedekah Bumi ritual

Upacara adat ini dilakukan sebelum menanam padi. Semua warga makan bersama di teras rumah adat, sebelum makan bersama-sama warga memanjatkan doa agar ketika selama menanam padi selamat dari hama dan tanpa kendala.

  1. Muludan memperingati maulid Nabi Muhammad SAW (12 Rabiul Awal)

Biasanya dalam acara tersebut dihidangkan makanan-makanan khas daerah dan olahan lauk pauk yang akan dibagikan kepada warga setelah di doakan.

  1. Sedekah Pongokan

Cara upacara adat ini dilakukan dalam memperingati 1 Muharram, biasanya pada saat acara tersebut masyarakat melakukan doa bersama dan disajikan kue – kue kecil.

  1. Ngaben

Contoh upcara adat ini berasal dari bali, dinama ngaben adalah upcara adat dalam pemakaman mayat, oleh masyarakat Bali.

Kesimpulan

Dari penjelasan, dapatlah dismpulkan jika upcara adat ialah bagian adat istiadat yang dianggap budaya yang mampu dinilai sebagai bentuk pengendalian secara sosial oleh masyarakat. Selain itu juga, sampai saat ini banyak contoh yang sering kita temuka dalam upacara adat di Indonesia, diantara contoh upacara adat diberbagai daerah tersebut adalah sebagai berikut;

Demikianlah ulasan mengenai pengertian upacara adat menurut para ahli dan contohnya lengkap. Meskipun ada juga masyarakat yang mengenal beberapa kesenian tradisional, diantaranya Dangdut, Wayang Golek, Jaipong yang biasanya kesenian tersebut dipertunjukkan pada saat hajatan perkawinan atau pada saat upacara adat.

3/5 - (1 vote)