2 Contoh Saran dalam Karya Tulis Ilmiah Disertai Panduanya

Diposting pada

Contoh Saran dalam Karya Tulis Ilmiah Disertai Panduanya

Membuat saran dalam menulis karya tulis ilmiah biasanya terletak dibagian akhir bersama dengan BAB Kesimpulan yang artinya terdapat masukan bagi penulis untuk kedepannya dapat memperbaiki kepenulisannya. Adapun dalam cara terbaik seseorang penulis untuk menulis saran, ialah sesuai dengan latar belakang atau pendahuluan. Lebih tepatnya terletak atas rumusan masalah.

Sederhananya bagian saran di karya tulis ialah jawaban atas rumusan masalah yang kita buat sehingga dapat terarah lebih baik. Misalnya saat kita mengangkat tingginya permasalahan pernikahan usia muda di bagian rumusan masalah bab pendahuluan. Maka untuk membuat saran yang baik ialah bagimana pernikahan usia muda tersebut bisa berkurang. Gambaran membuat saran yang sesuai dengan jawaban rumusan masalah sangat diperlukan, tetapi untuk penulisan saran ini tidak usah dicantumkan di bagian contoh abtsrak karya tulis. Metode penulisan saran seperti ini sudah pernah admin lakukan berulangkali, baik saat membuat karya tulis ilmiah untuk perlombaan ataupun saat membuat skripsi.

Contoh Saran dalam Karya Tulis

Seperti inilah contoh saran dalam membuat karya tulis ilmiah;

  1. Saran

Contoh Saran dalam Karya Tulis

Berdasarkan hasil yang telah dilakukan pada penelitian dilapangan, peneliti memberikan saran terhadap permasalahan yang terjadi kepada pihak terkait, antara lain:

  1. Perlu adanya sosialisasi dari pemerintah tentang kewajiban belajar 9 tahun bagi remaja yang ada di Desa Sukamaju Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang, karena jika seseorang mengeyam pendidikan sampai ke perguruan tinggi atau wajib belajar 9 tahun maka pernikahan muda akan dapat berkurang. Hal tersebut sangatlah penting untuk menyadarkan para remaja dan orang tua.
  2. Untuk mempermudah koordinasi dalam upaya mengatasi pernikahan usia muda di Desa Sukamaju Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang, perlu adanya follow up sosialisasi program remaja anti nikah muda agar para pemuda lebih paham tentang dampak dari adanya nikah muda, biasanya dapat dilakukan sosialisasi, pendampingan dan juga pembinaan.
  3. Kekurangan dalam penelitian ini, ialah fokusnya peneliti terhadap pelaku pernikahan usia muda yang berasal dari keluarga tidak mampu akan memberikan dampak yang signifikan, sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang dampak pernikahan usia muda bagi pelaku yang berasal dari keluarga yang berkecukupan sehingga faktor yang mendukung dan menhambat dapat diketahui secara jelas.

Contoh Saran dalam Kaya Tulis Ilmiah yang Sederhana

Yaitu;

  1. Saran Karya Tulis Ilmiah Sederhana

Contoh Saran dalam Karya Tulis Ilmiah yang Sederhana

Perlu adanya penelitian lanjut untuk studi mengenai  efektivitas Motors Clinic Kontrasepsi (MCK) agar dapat mengetahui permasalahan yang ada dilapangan terhadap kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan reproduksi terutama kontrasepsi yang akan menekan pertumbuhan penduduk di Kabupaten Tulang Bawang sehingga lonjakan penduduk di Kabupaten Tulang Bawang akan dapat terkontrol.

Dari penjelasan mengenai contoh saran dalam karya tulis ilmiah beserta bagaimana cara untuk membuat saran  yang baik dan benar, dapat dikatakan bahwa saran merupakan bagian yang sangat penting bagi peneliti untuk menentukan hasil isi karya tulis ilmiah yang dibuat untuk selanjutnya peneliti dapat memperbaiki karya tulis ilmiah tersebut untuk lebih menjadi baik.

Demikianlah untuk contoh saran dalam karya tulis ilmiah, kedua contoh tersebut bisa diterapkan bagi siapapun yang ingin meniru ataupun mengambil secara keseluruhan. Meski berbeda-beda dalam membuat saran dalam karya tulis ilmiah, pada umunya dalam saran juga menuliskan tentang kekuarang pada karya tulis yang telah digagas.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *