4+ Pengertian UMKM Menurut Para Ahli dan Penghambat UMKM Lengkap

Diposting pada

Pengertian UMKM Menurut Para Ahli dan Penghambat UMKM Lengkap

pengertian UMKM Menurut Para Ahli

indonesiastudents.comUMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) mempunyai peranan yang bisa dibilang strategis dalam pembangunan ekonomi secara nasional, hal ini karena selain berperan mendorong pertumbuhan ekonomi dan juga penyerapan tenaga kerja, keberadaan UMKM ditengah-tengah masyarakat juga memberikan peran terhadap pendistribusian segala bentuk pembangunan.

Sebagai penjelasan lebih lanjut mengenai UMKM, berikut indonesiastudents.com akan memberikan beberapa pengertian UMKM secara umum yang dikemukakan oleh para ahli;

Pengertian UMKM Menurut Para Ahli


Undang Undang Nomor 20 Thn 2008

Pengertian usaha mikro adalah suatu usaha yang dinilai produktif yang mana usaha tersebut dimiliki perorangan (inidvidu) atau badan usaha dari perorangan.

Depnaker (Departemen Tenaga Kerja)

Usaha mikro atau usaha kecil adalah suatu bentuk usaha yang memiliki dari dari 5 tenaga kerja

Akifa P. Nayla (2014)

UMKM adalah jenis   usaha   yang didirikan secara pribdi dan memiliki jumlah kekayaannya sebanyak 200 Jt, jumlah tersebut belum termasuk tanah atau bangunan.

Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998

Dalam keputusan Presiden, pengertian Usaha Kecil adalah usaha dengan landasan perekonomian kerakyatan yang berskala sehingga perlu adanya upaya perlindungan untuk mencegah segala bentuk persaingan yang tidak sehat.

Wikipedia

Definisi UMKM adalah jenis usaha kecil (mikro) yang memiliki jumlah kekayaan murni 200 Jt, kakayaan murni yang dimaksudkan karena kekayaan tersebut belum termasuk bangunan dan tempat usaha.

Dari 4 pengertian UMKM menurut para ahli diatas, dapatlah diketakan jika UMKM adalah usaha yang relatif dinilai kecil sehingga usaha ini dikenal dengan usaha untuk mengembangkan perekonomian kerakyatan yang notabene banyak dilakuka oleh masyarakat.

Sedangkan berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan para ahi, ada faktor yang menghambat perkembangan UMKM, yaitu :

Faktor Penghambat UMKM


  1. Lemahnya Produk UMKM terhadap akses pasar

  2. PPn pertanian dan perkebunan
  3. Tarif import barang baku dan penolong yang mahal
  4. Disharmonisasi tarif import
  5. Kurangnya instensif investasi

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian UMKM menurut para ahli dan penghambat UMKM lengkap. Semoga dengan adanya pembahasan tentang “UMKM” dapat memberikan pengetahuan sekaligus wawasan kepada setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “UMKM”. Trimakasih, jangan lupa baca juga Pengertian UMKM Secara Umum, Kriteria UMKM, Klarifikasi UMKM, dan Contohnya