10 Pengertian Jurnalistik Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Jurnalistik Menurut Para Ahli

Jurnalistik sudah tidak lagi mterdengar bagi masyarakat Indonesia. Karena pada saat ini media masa, seperti halnya dengan radio, media online, televisi, surat kabar, dan majalah-majalah seringkali memuat istilah jurnalistik. Hal ini sangatlah wajar, lantaran sampai saat ini setiap media adalah sarana untuk menampilkan dan menyebarkan hasil-hasil jurnalistik.

Meskipun begitu tak jarang diantara masyarakat Indonesia kurang mengetahui defenisi jurnalitik atau pengertian jurnalistik. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini akan menjabarkan berbagai hal mengenai pengertian jurnalistik sebagaimana yang dikemukakan oleh oara ahli.

Jurnalitik

Jurnalistik secara sederhananya dapat diartikan sebagai suatu hal yang mencangkup kewartaan, persuratkabaran, dan tulis menulis. Sedangkan jika ditelisik secara bahasa, arti jurnalitik adalah catatan atau berita harian yang bisa disebarkan secara online maupun secara cetak.

Pengertian Jurnalitik Menurut Para Ahli

Ada beberapa definisi jurnalistik menurut para ahli, antara lain;

  1. Fraser Bond

Memberikan pengertian bahwa jurnalitik adalah segala bentuk kegiatan dalam pembuatan berita sehingga berita tersebut sampai pada kelompok pemerhati atau pembaca.

  1. Roland E. Wolseley

Memberikan pengertian bahwa jurnalitik adalah kegiatan pengumpulan, penulisan, penafsiran, pemrosesan, dan penyebaran informasi kepada khalayak umum. Sehingga informasi yang ditulis secara sistematik tersebut dapat dipercaya untuk diterbitkan pada SK, majalah, atau disiarkan stasiun siaran.

  1. Adinegoro

Memberikan pengertian bahwa jurnalistik adalah kepandaian untuk mengarang yang tak lepas dalam memberikan pekabaran pada masyarakat umumsecapat-cepatnya.

  1. Drs. A.S. Haris Sumadiria, M.Si,

Memberikan pengertian bahwa jurnalitik adalah kegiatan seseorang dalam menyiapkan, mencari, mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan menyebarkan berita yang dilakukan secara berkala kepada masyarakat umum.

  1. Kustadi Suhandang

Memberikan pengertian bahwa jurnalistik adalah seni keterampilan dalam mencari, mengumpulkan, mengolah, menyusun, dan menyajikan berita di media masa secara cepat dan berimbang.

  1. Erik Hodgins

Memberikan pengertian jurnalitik sebagai informasi yang akurat, seksama dan cepat dalam rangka membela kebenaran serta keadilan yang dapat dibuktikan.

  1. Djen

Memberikan pengertian bahwa jurnalitik adalah suatu kegiatan seseorang dalam mengumpulkan, mengolah ,dan menyebarkan berita kepada masyarakat umum secara cepat.

  1. Onong Uchjana Effendy

Memberikan pengertian jurnalitik sebagai teknik mengelola berita yang dimulai dari mendapatkan bahan sampai menyebarluaskan kepada masyarakat umum.

  1. Astrid Susanto

Memberikan pengertian bahwa jurnalitik adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang dalam mencatatan dan melaporankan serta penyebaran tentang kegiatan sehari-hari kepada masyarakat umum.

  1. Laksikon Komunikasi

Memberikan pengertian bhawa jurnalitik adalah pekerjaan seseorang dalam mengumpulkan, menulis, menyunting, dan menyerbarkan berita karangnya kepada masyarakat secara umum.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapatlah disimpulkan bawasanya jurnalistik adalah serangkaian bentuk kegiatan yang berkaitan dengan penyiaran berita atau ulasan berita sehari-hari yang aktual dan disajikan secapat-cepatnya dengan penyebaran seluas-luasanya.

Demikianlah ulasan atas penjelasan pengertian jurnalitistik menurut para ahli. Semoga saja melalui artikel ini bisa memberikan wawasan bagi semua pembaca yang sedang membutuhkan referensinya.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.