7 Pengertian Fiqih Muamalah Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Fiqih Muamalah

7 Pengertian Fiqih Muamalah Menurut Para Ahli

indonesiastudents.com– Mendefiniskan atau menjelaskan tentang fiqih mualamah pada dasarnya terdiri atas dua kata, yakni fiqih dan muamalah. Akan tetapi sebelum mengemukakan arti fiqih mualamah perlu dipahami bahwa secara etimologi pengertian mualamah adalah saling berindak, saling berbuat, dan saling beramal. Sedangkan pengertian fiqih adalah pengetahuan keagamaan yang mencangkup seluruh ajaran agama, baik berupa akidah, akhak, maupun amaliah ibadah.

Baca: 5 Pengertian Asbabun Nuzul dan Macam-Macamnya [Lengkap]

Sebagai uraian lebih lengkap berikut ini akan diberikan bahasan tentang pengertian fiqih mualamah baik secara sempit, luas, ataupun menurut para ahli.

Pengertian Fiqih Mualamah

Fiqih Mualamah adalah aturan-atuaran (hukum) Allah S.W.T, yang ditunjukan untuk mengatur kehidupan manusia dalam urusan keduniaan atau urusan-urusan yang berkaitan dengan urusan duniawi dan sosial kemasyarakat.

Pengertian Fiqih Mualamah Menurut Para Ahli

Ad-Dimyati

Fiqih Mualamah adalah aktifitas untuk menghasilkan duniawi yang menyebabkan keberhasilan masalah ukrawi

Muhammad Yusuf Musa

Arti Fiqih Mualamah adalah peraturan-peraturan Allah yang diikuti dan ditaati dalam hidup bermasyarakat untuk menjaga kepentingan manusia.

Hundrik Beik

Pengertian fiqih mualamah menurut hundrik beik adalah keseluruhan akad yang mana dalam prosesnya memperbolehkan saling menukar manfaat

Idris Ahmad

Fiqih Mualamah adalah aturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan usahanya untuk mendapatkan alat-alat keperluan jasmaninya dengan cara yang baik.

Rasyid Ridha

Fiqih Mualamah adalah tukar-menukar barang atau sesuatu yang bermanfaat dengan cara-cara yang telah ditentukan

Rachmad Syafi’i

Pengertian Fiqih Mualamah dalam arti sempit adalah menekankan keharusan untuk mentaati aturan-aturan Allah S.W.T yang telah ditetapkan untuk mengatur hubungan antar manusia dengan cara memperoleh, mengatur, mengelola, dan mengembangkan mal (harta benda).

Nana Masduki

Menurut Ahli ini, Fiqih Mualamah dibagi atas lima bagian, yakni Muwadhah Maliyah (hukum keberadaan), Munhakat (hukum perkawinan atau pernikahan), Muhasamat (hukum acara), Amanat dan ‘Aryah (pinjaman), dan Tirkah (harta peninggalan).

Demikianlah pembahasan mengenai 7 Pengertian Fiqih Muamalah Menurut Para Ahli Lengkap. Semoga dengan adanya pengertian dan pembahasan serta bagian dalam fiqih mualamah ini dapat memberikan wawasan dan pengerathuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Fiqih Mualamah”. Trimakasih, baca juga artikel lainnya;

  1. 6 Rukun Wudhu Beserta Penjelasannya Lengkap
  2. 5 Hukum Islam Beserta Contohnya (Wajib+Haram+Sunat+Makruh+Mubah)
  3. Pengertian Malaikat, 10 Nama Malaikat dan Tugasnya Yang Wajib Diketahui
  4. 6 Rukun Iman dan Penjelasannya Lengkap
Rate this post