2 Contoh Kata Pengantar Karya Tulis, Skripsi, Makalah, dan Esai

Diposting pada

Contoh Kata Pengantar Karya Tulis

Kata pengantar adalah bagian terpenting dalam membuat karya tulis, baik makalah, skripsi, esai, atau yang lainnya. contoh kata pengantar tentusaja ditunjukan untuk menjelaskan tentang kondisi karya tulis yang telah kita buat, Misalnya untuk menjelaskan siapa saja yang berkontrbusi dalam pembuatan karya tulis, atau menerangkan tentang ucapan rasa syukur terhadap karya tulis.

Pengertian kata pengantar dalam karya tulis ilmiah adalah tulisan serangkaian kata bersyukuryang terdapat di bab awal sebelum menjelaskan isi karya tulis. Beberapa bagian harus terdapat dalam membuat kata pengantar yang baik di karya tulis adalah sebagai berikut:

Kata Pengantar Karya Ilmiah

Dalam pengantar karya ilmiah diperlukan bahwasanya bagian awal dalam pembuatan karya tulis. Bagian ini berisi ucapan rasa syukur, ucapan terima kasih, serta persembahan untuk para pihak yang berkontribusi dalam pembuatan karya ilmiah tersebut.

Bentuk Bagian Kata Pengantar dalam Karya Tulis

Sebagai berikut:

  1. Ucapan rasa syukur kepada Tuhan

Pertama yang perlu dilakukan dalam pembuatan karya ilmiah, khususnya pada bagian pengantar adalah memberikan rasa syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa. Sebab hanya berkat Tuhan lah karya ilmiah dapat diselesaikan dengan baik.

  1. Judul karya tulis

Kedua adalah pembuatan kata pengantar karya ilmiah adalah memberikan judul karya tulis. Judul ini menjadi bagian penting untuk pengenalan terhadap pembaca yang sedang membutuhkan referensi yang kita tulis, bagian juga menjadi pembukaan dalam persembahan.

  1. Pihak yang Berkontribusi

Ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang berkontribusi dalam pembuatan karya tulis ilmiah tersebut. juga penting disebutkan dalam bagian kata pengantar ini. Pihak ini misalnya saja Dosen pembimbing bagi mahasiswa, ataupun Guru bagi para pelajar. Serta bagian ini tak lupa ucapan trimakasih kepada keluarga besar.

  1. Kerendahan Hati

Ucapan kerendahan hati diperlukan dalam  pembuatan kata pengantar karya ilmiah yang tujuannya untuk permintaan kritik dan saran yang membangun. Hal ini juga mengindikasikan bahwa tulisan kita tidak sempurna artinya harus dilakukan kajian lebih lanjut.

Empat hal dalam bagian kata pengantar karya tulis tersebut bisa dijadikan landasan atau bisa dijadikan pendoman bagi siapapun yang ingin membuat kata pengantar karya tulis. Adapun untuk contoh kata pengatar terbaru dan terbaik dalam karya tulis yang bisa diambil atau di contoh untuk para pembaca adalah sebagai berikut;

Contoh Kata Pengantar Karya Tulis

Berikut ini akan diberikan contoh kata pengantar karya tulis, makalah, esai, skripsi, tesis, dan lainnya. Untuk yang pertama atau yang bisa dicontoh dan diambil pelajar diseluruh Indonesia.

  1. Kata Pengantar

Contoh Penulisan Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT, penulis panjatkan atas segala rahmat dan inayah-Nya sehingga dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah tentang “(Isikan Judul Karya Tulis)” Sehingga usulan kebijakan ini diharapkan dapat dilakukan oleh pemerintah dalam mendukung Millenium Development Goals (MDGs) 2015 yang satunya yaitu menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi atau balita (AKB), serta meningkatkan kesehatan ibu.

Dalam proses penyelesaian karya tulis ini, walaupun banyak kesulitan karena keterbatasan ilmu yang dimiliki, namun berkat bimbingan, arahan, koreksi dan saran, Allhamudlillah karya tulis ini dapat terselesaikan. Untuk itu, rasa terima kasih yang dalam-dalamnya  penulis sampaikan kepada:

  1. Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Ibu Dr. (Tulis namanya) sebagai dosen pembimbing yang merelakan waktunya untuk membimbing saya dalam kesibukannya.
  3. Teman-teman yang ada didalam (Sebutkan nama oraganisiasi atau kelompok) yang senantiasa mengajari sekaligus memberikan semangat dalam penyelesaian karya tulis.
  4. Orangtua dan keluarga yang selalu memberikan dukungan moril maupun materil agar senantiasa menjadi generasi penerus bangsa yang membanggakan, setia terhadap negara dan taat terhadap aturan agama.

Akhir kata, semoga karya tulis ini bermafaat bagi penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya.

Pontianak, 5 September 2017

Penulis

  1. Kata Pengantar Karya Tulis Ilmiah

Contoh kata pengantar karya tulis yang terbaru atau yang terbaik lainnya, adalah seperti ini;

Contoh Penulisan Kata Pengantar

Alhamdulillah, ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang  Maha Esa, atas kemudahan memberikan kelancaran, dan berkat karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan penyusunan karya tulis ini.

Karya tulis yang berjudul “(Sebutkan Judul Karya Tulis)”. Dalam penulisan karya tulis ini penulis mendapat berbagai arahan dan bantuan dari beranekaragam pihak, maka pada kesempatan kata pengantar ini penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, kepada :

  1. Ibu Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (tulis Universitas atau tempat kerja)
  2. Bapak (Sebutkan Nama dan Gelar) selaku pembimbing yang telah memberi saran, dan masukan.
  3. Teman-teman dan sahabat yang telah memberi dukungan moral, serta semangat dalam penulisan hasil karya.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan karya tulis ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu dalam kesempatan ini pula penulis mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun sehingga karya tulis yang akan datang bisa lebih baik. Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.

Demikianlah tadi untuk contoh kata pengantar karya tulis yang bisa digunakan bagi siapapun, baik mahasiswa yang ingin membuat atau menulis naskah perlombaan karya tulis, esai, skripsi, ataupun bagi pelajar yang ingin membuat kata pengantar dalam makalah.

 

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.