Pengertian Sikap Positif Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Sikap Positif– Barangkali dalam kehidupan sehari-hari seringkali respon atau tindakan seseorang terhadap masalah tertentu menimbulkan dua sikap. Yakni, sikap postif dan sikap negatif. Kedua sikap ini saling berkaitan satu sama lain meskipun memiliki dampak yang berbeda. Misalnya saja ketika seseorang bersikap postif maka lingkungannya akan merasa senang, dan keadaan berbeda jika tindakan seseorang berifat negatif, umumnya lingkungan merasa tidak senang.

Baca: 10 Pengertian Sikap Menurut Para Ahli

Meskipun begitu untuk pembahasan kali ini indonesiastudents.com akan mencoba menjelaskan apa yang dimaksud dengan sikap postitif atau pengertian sikap postif. Berikut pengertian sikap positif.

Pengertian Sikap Postif


Sikap postif dapat diartikan sebagai perilaku seseorang yang dianggap sesuai dengan nilai dan norma di dalam kehidupan bermasyarakat. Sikap sikap positif ini dapat tercermin dari tindakan disiplin, bekerja keras, ulet, jujur, rela berkorban, hemat, dan lain sebaginya.

Adapun untuk pengertian lebih lanjut tentang sikap postif dalam artikel ini juga akan dibahas mengenai pengertian sikap postif menurut para ahli. Berikut pengertian sikap postif menurut para ahli

Pengertian Sikap Postif Menurut Para Ahli


Elwood N. Chapman
Memberikan pengertian bahwa sikap postif adalah isyarat tindakan yang dilakukan seseorang secara postif dalam bereaksi terhadap keadaan yang dialami.

Virsa Sinaga
Memberikan pengertian bahwa sikap postof adalah sikap yang mengikuti norma-norma yang berlaku di dalam bermasyarakat.

Heri Purwanto
Memberikan pengertian bahwa sikap postif adalah suatu kecenderungan tindakan seseorang dalam mendekati, menyenangi, mengharapkan obyek-objek tertentu.

Robbins, Stephen P
Memberikan pengertian bahwa sikap postif adalah kecenderungan tindakan seseorang dalam mendekati, menyenangi, mengharapkan obyek tertentu secara postif.

Dari pengertian sikap postif diatas dapat dikatakan bahwa sikap potif ini sangalah dianjurkan bagi siapapun dalam bertindak, karena dengan bersikap positif kita dalam memberikan kenyaman kepada lingkungan sekitar. Bahkan berbagai agama, misalnya Agama Islam sangat menganjurkan kepada pengikutinya untuk berfikir postif (husnudzon) oleh karena itulah sikap postif pada dasarnya lebih baik daripada bersikap negatif.

Demikialah untuk pengertian sikap postif atau defenisi sikap positif yang disertakan pula dengan pengertian sikap positif menurut para ahli, semoga dengan adanya ulasan atas penjelasan ini dapat memberikan gambaran atau pengetahuan bagi pembaca sekalian. Trimakasih

Baca Juga Artikel Lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *