4 Prinsip Geografi dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Prinsip Geografi dan Contohnya

IndonesiaStudents.Com– Geografi sebagai bidang ilmu pengetahuan akan senantiasa melihat keseluruhan gejala dalam ruang dengan memperhatikan dan memperlihatkan tentang aspek yang digunakan. Oleh karenannya dalam mengkaji gajala dan ruang tersebut sebagai ilmu pengetahuan haruslah memperlihatkan pada tahapan prinsip geografi, yang berfungsi untuk menggali serta mengkaji fenomena geosfer berdasarkan aspek geografi tertentu.

Geografi

Pengertian Geografi adalah studi ilmu pengetahuan fokus terhadap kajian persamaan, gejala sosial, serta gejala alam yang dialami oleh seluruh kehidupan di bumi. Studi ini memiliki fokus pada kewilayahan, geosfer, dan hidrosfer sebagian bagian daripada konsep geografi. Selengkapnya, baca; 15 Konsep Geografi, Jenis, dan Contohnya Lengkap

Prinsip Geografi

Studi geografi sebagiman yang sudah dijelaskan, dengan fokus pelajari hubungan timbal batik antara alam dan manusia secara menyeluruh tentusaja memiliki sejumlah prinsip geografi yang artinya prinsip ini harus mempelajari serta menunjang pengamatan dan analisis berbagai gejala geosfer, siklus hidrosfer dalam kehidupan sehari-hari.

4 Prinsip-Prinsip Geografi

Adapun berbagai bentuk prinsip geografi yang menajdi dasar kajian dalam studi, geografi antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Pririsip Persebaran
  2. Prinsip Interelasi
  3. Prinsip Deskripsi
  4. Prinsip Korologi

Contoh Prinsip Geografi dan Penjelasannya

Penjelasan terhadap prinsip geografi, sebagimana yang sudah dijelaskan. Antara lain adalah sebagai berikut;

Prinsip Persebaran

Prinsip persebaran adalah prinsip geografi yang berkaitan dengan distribusi gejala geosfe di dalam permukaan bumi. Pada prinsip geografi  ini meliputi segala bentuk gejala geosfer, gejala alam dan gejala-gejala dalam kehidupan manusia.

Contoh Prinsip Geografi Pesebaran

Contoh mengenai prinsip geografi ini, misalnya saja adalah kepadatan penduduk di Pulau Jawa, yang tentusaja kondisinya snagat berbeda dengan kepadatan penduduk di Pulau Kalimantan, Pulau Sumatra, Pulau Bali, Pulau Sulawesi, bahkan dengan keadaan jumlah penduduk di Pulau Papua yang dikenal sebagai Pulau Mutiara Hitam di Indonesia.

Prinsip Interelasi

prinsip geografi interelasi adalah prinsip yang mempunyai hubungan atau keterkaitan antarfenomena geosfer. Keterkaitan dalam prinsip geografi ini, dapat terjadi karena adanya gejala, fakta, atau peristiwa di satu tempat atau lokasi yang benlainan. Banyak fenomena geosfer memiliki keterkaitan satu dengan yang lain.

Contoh Prinsip Geografi Interelasi

Contoh mengenai prinsip geografi interelasi ini misalnya adanya lahan di kawasan gunung api di Wilayah Sumatra Utara atau di Wilayah Yogjakarta. Wilayah-wilayah ini banyak dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian karena sifatnya subur. Pemanfaatan pada lahan di sektor pertanian menyebabkan sebagian besar penduduk bermata pencaharian atau memiliki prfesi sebagai petani.

Prinsip Deskripsi

Prinsip geografi deskripsi adalah prinsip geografi yang menguraikan atau gambaran secara menyeluruh dan lengkap. Setiap kajian tentang berbagai gejala geosfer dalam prinsip geografi  ini perlu dijelaskan secara terperinci berdasarkan fakta dan data. Pendeskripsian yang dilakukan dengan mengamati gejala geosfer dapat dilakukan melalui tulisan, diagram, grafik, tabel, gambar, dan peta.

Contoh Prinsip Geografi Deskripsi

Contoh mengenai prinsip geografi deskrisi ini misalnya tentang penggambaran Pulau Bali sebagai Pulau Wisata di Indonesia. Bali yang dikenal sebagai Pulau Dewata memiliki sejumlah kekayaan alam yang luar biasanya, untuk menggambarkan kekayaan alam, ancaman bencana alam, dan aspek kehidupan lainnya dilakukanlah kajian dalam prinsip geografi deskripsi ini dengan landasan fakta dan data.

Prinsip Korologi

Prinsip geografi korologi adalah prinsip mengenai ilmu tentang kondisi wilayah-wilayah di permukaan Bumi. Setiap wilayah yang menjadi prinsip geografi  ini memiliki karakteristik berbeda. Oleh karena itulah prinsip korologi mempelajani gejala dan fakta geosfer dengan memperhatikan penyebaran, interelasi, dan interaksinya pada ruang yang ditempati.

Contoh Prinsip Geografi Korologi

Contoh yang bisa diberikan terkait pada prinsip geografi korologi ini misalnya saja mengenai fenomena geosfer berupa gempa. Persebaran batas lempeng Bumi di sebelah selatan Pulau Jawa menyebabkan tingginya potensi gempa di zona tumbukan. Keberadaan zona tumbukan juga mengakibatkan adanya aktivitas vulkanisme yang berdampak positif terhadap kesuburan tanah yang dimilikinya.

Artikel Terkait;

  1. 3 Pendekatan Geografi, Jenis, dan Contohnya
  2. Pengertian Eksplorasi dalam Geografi
  3. 7 Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografi) Dan Manfaatnya Menurut Para Ahli

Demikianlah penjelasan dan pembahasan secara lengkap mengenai prinsip geografi dan contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang membutuhkan refersensi mengenai prinsip ilmu geografi. Trimakasih,