6 Pengertian Sumber Belajar Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Sumber Belajar– Istilah sumber belajar dapat dikatakan sebagai sesuatu yang ada dalam kegiatan belajar mengajar antara pendidik dan yang dididik (murid). Pendidik sebagai subjek dan murid sebagai objek. Sumber belajar sanglah memiliki peran penting, karena sumber belajar yang baik tentunya akan menjadikan murid lebih paham dengan materi yang disampaikan.

Sumber belajar dalam Bahasa Inggis learning resources memilki peran yang sangat vital karena akan mempengaruhi ouput pendidikan yang disampaikan. Adapun untuk lebih lanjut artikel indonesiastudents.com kali ini akan mencoba memberika pengertian sumber belajar.

Pengertian Sumber Belajar


Sumber belajar dapat diartikan sebagai semua sumber pembelajaran yang disampaikan tenaga pendidik, baik berupa data, orang, dan wujud tertentu yang sehingga mempermudah murid dalam mencapai pengetahuan yang telah diutarakan.

Agar mempertegas pengertian tersebut berikut akan dituliskan pula defenisi sumber belajar atau pengertian sumber belajar menurut para ahli.

Pengertian Sumber Belajar Menurut Para Ahli


Para ahli memberikan pengertian sumber belajar yang berbeda-beda, akan tetapi pada hakekatnya masih satu pemahaman. Berikut ini pengertian sumber belajar menurut ahli:

Sudrajat
Memberikan pengertian bahwa semua belajar adalah segala sesuatu baik secara terpisah maupun secara terkombinasi dalam bentuk data, ilustrasi, ataupun orang sehingga mempermudah proses pendidikan yang mencapai tujuan belajar.

Agus Shodikin
Memberikan pengertian bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang tersedia di sekitar lingkungan belajar yang digunakan dan juga berfungsi untuk membantu optimalisasi hasil belajar yang ingin didapatkan.

Fatah Syukur NC
Memberikan pemahaman bahwa sumber belajar adalah segala apa  (daya,  lingkungan dan pengalaman)  yang  dapat  digunakan  pendidikan untuk mendukung  proses  pengajaran  yang efektif  dan efisien sehingga dapat memudahkan  pencapaian.

Fred Percival dan Henry Ellington
Memberikan pengertian sumber belajar adalah situasi belajar yang sengaja diciptakan pendidik agar siswa dapat belajar dengan mudah.

Cece  Wijaya  dan  A.Thabrani  Rusyah
Memberikan pengertian bahwa sumber belajar adalah lingkungan yang  dimanfaatkan   oleh  lembaga pendidikan sebagai   sumber   pengetahuan.

Ahmad Rohani dan Abu Ahmadi
Memberikan pengertian bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang dipergunakan untuk kepentingan proses pengajaran baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga dapat menjadi pelengkap pengajaran berlangsung.

Nana  Sudjana   dan  Ahmad  Rivai
Memberikan penegrtian bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar yang efektif dan kreatif.

Dari 7 Pengertian sumber belajar menurut para ahli diatas dapat dikatakan bahwa sumber belajar berasal diluar materi belajar yang dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran sehingga peserta didik dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru (tenaga pendidikan). Baca: Pengertian Keterampilan Pendidikan Menurut Ahli

Setelah kita memahami pengertian sumber belajar dalam artikel ini juga akan mengulas apa saja macam-macam sumber belajar. Adapun macam-macam sumber belajar secara garis besarnya adalah sebagai berikut:

Macam-Macam Sumber Belajar

Macam-macam sumber belajar dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Sumber belajar yang dirancang yaitu sumber belajar yang dikembangkan secara khusus sebagai komponen sistem instruksional untuk kemudian memberikan fasilitas belajar yang terarah dan formal.
  2. Sumber belajar yang dimanfaatkan yaitu sumber belajar yang tidak didesain khusus untuk pendidikan akan tetapi keberadaannya dapat ditemukan, diterapkan, dan dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran yang lebih efesien.

Demikialah penjelasan atas pengertian sumber belajar menurut para ahli beserta dengan macam-macam sumber belajar, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam upaya penyampaian meteri yang lebih efektif. Trimakasih, baca juga artikel lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *