3 Proses Terjadinya Perubahan Sosial Budaya di Masyarakat

Diposting pada

Proses Perubahan Sosial Budaya di Masyarakat

Membicaraan mengenai definisi perubahan sosial hakekatnya tidak bisa dipisahkan dengan perubahan dalam sifat kebudayaan. Dimana perubahan sosial (social change) dan perubahan budaya (cultural change) dapat dipisahkan untuk keperluan teori, tetapi sebeliknya dalam kehidupan nyata keduanya tidak dapat dipisahkan.

Sebab kebudayaan senantisa dihasilkan oleh masyarakat dan tidak ada masyarakat yang tidak berkebudayaan, oleh karena itu seringkali dalam pelajaran sosiologi kita mendengar istilah, bahwa budaya ada karena adanya masyarakat. Agar lebih memperjelas maksud budaya ada karena masyarakat akan memaparkan tentang proses terjadinya perubahan sosial budaya.

Perubahan Sosial Budaya

Proses terjadinya perubahan sosial budaya akan senantisa terjadi secara bejenjang, mulai dari penyesuaian, saluran, disintegrasi, dan reorganisasi. Alasannya karena setiap masyarakat akan senantisa bergerak secara dinamis bukanlah statis. Sehingga pola kehidupan seperti ini menjadikannya tercipta perbedaan yang ada.

Macam Terjadinya Proses Perubuhan Sosial Budaya

Proses perubahan sosial terbagi menjadi tiga bagian, diantaranya;

  1. Proses Penyesuaian terhadap perubahan

Proses penyesuaian terhadap perbuhan terjadi karena masyarakat selalu menghendaki keseimbangan sosial, dimana sebagai lembaga sosial yang inti atau pokok diharapkan tetap berfungsi secara baik. Setiap kali ada gagguan terhadap keeimbangan (dinamika sosial) selalu distabilkan melalui perubahan lembaga sosial atau orang perorangan yang menyesuaikan diri pada perubahan (conformity).

  1. Proses Saluran Perubahan Sosial

Saluran proses perubahan masyarakat ialah pada bidang pemerintahan, perekonomin, keagamaan, pendidikan, rekrasi, pariwisata, dan lain sebaginya. Proses ini akan memilih saluran mana yang efektif dalam perubahan sosial sangat tegantung pada lembaga kemasyarakatan apa yang dominana dan dijunjung tinggi masyarakatnya.

  1. Disintegrasi dan Reorganisasi

Disintegrasi Dan Reorganisasi akan terjadi pada proses perbuhan sosial apabila ada norma dan nila-nilai kemasyarakatan mengalami proses pudar, karena mengalami kepudaran tersebut maka timbul problema sosial berupa penyimpangan (deviation).

Proses ini desebut dengan disorganisasi (disintegrasi). Adapun defenisi reorganisasi adalah suatu proses pembentukan nilai dan norman-norma baru dalam bentuk penyesuaian diri dalam lembaga kemasyarakatan yang mengalami perubahan.

Bentuk Perubahan Sosial

Bentuk perubahan sosial antara lain adalah;

  1. Perubahan evolusi  (perubahan tak berancana) dan revolusi (berencana dan berlangsung secara cepat)
  2. Perubahan kecil atau terbatas dan menyeluruh atau besar-besaran.
  3. Perubahan terencana atau dikehendaki dan yang tidak dikehendaki atau direncanakan

Demikianlah pembahasan mengenai materi terkait dengan adanya proses terjadinya perubahan sosial dalam sub proses perubahan sosial dan bentuk perubahan sosial, semoga saja melalui konten yang diberikan bisa sangat bermanfaat ♥

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *