5 Tujuan Penelitian Eksplorasi dan Contohnya

Diposting pada

Tujuan Penelitian Eksplorasi dan Contohnya

Diakui ataupun tidak, penggunaan metode penelitian eksplorasi bisa menjadi bagian arti penelitian yang sangat kompleks.

Alasannya karena seorang peneliti seringkali melakukan jenis penelitian yang satu ini untuk memuaskan rasa ingin tahunya tentang suatu agar topik penelitian agar nantinya lebih memahami fenomena tersebut. Disatu sisi, tentusaja terdapat beragam kegunaan dan manfaat untuk melakukan riset dengan metode penelitian eksplorasi. Yaitu mampu memeroleh jawaban atas permasalahan yang terjadi.

Penelitian Eksplorasi

Penelitian eksplorasi yang juga dikenal dengan riset eksploratif adalah metode penelitian yang dimaksudkan untuk memperdalam ilmu pengetahuan terkait dengan suatu hal tertentu secara lebih terperinci, logis, objektif dengan mengembangkan hipotesis penelitian.

Tujuan Penelitian Eksplorasi

Tujuan penelitian eksplorasi, diantaranya:

  1. Menjawab pertanyaan Ya atau Tidak

Penelitian eksplorasi dapat ditujukan untuk menjawab Ya atau Tidak dari suatu fenomena sosial di masyarakat. Sebagai contohnya saja sebuah penelitian sederhana dalam bidang ilmu sosial yang mencoba untuk mengkaji;

Apakah siswa laki-laki atau perempuan mempunyai kecenderungan duduk di barisan depan ketika berada di dalam kelas atau tidak? Apabila diantara salah satu pihak maupun keduanya mempunyai kecenderungan tersebut, maka fenomena tersebut perlu dikaji lebih lanjut dalam penelitian.

  1. Merumuskan masalah untuk penyelidikan yang lebih tepat

Tujuan lainnya dilakukannya penelitian eksplorasi adalah merumuskan suatu masalah agar penyelidikan yang dilakukan bisa lebih tepat atau bisa juga bertujuan untuk mengembangkan hipotesis kerja dari perspektif operasional.

  1. Memberikan informasi tentang suatu kondisi suatu masalah dengan segera

Rancangan penelitian eksplorasi menawarkan informasi yang berkaitan dengan kondisi suatu masalah dengan segera. Ketika peneliti tidak memiliki sumber daya dan kapasitas untuk menguji hipotesis, peneliti berada dalam posisi untuk menemukan fakta melalui desain eksplorasi yang sesuai dengan hipotesis.

  1. Mempresentasikan isu-isu penting

Melalui desain penelitian eksplorasi dan formulasi, peneliti akan mampu menyajikan masalah-masalah penelitian yang krusial. Ketika masalah telah disajikan, peneliti secara otomatis tertarik pada studi tentang kesulitan yang memiliki signifikansi lebih tinggi bagi masyarakat.

  1. Menyajikan masalah yang tidak pasti untuk dipelajari dalam penelitian

Melalui desain eksplorasi kita dapat dengan mudah mengetahui permasalahan yang tidak pasti untuk dipelajari dalam penelitian. Proses ini di satu sisi, memusatkan perhatian peneliti pada masalah dan, di sisi lain, membantunya mengumpulkan fakta-fakta pada jalur ilmiah untuk memastikan bahwa penelitian dapat diselesaikan dengan benar.

Contoh Penelitian Eksplorasi

Adapun untuk contoh adanya riset dengan mempergunakan metode eksplorasi misalnya saja;

  1. Studi Kasus Kampung Inggris Pare

Riset dengan pendekatan studi kasus yang ada di Kampung Inggris pare bisa mempergunakan metode eksplorasi, khususnya dalam mengkaji terkait dengan suksesi Kampung di Jawa Timur tersebut sebagai sentral pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia.

Tentusaja metode yang dipergunakan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sehingga data-data yang diperoleh dari hasil wawancara ataupun observasi.

Contoh Penulisan Tujuan dan Manfaat Metode Eksplorasi

Tujuan

Tujuan dari penelitian ini adalah;

  1. Untuk mempelajari stratagi Kampung Inggris Pare sebagai proses pemberdayaan masyarakat
  2. Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan Kampung Inggris Pare dalam menjalankan pemberdayaan masyarakat

Manfaat

Dari penemuan atas penelitain eksplorasi terhadap Kampung Inggris Pare ini diharapkan mampu menjadi solusi dalam mengetasi kemiskinan di Indonesia dengan mengangkat postensi yang ada di berbagai daerah lainnya

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya tujuan melakukan penelitian eksplorasi dan contohnya yang bisa dilakukan. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang sedang memerlukannya.

Rate this post