6 Akibat Rotasi Bumi Bagi Kehidupan dan Contohnya Lengkap

Posted on

Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

IndonesiaStudents.Com– Bumi termasuk salah satu planet yang ada dalam sistem tata surya. Salah satu penyebabnya karena bumi terus menerus bergerak mengelilingi matahari atau berevolusi. Selain itu juga bumi berputar pada porosnya atau yang disebut dengan rotasi. Oleh karena itulah pada artikel ini akan menjelaskan tentang akibat rotasi bumi bagi kehidupan dan contohnya.

Bumi

Planet bumi yang disebut juga dengan planet biru memiliki struktur dan lapisan-lapisan yang menjadi dasar terbentuknya bumi dalam kehidupan manusia, planet ini bisa dibilang lengkap dan mendukung dalam sisi kehidupan manusia, dibandingkan dengan planet lainnya. Selain ada air, udara, dalam planet ini juga tersedia anekaragam sumber daya alam yang mendukung dan menopang kehidupan manusia.

Meskipun begitu, sampai pada saat ini tidak ada yang bisa menjelaskan secara detail kapan planet ini terbentuk, adapun penjelas-penjelasan terbentuknya planet ini lebih di dasari pada teori pembentukan bumi, yang berbeda antara satu dengan lainnya.  Perbedaan yang ada tersebut telah membentuk kesepatakan yang sama, yaitu kesepatakan bahwa planet bumi akan senantiasa melakukan rotasi. Lantas Apa sih, Rotasi Bumi?

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Bumi, Struktur, dan Lapisannya
  2. 4 Teori Pengukur Umur Bumi dan Penjelasannya
  3. 6 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan dan Contohnya

Rotasi Bumi

Pengertian Rotasi Bumi adalah pergerakan bumi  yang berputar pada porosnya. Perputaran bumi ini dilakukan  dari arah barat ke timur. Dengan waktu yang diperlukan Bumi untuk berotasi penuh adalah 23 jam 56 menit 4,09 detik. Gerakan rotasi Bumi mi mengakibatkan beberapa peristiwa alam, atau dampak yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia.

Dampak Rotasi Bumi

Berikut inilah beberapa dampak atau akibat yang terjadi karena rotasi bumi, diantarnya sebagai berikut;

Gerak Semu Harian Benda-Benda Langit

Dampak pertama dari rotasi bumi adalah menyebabkan benda-benda langit seolah bergerak mengelilingi Bumi, seperti Matahari yang seolah terbit pada pagi han dan tenggelam pada sore hari. Kenyataannya Matahari bersifat tetap dan tidak bergerak. Bintang-bintang seolah-olah juga tampak bergerak serta posisi rasi bintang berbeda saat awal malam dan akhir malam.

Fakta-fakta tersebut secara langsung menjadi salah satu buti otentik bahwa Bumi berputar pada sumbunya, dan perbuturan ini terjadi dari waktu ke waktu, tidak ada yang tahu pasti kapan akan berhenti atau berkhirnya rotasi bumi.

Pergantian Siang dan Malam

Dampak kedua, periode rotasi Bumi yang membutuhkan waktu sekira 24 jam. Bagian Bumi yang terkena paparan Matahari akan mengalami siang. Begitu pula sebaliknya, bagian Bumi yang tidak terkena paparan Matahari akan mengalami malam. Seiring benjalannya waktu, bagian Bumi yang sebelumnya siang akan berangsur masuk waktu malam.

Pergantian siang dan malam yang kita alami dalam kehidupan ini adalah salah satu dampak dari adanya rotasi bumi, rotasi ini seringkali kita abaikan, padahal jelas bahwa contoh yang paling berpengaruh dan dekat dengan kehidupan kita bahwa bumi berotasi adalah perbedaan siang dan malam dari satu wilayah ke wilayah lainnya.

Pembelokan Arah Angin

Arah angin dapat dibelokkan karena pengaruh gaya corriolis. Gaya corriolis merupakan gaya semu yang timbul akibat efek dua gerakan yaitu erak rotasi Bumi dan gerak benda relatif terhadap Bumi. Angin dibelokkan ke arah kanan pada belahan Bumi utara dan ke arah kin pada belahan Bumi selatan.

Pembelokan Arus Laut

Arus taut dipengaruhi oleh gesekan angin di permukaan. Angin mengalami pembelokan karena gaya corriolis. Oleh karena itu, arus laut juga mengalami pembelokan. Arus laut dibelokkan ke kanan di belahan Bumi utara dan mengarah ke kin di belahan Bumi selatan. Selengkapnya, baca; 7 Pengertian Laut Menurut Para Ahli

Perbedaan Percepatan Gravitasi Bumi

Rotasi Bumi menyebabkan bagian kutub menjadi lebih pepat daripada bagian khatulistiwa. Jan-jan Bumi ke arah kutub Iebih pendek daripada di bagian khatulistiwa. Akibatnya, terjadi perbedaan gaya gravitasi antara daerah kutub dan khatulistiwa. Gravitasi Bumi daerah kutub lebih besar daripada di daerah khatulistiwa.

Perbedaan Pembagian Waktu

Internasional Garis bujur menjadi patokan pembagian waktu dunia. Sebagaimana Indonesia dibagi atas tiga bagian waktu. Tiga waktu yang ada di Indonesia ini antara lain adalah Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

Contoh Dampak Rotasi Bumi Bagi Kehidupan

Sebagai contoh mengenai dampak rotasi bumi bagi kehidupan di Indonesia misalnya saja adalah tiap adanya wilayah waktu, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT) yang ternyata selisih satu jam dengan wilayah terdekatnya.

Contohnya Waktu Indonesia Tengah (WITA) selisih satu jam dengan Waktu Indonesia Timur (WIT) dan selisih dua jam dengan Waktu Indonesia Barat (WIB). Tersebut sejatinya sangatlah berpengaruh bagi kehidupan di Indonesia, perbedaan ini akan menyebabkan perbedaan jam tayang di layar televisi, selain itu juga perbedaan mengenai peringatan tahun baru.

Demikianlah tulisan mengenai dampak rotasi bumi bagi kehidupan dan contohnya, semoga dengan adanya penjelasan dan pembahasan yang lengkap bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan bagi segenap pembaca yang pada saat ini sedang membutuhkan refrensi mengenai “Rotasi Bumi”. Trimakasih,

6 Akibat Rotasi Bumi Bagi Kehidupan dan Contohnya Lengkap
Rate this post