3 Pengertian Tanaman Pangan Menurut Para Ahli dan Jenisnya [Lengkap]

Diposting pada

3 Pengertian Tanaman Pangan Menurut Para Ahli dan Jenisnya Lengkap

Pengertian Tanaman Pangan Menuru Para Ahli dan Jenisnya

indonesiastudents.comTanaman pangan merupakan salah satu komoditas penting sebagai kebutuhan dasar setiap manusia dan Indonesia sendiri merupakan negara agraris yang banyak menyediakan tanaman pangan, meskipun demikian Indonesia sampai saat ini masih sering mengimpor bahan pangan dari luar.

Bahkan dalam data terbaru tentang “Tanaman Pangan”, menurut Kementrian Pertanian (2016) nilai impor lebih banyak dari pada ekspor, Indonesia mengimpor beras pada bulan november 2016 sebanyak 14,787,718.00 US$ dan mengekspor sebanyak 53,975.00 US$.

Baca: 5 Pengertian Pertanian Organik Menurut Para Ahli Lengkap

Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini indonesiastudents.com akan mengemukakan tentang pengertian tnaman pangan menurut para ahli dan jenis-jenis tanaman pangan. Berikut penjelasan tersebut;

Pengertian Tanaman Pangan


Tanaman pangan adalah suatu bentuk tanaman yang mengandung karbohidrat dan protein, yang seringkali dua hal tersebut dijadikan sebagai sumber energi manusia, karena memberikan asupan gizi dan mengenyangkan masyarakat.

Sedangkan pengertian tanaman pangan menurut para ahli, diantarnya sebagai berikut;

Pengertian Tanaman Pangan Menurut Para Ahli


Poerwadarminta (Yulianti, 2013)

Tanaman pangan adalah sesuatu yang tumbuh, berdaun, berbatang, berakar dan dapat dimakan atau dikonsumsi oleh manusia (apabila dikonsumsi oleh hewan disebut pakan). Bahan pangan yang dapat diperoleh dari hasil hutan berupa buah-buahan, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan tumbuhan yang mengandung karbohidrat.

Sunarti (2007)

Pengertian tanaman pangan menurutnya adalah berbagai jenis tumbuhan telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar hutan untuk kebutuhan pangan mereka.

Moeljopawiro dan Manwan (1992)

Menurutnya, dalam mendefinisikan tanaman pangan tak terlepas dari jenis tanaman pangan atau tumbuhan pangan, jenis tanaman pangan ini secara umum dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut;

Jenis-Jenis Tanaman Pangan


  1. Komoditas utama, yaitu Oriza sativa, Zea mays, Glysine max, Arachis hypogea, Phaseolus radiatus, Colocasia esculenta, Dioscorea alata dan Mtroxylon spp.

  2. Komoditas potensial, yaitu Andopogon sorgum, Vigna sinensis, Cajanus cajan, Sasanum orientale, Colocasia esculenta, Dioscorea alata dan Metroxylon spp
  3. Komoditas introduksi, yaitu C.edulis, Panicum viridae, Triticum sativum dan Dolichos lablab

Sejak dulu secara turun temurun masyarakat sekitar hutan terbiasa memanfaatkan sumber-sumber pangan yang beragam untuk memenuhi kebutuhan pangan dan  mengatasi ancaman krisis pada suatu daerah. Upaya yang dapat dilaukan untuk  mewujudkan hal tersebut yaitu meningkatkan produktifitasnya dengan penerapan teknik budidaya yang sesuai serta bagaimana mengolah produk-produk pangan tersebut agar memiliki nilai tambah sehingga diminati masyarakat.

Selain itu perlu adanya dukungan pemerintah, pihak swasta dan kalangan akademisi dalam pengembangan potensi pangan lokal tersebut sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat (Misra et al. 2008). Demikianlah pembahasan mengenai pengertian tanaman pangan menurut para ahli dan jenisnya, adapun untuk contoh tanaman pangan misalnya jagung, padi, singkong, dan lain sebaginya. Semoga dapat bermanfaat dan trimakasih, baca juga tulisan lainnya;

  1. 10+ Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli dan Bentuknya Lengkap
  2. 8 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli, Contoh, dan Cirinya [Lengkap]
  3. 6 Pengertian Globalisasi, Dampak, Dan Pengaruhnya Lengkap
  4. 9 Pengertian Tanah dan Jenisnya Menurut Ahli Lengkap