Pengertian Kalimat Langsung dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

indonesiastudents.com– Kalimat langsung merupakan pengetahuan dasar yang harus dikuasi oleh setiap orang. Sebab kalimat ini menjadi hal yang sering dilakukan dalam menggolongkan bentuk kalimat, terutama menggolongkan di dalam pengucapannya.

Baca: Pengertian Kata Serapan dan Contohnya Lengkap

Oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini, indonesiastudents.com akan mencoba untuk menjabarkan tentang kalimat langsung, berupa pengertian kaliamat langsung, tata cara kepenulisan kalimat langsung, dan contoh daripada kalimat langsung.

Pengertian Kalimat Langsung


Kalimat langsung dapat diberi pengertian sebagai kalimat yang secara cermat menirukan ucapan orang. Kalimat ini dapat berupa kalimat tanya atau kalimat perintah.

Dalam kepenulisan kalimat langsung tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan, sebab ada tata cara penulisan kalimat langsung yang perlu untuk dilakukan, bagi siapapun yang ingin menulis kalimat langsung. Berikut tata cara kepenulisan kalimat langsung;

Tata Cara Kepenulisan Kalimat Langsung


Ada enam tata cara kepenulisan kalimat langsung, berikut akan di ulas satu persatu;


  1. Petikan langsung diapit dengan dua tanda petik ganda (“…”) bukan dengan dua tanda petik tunggal (‘…’).

  2. Penulisan kalimat langsung dilakukan dengan petikan langsung yang kemudian daoat diakhiri dengan salah satu dari tanda baca ini: koma (,) , titik (.),  tanda seru (!), atau tanda tanya (?).
  3. Tanda petik penutup diletakkan setelah (bukan sebelum) tanda baca yang mengakhiri bagian petikan langsung.
  4. Penulisan kalimat langsung harus menggunakan satu tanda spasi wajib, yang kemudian dibuatkan untuk memisahkan bagian kalimat lain  dari petikan langsung.
  5. Bagian kalimat lain wajib diakhiri dengan satu tanda koma (atau terkadang tanda  titik dua [:]) apabila bagian kalimat lain itu terletak sebelum petikan langsung.
  6. Apabila petikan langsung dipenggal dalam dua bagian maka: petikan langsung bagian pertama diawali dengan huruf besar. Petikan langsung bagian kedua diawali dengan huruf kecil (kecuali nama diri).

Sebagai upaya memperjelas dari pengertian kalimat langsung dan tata cara kepenulisannya. indonesiastudents.com juga akan memberikan Contoh Kalimat Langsung, berikut ini;

Contoh Kalimat Langsung


Berikut ulasan mengenai contoh kalimat langsung, sekaligus akan diberikan gambaran mana kalimat langsung yang benar dan mana yang salah.


  1. “Suaramu merdu sekali”, kata Diana. (salah)
    “Suaramu merdu sekali,” kata Diana. (benar)

  2. “Ah, yang benar? Apa salahku?”, tanya Andre. (salah)
    “Ah, yang benar? Apa salahku?” tanya Andre.  (benar)
  3. “Antara lain pena, penghapus, dan penggaris”. (salah)
    “Antara lain pena, penghapus, dan penggaris.” (benar)
  4. Beno berkata, “Jangan Engkau ingkari janji!”. (salah)
    Beno berkata, “Jangan Engkau ingkari janji!” (benar)
  5. Kata Ferry, “Buku cara  menulis itu jelek,” padahal dibelinya, “harganya pun mahal.”  (salah)
    Kata Ferry, “Buku cara menulis itu jelek,” padahal dibelinya, “harganya pun mahal.”  (benar)

Demikianlah pembahasan kalimat langsung, yang meliputi pengertian kalimat langsung, tata cara kepenulisan kalimat langsung, dan contoh kalimat langsung. Semoga dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang menambah pengetahuan seputar “Kalimat Langsung” Trimakasih, baca juga artikel lainnya;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *