Pengertian Lahan Menurut Para Ahli dan 3 Jenisnya

Diposting pada
Pengertian Lahan Menurut Para Ahli
Pengertian Lahan Menurut Para Ahli

Istilah mengenai lahan barangkali memang sangat sering kita dengarkan, bahkan istilah lahan ini merupakan bagian dari bentang lahan alam (lanscape) yang mencakup pengertian lingkungan fisik termasuk iklim, topografi maupun relief, tanah, hidrologi, dan keadaan vegetasi alami (natural vegetasion) yang secara potensial berpengaruh penggunaan lahan.

Lahan

Diakui ataupun tidak, untuk hubungan antara bentuk lahan dan penggunaan lahan dapat dilihat dari hubungan ekologi antar kedua unsur tersebut. Dimana terdapat faktor-faktor fisik yang mempengaruhi suatu bentuk lahan tergantung pada bentuk fisik penggunaan lahannya, maka diketahui bahwa sawah tidak akan bisa tumbuh di lereng vulkanik, dan lainya.

Sehingga dalam penggunaan lahan sekaligus menjadi pemanfaatan sebidang lahan untuk tujuan tertentu, Penggunaan lahan untuk pertanian secara umum dapat dibedakan atas bebera jenis di dalam penggunaannya, yaitu lahan semusim, tahunan, dan permanen.

Pengertian Lahan Menurut Para Ahli

Adapun definisi lahan menurut para ahli, antara lain;

  1. FAO dalam Totok Gunawan (2014)

Menurutnya, definisi lahan dalam pengertian lebih luas termasuk yang telah dipengaruhi oleh berbagai aktivitas flora, funa dan manusia,baik di masa lalu maupun saat sekarang, seperti lahan rawa dan pasang surut yang telah direklamasi atau tindakan konservasi tanah pada suatu lahan tertentu.

Kualitas lahan dapat berpengaruh positif atau negatif terhadap penggunaan lahan tergantung pada sifat-sifatnya. Kualitas lahan berpengaruh positif, apabila mempunyai sifat-sifat yang menguntungkan bagi suatu penggunaan. Sebaliknya kualitas lahan berpengaruh negatif, apabila mempunyai sifat-sifat yang merugikan bagi penggunaan, sehingga merupakan faktor penghambat atau pembatas. Setiap kualitas lahan dapat berpengaruh terhadap satu atau lebih jenis penggunaan lahan. Demikian pula, satu jenis penggunaan lahan akan dipengaruhi oleh berbagai kualitas lahan.

Jenis Lahan

Bentuk lahan ini sendiri terdiri atas;

  1. Lahan Semusim

Penggunaan lahan semusim diarahkan untuk tanaman semusim. Pola tanaman yang diterapkan dapat berupa rotasi atau tumpang sari, dan panen dapat dilakukan setiap musim dengan periode kurang dari setahun.

  1. Lahan Tahunan

Penggunaan Lahan tahunan dapat diberi pengertian sebagai suatu jenis penggunaan lahan di dalam jangka panjang yang dalam pengiliran tanamannya sendiri dilakukan setelah tanaman yang pertama, seperti secara ekonomi tidak menguntungkan lagi, seperti pada perkebunan.

  1. Lahan Permanen

Sedangkan untuk pengunaan lahan permanen bisa disebut atau merupakan penggunaan lahan yang tidak diusahakan untuk pertanian, seperti hutan, daerah konservesi, perkotaan, desa, dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan yang dapat disampaikan dalam pengertian lahan menurut para ahli dan jenisnya Lengkap. Semoga dengan adanya bahasan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencai literasi tentang “Lahan”.

1.7/5 - (8 votes)