4 Pengertian Penelitian Pengembangan Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Penelitian Pengembangan– Penelitian pengembangan menjadi salah satu jenis penelitian, yang prioritas utamanya penelitian ini adalah suatu pengembangan dan validasi produk-produk tertentu.  Penelitian pengembangan dalam Bahasa Inggris dikenal dengan research and development yang kemudian disingkat menjadi R&D.

Baca: Pengertian Metode Pembelajaran dan Jenisnya

Penelitian pengembangan sampai saat ini telah banyak sekali dilakukan, terutama dilakukan untuk penelitian dalam dunia pendidikan atau ranah pendidikan. Adapun secara sederhananya penelitian pengembangan ini diartikan sebagai berikut:

Pengertian Penelitian Pengembangan


Pengertian penelitian pengembangan adalah serangkaian proses penelitian yang diharapakan dapat menghasilkan suatu produk pembelajaran yang lebih baik, melalui mekanisme atau tahapan-tahapan agar sesuai sesuai dengan model pendidikan yang diharapakan.

Adapun untuk lebih lanjut mengenai pengertian penelitian pengembangan dalam artikel ini juga akan diulas lebih mendalam, defenisi penelitian pengembangan menurut para ahli. Tujuannya agar dapat memberikan pemahaman lebih.

Pengertian Penelitian Pengembangan Menurut Para Ahli


Para ilmuan ahli banyak yang telah mengemukaan pengertian penelitian pengembangan, adapun ahli-ahli tersebut antara lain ialah sebagai berikut:

Setyosari (2010)
Memberikan pengertian bahwa penelitian pengembangan adalah proses yang dipakai untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan yang sudah ada.

Badarudin (2011)
Memberikan pengertian bahwa penelitian pengembangan adalah serangkaian proses yang dilakukan peneliti untuk dapat menghasilkan perangkat pembelajaran melalui tahapan-tahapan teori pengembangan yang sudah ada.

Borg dan Gall dalam Wahyudi (2011)
Memberikan pengertian penelitian pengembangan adalah proses penelitian yang digunakan untuk mengembangkan dan mengesahkan produk bidang pendidikan yang lebih baik dari sebelumnya.

Nana Syaodih Sukmadinata (2008)
Memberikan pengertian bahwa penelitian pengembangan adalah model penelitian yang berbasis    industri, sehingga temuannya dapat dipakai untuk mendesain  produk yang dinilai lebih efektifdan berkualitas.

Dari 4 defenisi tentang pengertian penelitian pengembangan menurut para ahli di atas dapat dikatakan bahwa penelitian pengembangan dilakukan bukan untuk mengawati hal yang baru tapi untuk mendesain penelitian yang ada, atau menyempurnakan penelitian yang telah dilakukan. Dengan demikian penelitian pengembangan dapat memperbaiki kesalahan atau meminimalisir kesalahan yang terjadi.

Setalah kita memberikan pengertian menganai penelitian pengembangan dalam tulisan ini juga akan diberikan contoh penelitian pengembangan yang diharapkan dapat memberikan wawasan ataupun pengetahuan awal bagi siapapun yang akan melakukan penelitian pengembangan.

Contoh Penelitian Pengembangan


Peraga Fenomena Kelistrikan Akibat Perbedaan Temperatur Pasangan Kawat Tembaga Dan Seng

Demikianlah ulsaan mengenai pengertian penelitian pengembangan dan juga disertakan pengertian penelitian pengembangan menurut para ahli, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuanmu. Trimakasih. Baca Juga Artikel Lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *